advertisements

Anda yang suka mendesain rumah dan desain interior, tentunya Anda tidak boleh melewatkan aplikasi desain rumah yang banyak digunakan saat ini. Salah satu contohnya adalah Adobe Photoshop yang terkenal (termasuk Photoshop Touch dan Photoshop Express untuk mobile).

Banyak dari Anda yang tentunya menggunakan aplikasi ini. Untuk desain yang lebih rumit, sebagian dari Anda tentunya menggunakan program  seperti AutoCad.  Jika Anda bosan dengan aplikasi atau program tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi alternatif lainnya untuk desain, terutama dalam mendesain rumah. Apa sajakah aplikasi untuk desain rumah alternatif tersebut?

Floorplanne

advertisements

Program atau aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merangkai desain rumah secara lebih interaktif. Anda yang senang berganti-ganti furniture sangat cocok menggunakan aplikasi desain rumah di iPad ini. Terlebih untuk Anda yang sering mengadakan acara.

Jika akan mengadakan pesta misalnya, Anda dapat melakukan simulasi terlebih dahulu melalui aplikasi ini. Jika Anda ingin mendesain kantor, restoran, atau ruang lainnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini. Buat pencinta desain interior, aplikasi ini sangat disarankan untuk digunakan.

Aplikasi Floorplanne ini sendiri dapat digunakan untuk perangkat PC dan juga iPhone atau iPad. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi situs resminya di sini.

Planner 5D

aplikasi desain rumah Planner 5D

Aplikasi membuat desain rumah yang satu ini benar-benar sempurna. Anda bisa menggunakan program ini untuk membuat dan merenovasi desain interior rumah Anda. Anda juga bisa merangkai taman, menata ruang outdoor dan mendekorasi ruangan lainnya. Tampilan visualnya yang realistis membuat aplikasi ini benar-benar menarik dan memanjakan mata.

Namun, aplikasi ini lebih cocok ditujukan untuk pengguna yang sudah mahir. Atau dalam hal ini, pengguna pemula sangat tidak disarankan menggunakan Planner 5D.  Jika Anda penasaran dengan program yang bisa dijalankan di PC Desktop dan perangkat iOS ini, Anda bisa mengunjungi situs resminya untuk informasi lebih detail di sini.

FreeCAD

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah sifatnya yang gratis dan open source. Anda bisa menggunakan program ini sebagai alternatif jika Anda bosan dengan AutoCad. Apa yang ditawarkan oleh program ini?  Program ini lebih menawarkan kemudahan dalam berkreasi.

Anda yang hobi dengan desain interior atau Anda pelaku profesional bisa memanfaatkan program ini untuk berkreasi. Tampilannya memang lebih ke sketsa sehingga Anda yang memang senang menggambar dan berilustrasi cocok menggunakan aplikasi yang  berjalan di sistem operasi Windows, Linux, Fedora, dan Max OSX ini. Silahkan download programnya di sini.

Sweet Home 3D

Sweet Home 3D

Jika Anda ingin sebuah aplikasi desain yang ringan, Anda bisa mencoba Sweet Home 3D. Aplikasi ini hadir dengan tampilan antarmuka sederhana yang memungkinkan Anda untuk membuat desain rumah dengan beragam fitur dan ukuran kamar yang dapat disesuaikan dengan mudah.

Fitur yang dihadirkan oleh aplikasi ini juga tergolong menarik meskipun aplikasi ini terlihat sederhana. Salah satu fitur Andalannya tentu saja tampilan 3D-nya. Fitur lainnya adalah dukungan berbagai bahasa, perubahan warna, tekstur, memungkinkan Anda mendekorasi tanaman, dan fitur-fitur menarik lainnya.

advertisements

Aplikasi desain rumah 3D ini sendiri bisa dijalankan di komputer dengan sistem operasi Windows, Mac OS X 10.4 to 10.10, Linux and Solaris. Anda juga bisa menjalankan aplikasi ini secara online via browser dengan mengakses situs resminya.

Roomle

Roomle adalah aplikasi desain rumah yang menawarkan kemudahan dalam mendesain rumah. Aplikasi ini mirip dengan Sweet Home 3D  dan penggunaannya juga mirip. Aplikasi ini mudah digunakan karena memang ditujukan untuk Anda yang ingin langsung mengatur desain sesuka hati tanpa ribet.

Beberapa fitur yang ditawarkan dari aplikasi adalah katalog yang memudahkan Anda untuk melakukan drop pada ruangan yang ingin Anda dekorasi. Ada juga fitur seperti kemudahan perencanaan dalam mendesain dan juga fitur Augmented Reality yang memang benar-benar modern.

Anda yang penasaran dengan aplikasi yang hadir di iTunes Store ini, bisa mengunjungi situs resminya. Anda tidak perlu mengunduhnya karena Anda bisa langsung mengakses melakukan proses desain dari situsnya secara langsung karena Roomle ini merupakan aplikasi desain rumah online.

3D Interior Room Design

3D Interior Room Design

Aplikasi ini cocok digunakan ketika Anda selesai membuat denah rumah. Anda bisa memvisualisasikan denah tersebut dalam tampilan 3D menggunakan aplikasi ini. Aplikasi yang dikembangkan oleh HB Conception Virtuelle inc  ini memungkinkan Anda untuk merancang lantai, mendekorasi dinding, memberikan catnya, memberi perapian, memilih jenis tirai, dan lainnya.

Anda yang ingin membangun rumah impian bisa menggunakan aplikasi ini terlebih dulu dan kemudian memberikannya kepada jasa arsitek rumah agar dibuatkan seperti yang Anda gambarkan. Anda yang profesional juga bisa menawarkan konsep Anda atau memvisualisasikan konsep klien Anda tentang desain rumah yang mereka impikan menggunakan aplikasi ini. Silahkan download aplikasinya di sini.

SketchBook Express

Bagi Anda pengguna Android dan membutuhkan aplikasi desain, Anda bisa mencoba SketchBook Express. Aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi desain seperti Adobe Photoshop Tourch maupun Ekspress. Namun, aplikasi ini lebih ke arah sketsa dan ilustrasi dengan basis vektor.

Boleh dibilang, aplikasi ini sedikit mirip dengan Freecad. Dalam hal ini, aplikasi ini lebih cocok untuk Anda yang senang dengan ilustrasi. Anda bisa berkreasi membangun desain rumah sendiri, memvisualisasikan ide Anda, serta bermain dengan galery, layer, brushes dan tools lainnya.  Anda yang penasaran dengan aplikasi ini bisa download aplikasinya di sini.

Home Design: Dream House

Home Design Dream House

Anda yang ingin membangun rumah impian dan melihat simulasi yang sempurnanya bisa menggunakan aplikasi ini. Home Design merupakan aplikasi yang sempurna yang mampu membuat desain rumah Anda memiliki nilai yang lebih baik, terutama dari segi keindahannya.

Dengan tampilan grafis yang cantik dan menawan, Anda bisa mengubahsesuaikan desain ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya. Anda bahkan bisa memutar sudut pandangnya sehingga Anda  bisa melihat ruangan lebih detail.

Fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini sendiri adalah dekorasi rumah yang berjumlah hingga 300 lebih, kualitas gambar cantik dengan resolusi yang baik, dan kemudahan pengubahan berbagai elemen seperti lantai, wallpaper, dan sebagainya. Download aplikasi desain rumah Android ini sekarang juga di sini.

Houzz Interior Design Idea

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi lainnya, Houzz Interior Design Idea bukanlah aplikasi rancang desain atau sketsa. Aplikasi ini adalah aplikasi yang menawarkan Anda desain rumah yang sudah ada. Anda cukup melihat gambar-gambar desain interior yang tersedia di aplikasi ini. Anda bisa melihat berdasarkan kategorinya dan berdasarkan gayanya.

Aplikasi ini sendiri lebih ke arah konsep sharing social idea. Anda sebagai pengguna bisa melihat berbagai cerita, ide, gambar, foto tentang desain rumah yang hadir dari pengguna lainnya. Mengingat aplikasi ini terhubung dengan produk pendukung, Anda bisa melihat katalog produk desain interior dengan variasi harga.

Anda bisa mendapatkan ide desain rumah dari aplikasi ini. Anda juga bisa membagikan cerita atau foto tentang desain rumah yang sudah Anda kerjakan. Anda cukup daftar terlebih dahulu, atau jika ingin lebih mudah, Anda bisa mendaftar menggunakan akun Facebook Anda. Cukup menarik bukan? Segera download aplikasi ringan ini di link ini.

Demikianlah beberapa aplikasi desain rumah alternatif yang bisa Anda pilih dan Anda gunakan. Anda bisa memilih sesuai selera. Jika Anda punya dana lebih, Anda bisa memilih aplikasi atau program yang berbayar karena biasanya program berbayar akan menawarkan fitur yang lebih.

Artikel Menarik Lainnya: