advertisements

Apa itu action camera? Action camera adalah kamera yang biasa dipakai untuk kegiatan di luar ruangan. Namun, bukan berarti kamera ini tidak bisa dipakai untuk di dalam ruangan. Kamera ini bisa dipakai di mana saja, baik itu di dalam ruangan, luar ruangan, dan di dalam air.

Lantas, apa perbedaan action camera dengan jenis kamera lainnya? Action kamera ini memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap guncangan, air, segala jenis tekanan, dan cuaca yang tergolong ekstrem sehingga banyak digunakan oleh para petualang.

advertisements

Ketika Anda hendak membeli action camera, Anda akan menjumpai berbagai jenis dan merk dari action camera yang pastinya akan membuat Anda bingung. Agar Anda tidak bingung dalam memilih action camera terbaik, simak tips dan trik untuk memilihnya di artikel sebelumnya serta daftar perangkat rekomendasinya berikut ini.

TomTom Bandit

Perangkat pertama yang mengisi daftar action camera terbaik adalah TomTom Bandit. Ini adalah kamera yang sudah dilengkapi dengan fitur editing yang sangat cerdas. Bentuk dari kamera ini menyerupai peluru, hal tersebut adalah alternatif baru bagi Anda yang bosan dengan desain action camera serupa GoPro.

TomTom Bandit action camera terbaik

Untuk menggunakan TomTom Bandit sebagai kamera waterproof alias kamera anti air, Anda harus menukar lensanya terlebih dahulu. Kamera yang mengusung resolusi 16 MP ini bisa merekam video hingga resolusi 4K.

GoPro Hero4 Black

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang kamera yang namanya sudah terkenal ini. Ya, GoPro Hero4 Black adalah salah satu action camera terbaik dan terlaris. Ini adalah kamera underwater yang dapat dipakai di dalam air hingga kedalaman 40 meter. Oleh karena itu, banyak penyelam yang ingin mengabadikan momen di dalam laut menggunakan GoPro Hero4 Black ini.

GoPro Hero4 Black

Ketika Anda membeli kamera yang beresolusi 12 MP ini, Anda sudah mendapatkan waterproof case untuk melindungi kamera ini saat digunakan di dalam air. Harga GoPro Hero4 Black ini sedikit pricey, hal tersebut dikarenakan kamera yang bisa merekam video 4K ini sudah sangat tersohor di berbagai negara.

Garmin Virb XE

Jika dibandingkan dengan GoPro Hero4 Black, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh Garmin Virb XE ini lebih menggiurkan. Kamera waterproof ini membawa GPS dan sensor gerak. Sementara GoPro Hero4 Black belum dilengkapi oleh fitur tersebut.

Garmin Virb XE

Kamera yang mengusung resolusi 12 MP ini bisa menyelam di dalam air hingga kedalaman 50 meter. Uniknya, kamera yang dapat merekam video 4K ini dapat digunakan di dalam air tanpa menggunakan case tambahan. Action camera yang bisa bertahan selama 2 jam penuh ini adalah salah satu action camera yang sangat worth untuk dimiliki.

Veho Muvi K-Series K2 NPNG

Jika Anda adalah seorang penyelam atau yang memiliki hobi diving, Anda tentu ingin membagikan keindahan alam bawah laut kepada orang lain. Nah, Veho Muvi K-Series K2 NPNG ini adalah action camera yang akan setia menemani petualangan bawah laut Anda. Pasalnya, kamera dengan resolusi 16 MP ini bisa dipakai di dalam air dengan kedalaman sampai 100 meter.

advertisements

Bahkan, kamera yang mampu merekam video 4K ini memiliki daya tahan baterai yang mencengangkan, yakni 4 jam penuh. Overall, Veho Muvi K-Series K2 NPNG ini adalah pilihan yang tepat bagi para penyelam.

iSAW Edge

Banyak yang mengatakan bahwa iSAW Edge adalah salah satu action camera murah berkualitas. Kamera ini dijual dengan harga USD $199,99 saja. Lantas, apa saja yang ditawarkan oleh action camera ini? Desain dari iSAW Edge ini sedikit mirip dengan GoPro. Bahkan, kamera ini memiliki kemampuan untuk tahan di dalam air sedalam 40 meter, seperti GoPro Hero4 Black.

Hasil rekaman video kamera ini cukup tajam, karena sejatinya kamera ini mampu merekam video 4K. Kamera yang mengusung resolusi 16 MP ini lagi-lagi menawarkan daya tahan baterai yang sama dengan GoPro, yakni dapat bertahan hingga 2 jam.

GoPro Hero4 Session

Kembali membahas action camera dari GoPro, kali ini Carisinyal akan memberi review mengenai GoPro Hero4 Session. Jika Anda merasa bahwa GoPro Hero4 Black terlalu mahal, Anda bisa membeli GoPro Hero4 Session yang harganya cuma USD $199,99. Namun, tentu saja fitur kamera ini lebih rendah dari GoPro Hero4 Black.

GoPro Hero4 Session

Kamera ini hanya mampu merekam video 1080p pada 60fps. Di samping itu, kamera ini hanya membawa resolusi sebesar 8 MP saja. GoPro Hero4 Session hanya mampu menyelam di dalam air hingga kedalaman 10 meter saja. Akan tetapi, action camera yang memiliki daya tahan baterai 1,5 – 2 jam ini sudah cukup mumpuni untuk Anda yang menginginkan sebuah kamera GoPro dengan harga yang ekonomis.

Sony FDR-X1000V

Sony FDR-X1000V mengusung desain yang terbilang hampir mirip dengan TomTom Bandit. Kamera yang dijual dengan harga USD $398,00 ini dapat merekam video 4K dengan hasil yang sangat jernih dan tajam.

Sony FDR-X1000V

Meskipun resolusi kamera ini hanya 8.8 MP, tetapi kamera tersebut bisa menangkap gambar dengan skala besar atau slow motion. Akan tetapi, sayangnya Sony FDR-X100V ini hanya mampu menyelam dalam air berkedalaman 10 meter saja.

Drift Stealth 2

Berikutnya ada Drift Stealth 2 yang merupakan action camera murah berkualitas. Ya, Drift Stealth 2 ini bisa dibeli dengan harga USD $69,99 saja. Kamera yang harganya tidak sampai sejuta ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p. Namun, Drift Stealth 2 bisa dipakai di dalam air sedalam 40 meter.

Drift Stealth 2

Baterai yang ditawarkan oleh perangkat ini juga terbilang tangguh, Drift Stealth dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan selama 3 jam dan bisa diisi ulang dengan mudah menggunakan USB. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh action camera ini adalah lensanya yang bisa berputar 300 derajat.

Kaiser Baas X100

Di urutan kesembilan, ada sebuah action camera terbaik yang harga dan spesifikasinya cukup seimbang. Meskipun tidak bisa merekam video 4K, Kaiser Baas X100 ini bisa merekam dengan resolusi maksimal 1080p, sebuah resolusi yang cukup untuk menghasilkan rekaman video yang bagus.

Kaiser Baas X100

Resolusi kamera ini memang kecil, yakni 5 MP, tetapi Anda bisa menggunakan kamera waterproof ini di dalam air hingga kedalaman 30 meter. Sementara itu, action camera ini mampu hidup selama 2,5 jam penuh.

Panasonic HX-500E

Dijual dengan harga 4,2 juta rupiah, Panasonic HX-500E membawa spesifikasi yang tergolong mumpuni. Kamera dengan resolusi 8.3 MP ini bisa merekam video hingga resolusi 4K. Navigasi yang terdapat pada kamera ini juga sangat mudah dioperasikan.

Sayangnya, Panasonic HX-500E hanya bisa dipakai di dalam air sedalam 3 meter saja sehingga Anda tidak bisa menyelam jauh ke dalam air. Namun, Anda akan sedikit terhibur dengan NFC, Wi-Fi, dan layar built-in yang melengkapi action camera ini.

Nah, usai sudah pembahasan Carisinyal mengenai 10 action camera terbaik. Siapkan dana Anda untuk membeli salah satu action camera di atas dan mulailah petualangan Anda sembari mengabadikan momen yang Anda temukan selama berpetualang.

Artikel Menarik Lainnya: