advertisements
advertisements

Advan M6 adalah smartphone dengan prosesor tangguh dan dibandrol dengan harga yang sangat murah. Dirilis beberapa bulan lalu, kehadiran smartphone yang satu ini sudah ditunggu-tunggu oleh pemburu smartphone murah berkualitas.

Meskipun belum kompatibel dengan jaringan 4G LTE, smartphone besutan vendor dalam negeri ini tetap patut dipertimbangkan. Advan M6 menawarkan teknologi audio Hi-Fi yang tidak bisa Anda temukan di smartphone lainnya.

advertisements
advertisements

Di samping itu, Advan juga menggandeng klub sepakbola ternama, Barcelona, untuk mempromosikan smartphone ini. Tak heran jika Advan M6 memiliki nama lain Advan Barca HiFi M6. Nah, untuk mengetahui informasi mengenai smartphone ini secara lebih jelas, simak review Advan Barca M6 dari Carisinyal berikut ini!

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 5 inch, 720 x 1280 pixels (294 ppi)
  • Memori internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 32 GB
  • Chipset: MediaTek MT6592M
  • CPU: Octa Core 1.4 GHz, Cortex-A7
  • GPU: Mali-450 MP4 @ 600 MHz
  • Sistem Operasi: Android OS v4.4.2 (KitKat)
  • Kamera utama: 8 MP, 3264 x 2448 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, Geo-tagging, face detection, digital zoom, autofocus, touch focus, panorama, HDR
  • Kamera depan: 5 MP
  • Baterai: Li-ion 2300 mAh

Desain

Smartphone yang memiliki berat 150 gram, termasuk baterai, ini memiliki dimensi 145 x 71 x 9 mm. Ponsel ini tergolong ringan. Advan M6 cukup nyaman dalam genggaman tangan Anda. Dengan ukuran standar smartphone masa kini, Advan M6 juga tersedia dalam 2 pilihan warna, yakni hitam dan putih.

kelebihan dan kekurangan advan barca m6

Sayangnya, tampilan pada panel bagian depan smartphone ini tampak cukup panjang. Hal ini tidak lepas dari adanya tambahan speaker di bawah layarnya. Meskipun mengganggu penampilan, namun dalam penggunaannya tidak ada masalah sama sekali.

Layar

Menggunakan IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan 16 juta warna, teknologi tersebut dikemas dalam layar berukuran 5 inch. Smartphone yang baru dirilis bulan Juli 2015 lalu ini juga menawarkan resolusi 720 x 1280 pixels dengan kerapatan layar 264 ppi. Meskipun resolusi yang ditawarkan cukup rendah, tampilan visual dari Advan M6 ini cukup baik.

Sensitivitas layar terhadarp sentuhan juga cukup responsif. Kekurangan dari layar Advan M6 hanya terletak pada ketidaktersediaan sistem perlindungan layar built-in seperti yang ditawarkan smartphone lain pada umumnya.

Prosesor

Seperti yang sudah dibahas di awal, Advan M6 memiliki keunggulan di sektor dapur pacunya yang tangguh. Advan menggunakan prosesor Octa Core 1.4 GHz Cortex-A7 yang dipadu dengan chipset MediaTek MT6592M.

harga advan barca m6

Pengolah grafis GPU Mali-450 MP4 600 MHz juga mengimbangi prosesor yang terbilang gahar ini. Prosesor yang digunakan Advan M6 bisa menunjang aktivitas bermain game HD secara lancar, chatting, browsing dan melakukan kegiatan multitasking apapun tanpa khawatir smartphone akan lag.

Memori

Bagi Anda yang gemar menginstal aplikasi dari Google Play Store, Advan M6 menyediakan memori internal yang cukup besar, yakni 16 GB. Anda bisa mengunduh beberapa aplikasi favorit tanpa takut kehabisan ruang untuk menyimpannya.

Untuk mengimbangi besarnya prosesor yang digunakan, RAM sebesar 2 GB juga disematkan pada smartphone ini. Ukuran tersebut terbilang besar mengingat masih banyak smartphone lain yang masih menggunakan RAM 1 – 1,5 GB.

advertisements

Di luar memori internal berkapasitas 16 GB yang disediakan, Advan M6 juga menyediakan slot microSD untuk keperluan Anda menyimpan data, foto, musik, video dan lainnya. Kapasitas memori eksternal yang ditawarkan Advan M6 mencapai 32 GB.

advertisements

Kamera

Siapa bilang smartphone lokal cenderung memiliki kamera yang kurang bagus? Advan membuktikan bahwa smartphone yang berasal dari vendor lokal juga bisa menyediakan kamera kelas menengah yang lumayan mumpuni.

Kamera belakang Advan Barca M6 memiliki resolusi 8 MP 3264 x 2248 pixels yang cukup jernih untuk mengambil gambar. LED Flash dan sejumlah fitur umum lainnya, seperti autofocus, juga disematkan pada kamera belakang Advan M6.

Untuk mengambil potret diri atau selfie, Anda bisa menggunakan kamera depan yang beresolusi lumayan. Kamera depan Advan M6 beresolusi 5 MP. Resolusi ini sama dengan yang ada pada kamera depan Samsung Galaxy J5.

Konektivitas

Di tengah maraknya promosi untuk menggunakan jaringan 4G LTE, Advan belum membekali smartphone ini dengan jaringan 4G LTE tersebut. Smartphone ini hanya mendukung jaringan 2G dan juga 3G saja.

Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena dengan jaringan 3G HSPA yang diusung Advan M6, Anda tetap dapat browsing, chatting dan mengakses berbagai data di internet dengan kecepatan yang lumayan kencang.

Perlu Anda ketahui, bahwa Advan M6 adalah ponsel dual sim GSM-GSM yang memungkinkan kedua SIM aktif secara bersamaan. Jadi, Anda bisa menentukan hendak menggunakan SIM yang mana untuk bertelepon, berkirim pesan atau mengakses internet.

Jika Anda enggan untuk menggunakan koneksi dari provider, maka Anda bisa mengaktifkan jaringan Wi-Fi untuk berselancar di dunia maya. Smartphone ini juga menyediakan konektivitas melalui Bluetooth 4.0 dan USB on-the-go.

Baterai

Menggunakan baterai Li-ion 2300 mAh, sebenarnya kapasitas baterai smartphone ini sudah lumayan. Namun, mengingat dapur pacu yang digunakan cukup tangguh, baterai Advan M6 kurang bisa mengimbangi kekuatan prosesor yang cenderung menghabiskan banyak daya tersebut.

Akan tetapi, kapasitas baterai ini sudah cukup untuk menghidupkan Advan M6 selama seharian penuh dan menemani aktivitas Anda. Jika ingin bepergian jauh, mungkin Anda juga bisa mengantisipasinya dengan membawa power bank.

Fitur

Layar Advan M6 menggunakan sensor accelerometer, proximity, dan ambient light sensor. Selain itu, seperti yang sudah kita bahas di atas, Advan M6 mengusung teknologi HiFi, yakni speaker dengan audio berkualitas tinggi.

Suara yang dihasilkan video ini lebih jernih, kencang dan renyah. Teknologi HiFi ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa saat Anda menggunakan Advan M6 untuk mendengarkan musik atau menonton video.

Harga

Sebelum dirilis secara resmi, Advan M6 sempat dipasarkan secara pre-order dengan harga Rp 1.699.000. Namun, setelah masa pre-order usai, smartphone ini dijual sedikit lebih mahal dengan harga sekitar Rp 1.899.00.

Walaupun selisih 200 ribu dari harga pre-order, harga normal yang dipatok untuk Advan M6 masih terbilang agak mahal untuk sebuah smartphone lokal. Pasalnya, banyak smartphone asal Tiongkok yang menawarkan spesifikasi serupa dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Namun perbedaan harga tersebut mungkin tidak akan menjadi masalah jika Anda melihat fitur-fitur yang ditawarkan, terutama apabila Anda adalah penggemar Barcelona. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membeli Advan Barca M6 tersebut?

Kelebihan Advan Barca M6:
– Speaker HiFi di bagian depan
– RAM sebesar 2GB
– Kamera depan 5MP
– Mendukung USB OTG

Kekurangan Advan Barca M6:
– Desain panel depan agak panjang
– Masih menggunakan OS Android KitKat
– Harga agak mahal

Artikel Menarik Lainnya: