advertisements

Browsing atau mengakses dunia maya merupakan salah satu aktivitas yang rutin dilakukan oleh para pengguna Android. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menjelajahi berbagai halaman web yang ada di internet.

Untuk mendukung aktivitas tersebut tentu saja dibutuhkan aplikasi browser yang cepat dan juga handal. Saat ini terdapat puluhan browser yang tersedia untuk sistem operasi Android dengan berbagai fitur dan kelebihannya masing-masing. Ada yang kaya fitur namun lambat, ada juga yang sederhana namun cepat.

advertisements

Nah, bagi Anda yang ingin berselancar di dunia maya dengan nyaman, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 aplikasi browser tercepat untuk Android. Berbagai browser ini dijamin akan membuat Anda betah berselancar meskipun berada pada jaringan yang kurang memadai. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

Google Chrome

Sebagai browser bawaan dari sistem operasi Android, Google Chrome layak untuk disebut paling pertama dalam daftar ini. Browser ini memiliki fitur bandwidth saving yang akan mempercepat akses ke suatu website sekaligus menghemat penggunaan data Anda.

Browser ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap dengan tampilan yang menarik. Jika Anda menggunakan Chrome di PC, maka Anda juga wajib menggunakannya di Android karena semua bookmark, password, dan data lainnya akan secara otomatis tersinkronisasi.

CM Browser

aplikasi browser tercepat untuk android cm

CM Browser merupakan aplikasi yang sederhana namun cepat dan juga aman. Browser ini dikembangkan oleh Cheetah Mobile Inc. yang cukup populer dengan aplikasi CM Security-nya. Browser ini sangat ringan karena hanya memiliki ukuran sebesar 2 MB.

Tidak hanya ringan, namun browser ini juga mampu menyuguhkan halaman web dengan cepat. Jika Anda khawatir dengan masalah privasi dan keamanan, maka browser ini akan memberikan peringatan jika Anda hendak mengunduh file atau mengakses halaman web yang dicurigai berbahaya.

Maxthon Browser

Maxthon Browser merupakan aplikasi browser yang cepat dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Dalam browser ini Anda dapat mengatur website favorit agar lebih mudah diakses. Navigasi pada halaman web juga lebih mudah karena Anda dapat menggunakan kontrol gestur.

Browser ini juga sudah mengintegrasikan layanan awan sehingga Anda dapat mengirim dan menerima pesan, membagikan gambar dan link, serta melakukan sinkronisasi antar perangkat. Terakhir, Maxthon Browser juga mendukung flash video playback untuk melakukan streaming video flash.

UC Browser

uc browser

Jika berbicara masalah kecepatan, pasti kita tidak bisa meninggalkan UC Browser. Browser ini memiliki fitur preloading yang akan mempercepat akses ke sebuah halaman web. Browser ini juga memiliki banyak tema sehingga tampilannya tidak akan membosankan. Jika sering membaca di kondisi cahaya yang redup, maka Anda tinggal mengaktifkan night mode agar layar smartphone tidak menyilaukan mata Anda.

Firefox Browser For Android

Tidak mau kalah dengan Chrome, Firefox juga turut berpartisipasi dalam persaingan browser di ranah Android. Meskipun belum sehandal browser untuk desktop-nya, namun browser ini sudah menghadirkan beberapa fitur mumpuni seperti offline reading dan add-ons untuk kontrol gestur, manajemen password, serta ad blocker.

Opera Mini

opera mini

Rasanya tidak perlu ada penjelasan panjang lebar mengenai browser yang satu ini. Semenjak jaman Symbian hingga Android seperti saat ini, Opera Mini merupakan browser mobile yang paling banyak digunakan karena fitur dan kecepatannya.

advertisements

Opera Mini akan melakukan kompresi halaman web sehingga proses loading-nya akan berlangsung sangat cepat. Selain itu, hasil kompresan tersebut juga akan mengurangi ukuran filenya sampai 90% sehingga dapat menghemat penggunaan kuota internet Anda.

Next Browser For Android

Aplikasi browser tercepat untuk Android yang selanjutnya adalah Next Browser. Aplikasi buatan GO Launcher Dev Team ini mampu menyuguhkan browser yang cepat dan atraktif. Beberapa fitur menarik yang dapat Anda temukan pada browser ini di antaranya adalah voice recognition, offline reading, dan konsumsi memori yang cukup rendah.

Dolphin Browser For Android

dolphin browser

Pada awal kemunculannya Dolphin Browser berhasil menarik perhatian pengguna lewat fitur kontrol gestur yang saat itu masih tergolong baru. Berkat fitur tersebut kini Dolphin Browser berhasil menjadi salah satu browser papan atas di dunia Android.

Meskipun tidak secepat browser yang lainnya, namun Dolphin Browser memiliki berbagai macam fitur yang cukup menarik. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah voice recognition, add-ons, tema, serta sharing data antara perangkat Android dan PC.

Hover Browser

Selain mampu mengakses internet dengan cepat, Hover Browser juga memiliki tampilan yang unik karena dapat ‘melayang’ di atas aplikasi lain yang sedang terbuka. Dengan begitu Anda dapat menggunakan browser ini sambil terus menggunakan aplikasi yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat membuka browser yang lainnya sambil tetap menggunakan Hover Browser. Browser ini sangat cocok bagi Anda yang menggunakan perangkat Android berlayar besar agar tampilannya tidak terlalu sempit di layar.

Boat Browser

Aplikasi browser terakhir yang dapat Anda jadikan pilihan adalah Boat Browser. Sama halnya seperti Hover Browser, aplikasi ini juga dapat dibuka dalam keadaan ‘melayang’ di atas aplikasi yang lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki pilihan tema add-ons bagi Anda yang ingin melakukan berbagai kustomisasi.

Nah itulah daftar 10 aplikasi browser tercepat untuk Android yang bisa Anda coba saat ini. Daftar di atas dapat saja berubah seiring berjalannya waktu karena selalu ada update ataupun browser baru yang muncul setiap harinya. Dari daftar di atas, manakah yang menjadi favorit Anda?

Artikel Menarik Lainnya: