advertisements

Setelah sebelumnya santer diberitakan akan merilis Nexus Smartwatch dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat, Google malah membuat terobosan baru dengan mengumumkan sistem operasi khusus untuk smartwatch bernama Android Wear. Walaupun target utamanya ditujukan untuk perangkat smartwatch, namun tidak menutup kemungkinan sistem operasi ini akan digunakan pada berbagai macam perangkat lainnya.

Android Wear

Android Wear sendiri didesain sebagai miniatur dari sistem operasi Android untuk perangkat smartphone dan tablet. Dengan sistem operasi ini Anda dapat memberikan pesan suara ke perangkat smartwatch seperti layaknya Google Now di perangkat smartphone. Berikut adalah beberapa fitur yang ada di dalamnya:

  • Notifikasi dari berbagai aplikasi di smartphone seperti sosial media, sms, dan lainnya.
  • Melakukan perintah suara hanya dengan mengatakan “Ok Google” untuk kemudian fitur ini akan berjalan layaknya Google Now versi reguler.
  • Memonitor keadaan kesehatan serta membantu aktivitas fitness yang Anda lakukan seperti jogging, bersepeda, dan lainnya.
  • Mengontrol perangkat lain secara langsung seperti memutar musik di smartphone, memutar video di tablet, dan lainnya.
advertisements

Versi developer preview dari Android Wear saat ini sudah tersedia untuk diunduh. Oleh karena itu para pengembang sudah dapat mengunduhnya untuk kemudian memodifikasi aplikasi yang mereka miliki agar dapat bekerja dengan baik pada sistem operasi ini. Google sendiri menyatakan bahwa aplikasi yang ada saat ini tidak memerlukan perubahan besar-besaran agar dapat berjalan baik pada sistem operasi ini.

Untuk mendukung sistem operasi ini, Google sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan seperti Asus, HTC, LG, Samsung, serta berbagai perusahaan pembuat chipset seperti Broadcom, Imagination, Intel, Mediatek, dan Qualcomm. Smartwatch pertama dengan sistem operasi ini kabarnya sedang dalam masa produksi dan akan segera dirilis dalam waktu dekat ini.

LG kabarnya menjadi produsen pertama yang akan meluncurkan smartwatch dengan sistem operasi Android Wear ini. Perangkat tersebut diberi nama LG G Watch dan akan mengusung layar 1.65 inch dengan resolusi 280 x 280 piksel, RAM sebesar 512 MB, dan memori internal sebesar 4 GB. Perangkat ini kabarnya akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun ini. Selain LG, Motorola juga membuat perangkat dengan sistem operasi ini yang diberi nama Moto 360.

Artikel Menarik Lainnya: