advertisements

Masih belum bisa move on dari DWP (Djakarta Warehouse Project)? Atau Anda terinspirasi untuk menjadi DJ (Disc Jokey) setelah melihat penampilan keren dari para DJ internasional yang menjadi line-up festival rave terbesar di Asia Tenggara tersebut?

Semua orang bisa menjadi DJ. Namun, untuk menjadi DJ dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena peralatan yang dibutuhkan oleh seorang DJ terbilang mahal sehingga Anda mungkin harus berpikir ulang untuk membeli berbagai peralatan tersebut.

advertisements

Namun jangan khawatir, dengan dana yang terbatas, Anda tetap bisa menjadi seorang DJ. Cobalah untuk berlatih menggunakan aplikasi DJ Android berikut ini. Bahkan, seorang DJ internasional pun bisa memakai aplikasi ini untuk sekedar berlatih atau menciptakan musik yang mengagumkan.

Cross DJ

Di urutan pertama kita berjumpa dengan Cross DJ, sebuah aplikasi DJ yang memiliki segudang fitur menarik, seperti pengukuran BPM pada semua musik, sinkronisasi stabil, pitch bending, beat grid editing, dan masih banyak lagi.

aplikasi dj android cross dj

Sementara itu, apabila Anda mengupgrade ke versi Pro, maka Anda dapat merekam musik yang Anda buat, memiliki akses ke lebih banyak efek, dan built-in pads. Cross DJ adalah aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk memulai karir Anda sebagai DJ. Cross DJ bisa didownload secara gratis, tetapi Anda harus membayar $4,99 untuk upgrade ke versi pro.

DJ Mix Pads

Khusus untuk pemula, DJ Mix Pads adalah aplikasi sederhana dengan fitur yang dikemas secara lebih ramping. Dengan DJ Mix Pads, Anda bisa membuat ketukan, mengunggah sampel musik buatan sendiri, menggunakan keyboard synth, dan memiliki akses ke efek suara yang akan semakin mengoptimalkan hasil musik Anda.

Interface yang dimiliki oleh aplikasi ini terbilang cukup ramah. DJ Mix Pads adalah aplikasi yang bisa Anda miliki secara gratis. Cukup unduh aplikasi ini di Google Play Store dan berlatihlah menjadi seorang DJ handal dengan DJ Mix Pads.

Djay 2

Aplikasi DJ selanjutnya dirilis pertama kali pada perangkat iOS. Setelah perilisannya di iOS, aplikasi Djay 2 ini menuai sukses yang cukup besar. Pengembangnya lalu membuat Djay 2 versi untuk Android. Tak butuh waktu lama bagi aplikasi ini untuk meraih kesuksesan kedua setelah versi untuk Android-nya diluncurkan.

Djay 2

Aplikasi ini sangat spesial karena telah terintegrasi dengan Spotify. Di samping itu, Djay 2 juga dilengkapi dengan fitur auto mixing, aneka efek, pitch-bend, looping, cue points, dan masih banyak fitur menarik lainnya yang membuat aplikasi ini jadi semakin menarik.

Sebagai informasi, banyak DJ profesional yang juga mengandalkan Djay 2 sebagai perangkat DJ portable yang bisa dibawa ke mana saja. Hanya dengan $4,99 Anda sudah bisa memiliki Djay 2 di perangkat Android Anda.

DJ Mixer House Music

advertisements

Di aplikasi DJ Android yang satu ini, Anda tidak akan menemukan simulasi meja DJ seperti beberapa aplikasi lainnya sudah disebutkan di atas. Akan tetapi, DJ Mixer House Music menawarkan mesin mixer untuk melakukan remix terhadap track house music favorit Anda.

Seperti yang kita ketahui, mixer juga salah satu alat penunjang DJ. Jadi, tak ada salahnya Anda berlatih dengan aplikasi DJ Mixer House Music ini. Siapkan musik hasil remix Anda sendiri untuk berpesta malam ini. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis dan memiliki ukuran yang tergolong ringan, yakni hanya 7.29 MB saja.

Professional Piano & DJ Mixer

DJ kok menggunakan piano? Zedd, seorang DJ internasional yang berasal dari Rusia-Jerman juga menggunakan piano untuk menciptakan karya-karyanya. Alhasil, beberapa karyanya sangat mendunia, seperti Clarity, Spectrum, dan Beautiful Now. Bahkan, karyanya yang berjudul Find You pernah dipakai dalam original sountrack untuk film Divergent.

Jadi, aplikasi Professional Piano & DJ Mixer ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berkarya seperti Zedd. Dimulai dari menciptakan musik melalui piano, lalu Anda bisa mengedit dengan DJ Mixer yang sudah tersedia di dalam aplikasi ini. Tak hanya menyediakan suara piano, aplikasi ini juga memberikan pilihan suara organ, saxophone, dan gitar.

DJ Studio 5

DJ Studio 5

Sampai saat ini, DJ Studio 5 dianggap sebagai aplikasi DJ Android terbaik yang pernah ada. Mengapa? Karena aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur yang dibutuhkan oleh seorang DJ professional secara gratis.

DJ Studio 5 menyediakan dua turn table virtual, efek dan paket sampel, rekaman musik, integrasi ke Soundcloud, dan kompatibilitas dengan beberapa jenis perangkat keras, salah satunya adalah iRigMIX. Ingin memulai karir Anda menjadi seorang DJ profesional? Yuk, segera download DJ Studio 5 di perangkat Android Anda.

Edjing DJ Music Mixer Studio

Edjing DJ Music Mixer Studio

Selanjutnya, ada sebuah aplikasi yang tidak kalah kuat dengan aplikasi sejenis lainnya, yakni Edjing DJ Music Mixer Studio. Aplikasi ini sudah terintegrasi langsung ke Deezer maupun Soundcloud. Selain itu, Anda juga bisa membagikan hasil musik Anda melalui media sosial.

Lantas, fitur apa saja yang dimiliki Edjing? Salah satu aplikasi DJ yang patut dipertimbangkan ini memiliki fitur built-in turn table, paket sampel, cross fader, dan efek-efek yang dibutuhkan untuk membuat musik. Alasan kuat mengapa Anda harus mencoba aplikasi ini adalah gratis. Ya, Edjing DJ Music Mixer Studio bisa Anda peroleh secara gratis melalui Google Play Store.

Party Mixer

Party Mixer

Ini adalah sebuah aplikasi bagi Anda yang ingin mencari “alat” untuk mencampurkan kedua musik yang berbeda. Party Mixer akan mencampurkan dua trek sehingga menghasilkan musik mix yang menakjubkan layaknya kreasi DJ papan atas.

Dua lagu akan dimainkan secara bersamaan, sehingga penggunanya bisa mengedit dan menyatukan kedua lagu tersebut secara lebih smooth. Di samping itu, Party Mixer juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pitch, tempo, dan sebagainya.

Virtual DJ Studio

Virtual DJ Studio

Virtual DJ Studio adalah solusi aplikasi DJ digital yang sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang ingin menggeluti dunia disc jokey. Virtual DJ Studio menawarkan fitur yang hampir sama dengan aplikasi sejenis lainnya. Aplikasi ini sangat memungkinkan Anda untuk menambahkan efek ke dalam trek yang sedang diedit. Selain itu, dengan aplikasi ini Anda mampu menciptakan trek sendiri secara lebih mudah.

DJ Music Equalizer

DJ Music Equalizer

Aplikasi yang satu ini tidak bisa disamakan dengan aplikasi DJ lainnya. Pasalnya, DJ Music Equalizer lebih menawarkan sebuah equalizer yang lebih baik untuk memutar musik favorit Anda. Jadi, aplikasi ini tidak bisa membuat trek yang mumpuni seperti aplikasi lainnya.

Meskipun demikian, DJ Music Equalizer sangat worth untuk Anda yang sangat memperhatikan kualitas audio dari musik yang sedang Anda dengarkan. Aplikasi ini menawarkan kemampuan men-tweak pemutar musik sehingga Anda bisa mendengarkan dentuman bass yang lebih spesifik.

Beberapa aplikasi DJ Android ini sangat membantu Anda untuk menciptakan trek tanpa perlu mengeluarkan budget yang terlalu banyak. Akan tetapi, fungsi dan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi memang tidak bisa mengungguli turn table yang asli. Namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya bukan?

Jika Anda tidak memiliki perangkat Android, maka Anda juga bisa mencoba aplikasi virtual DJ yang dapat digunakan di PC secara online. Untuk daftar aplikasi virtual DJ untuk PC, silahkan simak ulasan kami di artikel sebelumnya.