advertisements

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan pengguna Android terbanyak di dunia. Namun tidak hanya sebagai pengguna, Indonesia juga banyak menelurkan pengembang-pengembang yang sukses menciptakan game serta aplikasi Android terpopuler.

Aplikasi buatan developer Indonesia tidak hanya digunakan oleh orang Indonesia saja, namun juga banyak digemari oleh pengguna dari negara lain. Jenis aplikasinya juga bermacam-macam, dari mulai aplikasi berita, online shop, kamus online, mobile banking, hingga game yang mengasah pengetahuan.

advertisements

Maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengulas daftar aplikasi buatan Indonesia yang paling banyak diunduh di Google Play Store. Aplikasi yang masuk dalam daftar ini hanyalah aplikasi buatan pengembang Indonesia dan bukan aplikasi bertema Indonesia namun dibuat oleh pengembang asing.

Detikcom

Detikcom merupakan aplikasi resmi dari salah satu situs berita online terbesar detik.com. Aplikasi juga menjadi aplikasi Android buatan Indonesia yang paling banyak diunduh saat ini. Detikcom menampilkan berbagai macam berita terbaru dari situs detik.com beserta channel-channel yang terdapat di dalamnya.

Detikcom

Beberapa channel yang terdapat pada aplikasi buatan PT. Agranet Multicitra Siberkom ini di antaranya adalah detikNews, detikSport, Sepakbola, detikFinance, detikHot, detikInet, detikHealth, detikFood, detikTravel, detikOto, detikFoto, Wolipop, detikPemilu, dan detikRamadan.

Download

PicMix

aplikasi Android terpopuler picmix

Siapa yang tak mengenal PicMix, aplikasi photo editing dan photo sharing yang sangat populer ini ternyata buatan anak bangsa. Ya, PicMix dibuat oleh PT. Inovidea Magna Global yang berlokasi di Jakarta. Aplikasi ini sangatlah populer karena dapat memberikan berbagai efek menarik ke dalam sebuah foto dengan sangat mudah.

Anda dapat memberikan frame, teks, serta mengaplikasikan berbagai efek unik pada foto yang Anda miliki. Setelah itu, foto tersebut dapat langsung dibagikan ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Path. Anda juga dapat menjadikan foto tersebut menjadi foto profil di BBM dan Twitter secara langsung. Download

Kaskus

aplikasi Android terpopuler kaskus

Sebagai situs komunitas online terbesar di Indonesia, maka tidak mengherankan jika Kaskus juga menjadi salah satu aplikasi Android terpopuler. Hampir semua fitur forum Kaskus dapat Anda nikmati pada aplikasi ini seperti berkomentar di thread, membuat thread baru, hingga melakukan jual beli di FJB.

Download

Kompas.com

advertisements

Sama seperti detikcom, Kompas.com juga merupakan aplikasi resmi dari situs kompas.com. Aplikasi ini menghadirkan berbagai macam berita terbaru dari Indonesia dan belahan dunia lainnya. Aplikasi ini menghadirkan fitur Offline Mode untuk membaca berita tanpa koneksi internet dan juga fitur Unread indicator untuk menandai berita mana saja yang belum Anda baca.

Download

Kamus Inggris (Kamusku)

Kamusku merupakan aplikasi kamus Inggris-Indonesia dan sebaliknya. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline sehingga Anda tidak perlu terhubung ke internet. Kosakata yang terdapat pada kamus ini juga cukup lengkap. Mulai dari kosakata yang populer hingga yang asing di telinga sekalipun ada di dalam kamus ini.

Menariknya, jika kata yang Anda cari tidak terdapat dalam kamus offline ini, maka aplikasi ini akan langsung mencari maknanya secara online melalui Bing Translator. Kamusku sendiri dibuat oleh pengembang Kodelokus asal Bandung. Aplikasi ini dapat digunakan untuk perangkat dengan Android 2.2 ke atas.

Download

Mandiri Mobile

Mandiri Mobile

Mandiri Mobile merupakan aplikasi mobile banking yang paling banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini dapat digunakan oleh para nasabah Bank Mandiri untuk mengecek saldo, mentransfer uang, membeli pulsa, membayar tagihan, dan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat mencari lokasi bank serta ATM Mandiri melalui aplikasi ini.

Download 

BRI Mobile

BRI Mobile adalah aplikasi mobile banking resmi dari Bank Rakyat Indonesia. Aplikasi ini dapat digunakan untuk keperluan finansial ataupun non-finansial. Aplikasi ini juga bisa digunakan dengan jaringan internet ataupun melalui SMS. Semua transaksi yang dilakukan akan dilindungi dengan sistem keamanan PIN dan juga m-Token.

Download

OLX (Tokobagus)

OLX

Salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia, OLX, juga memiliki aplikasi Android yang cukup populer. Aplikasi milik situs yang sebelumnya bernama Tokobagus ini dapat Anda gunakan untuk mencari serta menjual barang baru dan second dengan harga yang miring.

Anda juga dapat menggunakan fitur guest ketika menjual barang agar tidak perlu repot untuk mendaftar terlebih dahulu. Pastikan Anda melakukan pembayaran dengan sistem COD (Cash on Delivery) untuk menghindari tindak penipuan yang marak terjadi.

Download

Icon Pop Quiz

aplikasi Android terpopuler icon pop quiz

Icon Pop Quiz merupakan game yang cukup banyak digemari oleh pengguna Android dalam dan luar negeri. Dalam game ini kita harus menebak nama tokoh, judul film , dan berbagai hal terkenal lainnya melalui sebuah gambar animasi yang ditampilkan. Semakin cepat dan tepat kita menjawab, maka semakin besar pula nilai yang akan didapatkan.

Dalam game buatan Alegrium ini terdapat lebih dari 1000 gambar yang harus kita tebak. Jika sulit untuk ditebak, kita akan diberikan empat macam bantuan yakni “Hint”, “Eliminate Keys”, “Open Letters” “Ask a Friend”, dan juga “Reveal”.

Download

BimaTRI

BimaTRI

BimaTRI merupakan aplikasi khusus dari operator Tri untuk memudahkan para pelanggannya dalam melakukan berbagai macam transaksi. Dalam aplikasi ini kita dapat melihat nomor kartu, sisa pulsa, masa aktif kartu, serta sisa kuota internet yang kita miliki.

Selain itu kita juga bisa melakukan isi ulang pulsa dan kuota internet secara online melalui kartu debit dan kredit atau dengan memasukkan kode voucher-nya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur push notification yang akan mengingatkan Anda ketika sisa pulsa akan segera habis.

Download

Catfiz Messenger

aplikasi Android terpopuler catfiz

Sebelum BlackBerry Messenger (BBM) hadir di perangkat Android, Catfiz merupakan salah satu pelopor private messenger di Android. Sama halnya seperti BBM, aplikasi IM buatan developer Indonesia ini menggunakan sistem invitasi PIN dan bukan nomor telepon seperti LINE atau WhatsApp.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi buatan PT Duniacatfish Kreatif Media ini adalah group chat yang mampu menampung hingga 1000 anggota. Selain itu, Anda juga bisa mengirim file hingga ukuran 50 MB atau melakukan forward file secara langsung melalui layanan awan Fizzlink.

Download

Tebak Gambar

Tebak Gambar

Tebak Gambar merupakan sebuah program kuis yang cukup populer di salah satu stasiun televisi di awal tahun 200an. Kini kuis tersebut kembali populer berkat game Tebak Gambar yang dibuat oleh tebakgambar.com. Dalam game ini kita harus menebak kata apa yang disiratkan pada sebuah gambar. Semakin tinggi levelnya, maka semakin sulit pula gambar yang harus ditebak.

Download

Kuis Millionaire Indonesia

Sama seperti Tebak Gambar, Millionaire juga merupakan kuis yang sempat populer di Indonesia satu dekade yang lalu. Kini Anda dapat kembali merasakan ketegangan kuis tersebut melalui game buatan miniLabs ini. Cara bermain kuis ini juga sama seperti aslinya.

Anda akan diberikan 15 pertanyaan bertingkat dengan tiga macam bantuan yang bisa digunakan. Setiap pertanyaan harus dijawab dalam waktu 45 detik saja. Yang menarik, game ini menghadirkan tampilan dan efek suara yang sama seperti pada kuis aslinya.

Selain berbagai macam aplikasi dan game di atas, masih banyak aplikasi lainnya yang dibuat oleh pengembang asal Indonesia. Namun jumlah pengunduhnya masih kalah jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi di atas. Semoga kedepannya makin banyak lagi anak bangsa yang bisa menciptakan aplikasi Android terpopuler bagi pengguna di dalam dan luar negeri.

Artikel Menarik Lainnya: