advertisements

Aplikasi edit foto di komputer menjadi kebutuhan yang tidak terhindarkan. Tidak heran banyak pengguna komputer yang memasang aplikasi semacam ini di PC dan juga laptop mereka.  Yang paling terkenal adalah Adobe Photoshop. Aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi yang banyak diinstal oleh pengguna Indonesia, meskipun yang mereka pasang adalah versi bajakannya. Padahal sebenarnya, pengguna di Indonesia bisa memanfaatkan aplikasi edit foto dan grafis yang tidak berbayar. Bahkan di antara aplikasi tersebut, ada yang malah lebih menarik dibandingkan Photoshop.

Lantas, sebenarnya ada berapa pastinya aplikasi semacam ini? Cukup banyak sebenarnya, tapi Carisinyal kali ini mengumpulkan 10 aplikasi pilihan edit foto yang direkomendasikan untuk dipasang di perangkat PC Anda. Mari kita mulai pembahasan ini dengan Adobe Photoshop.

Seri Adobe Photoshop

advertisements

Kalau orang bicara program edit foto di perangkat PC, banyak yang pikirannya langsung tertuju pada Adobe Photoshop. Cukup wajar karena program ini memang cukup terkenal. Dimulai dari seri awalnya, seri CS, dan sekarang seri CC, aplikasi ini terus berkembang dan sukses di pasaran. Meskipun aplikasi ini juga sering dibajak, tetap saja aplikasi ini merupakan aplikasi edit dan desain paling populer dan banyak digunakan kalangan profesional.

Fitur yang lengkap, tool yang memiliki banyak kegunaan membuat aplikasi ini jadi favorit banyak orang. Saat artikel ini ditulis, Adobe Photoshop merilis seri CC yang dijual dengan sistem langganan, yakni sekitar  Rp. 200 ribu/bulan. Informasi tentang aplikasi Photoshop bisa dicek di laman ini.

Corel Photoshop Pro

aplikasi edit foto di komputer

Saat artikel ini dibuat, Corel Photoshop Pro sudah mencapai seri x7. Di seri ini, aplikasi ini menawarkan kemampuan yang lebih baik. Tidak heran jika aplikasi ini menjadi pilihan bagi para fotografer  profesional selain Photoshop. Mungkin dalam beberapa waktu kedepan, aplikasi ini bisa jadi saingan berat bagi Adobe Photoshop CC.

Apalagi software yang memiliki kemampuan edit foto dan grafis ini memiliki harga yang lebih murah dibandiingkan Photoshop yakni $63.99 atau sekitar Rp 800-ribuan untuk satu lisensi selamanya.  Anda bisa cek informasi tentang program yang satu ini di situs resminya.

GIMP

PixBuilder

Kalau ditanya, apa aplikasi edit foto di komputer yang gratis dan setara dengan Photoshop? Maka Carisinyal akan menjawab GIMP. Program open source yang satu ini merupakan program yang sangat direkomendasikan untuk para desainer dan fotografer. Program ini memiliki hampir semua fitur dan tool software berbayar.

Sifatnya yang open source membuat GIMP banyak disukai oleh kalangan desainer dan fotografer. Bahkan tidak sedikit para profesional tersebut yang menggunakan GIMP untuk mengedit foto, membuat logo, atau mengolah gambar. Software gratis ini bisa berjalan di berbagai sistem operasi komputer, mulai dari Windows, Linux, dan Mac. Anda bisa download GIMP di sini.

GIMPSHOP

GIMPSHOP

Mengingat GIMP adalah open source, banyak pengembang yang memanfaatkannya untuk menciptakan software baru. Salah satunya adalah Gimpshop. Aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto berbasis GIMP dengan tampilan antarmuka Photoshop.

Aplikasi ini dihadirkan untuk para pengguna Linux yang menginginkan sebuah program yang mirip dengan Photoshop, maka hadirlah Gimpshop yang diklaim memiliki kemampuan yang lebih dibandingakan dengan GIMP. Gimpshop bisa Anda download di laman resminya.

PhotoScape

advertisements

PhotoScape merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk mengedit dan mengolah foto. Program ini sangat direkomendasikan untuk pemula yang ingin mengedit foto. Kemudahan penggunaan dan kehadiran fitur seperti frame yang lucu dan menarik membuat aplikasi ini begitu banyak disukai.

Aplikasi yang beralamat di http://www.photoscape.org juga merupakan aplikasi yang memudahkan Anda untuk menggabungkan beberapa foto, mengatur halaman foto, dan pengaturan yang simpel saat foto akan dicetak.

Firealpaca

Sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa dari aplikasi edit foto di komputer yang satu ini. Kalau Anda melihat tampilan antarmukanya, Anda akan sadar bahwa aplikasi ini mirip sekali dengan Windows Paint. Aplikasi Windows Paint sendiri tersedia secara default di setiap versi sistem operasi Windows.

Memang Firealpaca merupakan aplikasi edit foto di komputer yang memiliki fungsi yang sama dengan Windows Paints. Yang membedakan dengan Windows Pants hanyalah soal penambahan edit fotonya saja. Untuk informasi lengkap tentang aplikasi ini, Anda bisa kunjungi ke situs resminya di http://firealpaca.com.

Lightroom

Lightroom

Kalau Adobe Photoshop dirasa terlalu mahal, maka Anda bisa menggunakan aplikasi lain dari Adobe ini. Aplikasi ini awalnya adalah aplikasi untuk mengolah gambar RAW (gambar mentah). Aplikasi ini juga awalanya memiliki fungsi sebagai katalog.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi ini memiliki fitur yang hampir sama dengan Photoshop. Terlebih untuk versi keempatnya, aplikasi ini sudah sangat bagus. Jika Anda memiliki dana, sebaiknya Anda memilih aplikasi ini dibandingkan Photoshop. Apalagi aplikasi ini  lebih ringan ketika dijalankan. Untuk informasi Adobe Lightroom, Anda bisa kunjungi situsnya di sini.

PixBuilder

PixBuilder

PixBuilder tidak kalah kemampuannya dengan GIMP. Software untuk mengolah foto ini memiliki banyak tool dan fitur layaknya software berbayar. Dengan PixBuilder, Anda bisa mengatur kecerahan foto, mengatur keseimbangan warnanya, bahkan memanipulasi warnanya.

Software ini juga memiliki tool kurva yang sangat berguna. Jika Anda ingin membuat ilustrasi, Anda pun bisa menggunakan aplikasi yang hanya memiliki ukuran 3MB ini. Untuk Anda yang penasaran dengan aplikasi ini, Anda bisa download PixBuilder dari laman resminya di sini.

Artweaver

Artweaver

Artweaver merupakan aplikasi yang menarik dan artistik untuk mengedit foto. Mengapa artistik? Karena aplikasi ini ternyata tidak hanya mampu mengolah foto dan gambar, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat sketsa. Jika Anda senang melukis, tentunya Anda akan senang dengan aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan pilihan untuk membuat Foto yang Anda edit diubah layaknya sebuah lukisan. Aplikasi yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar ini bisa Anda download di situs resminya secara langsung.

Photo Pos Pro

Photo Pos Pro

Jika Anda membutuhkan software alternatif yang mirip dengan Photoshop, Anda bisa menggunakan Photo Pos Pro. Dengan aplikasi gratis ini Anda bisa bekerja layaknya Anda menggunakan Adobe Photoshop yang harganya tergolong sangat  mahal itu.

Dengan Photo Pos Pro, Anda bisa bekerja mendesain grafis, mengolah foto, menghaluskan foto, membersihkan foto, dan melakukan hal apapun yang berkaitan dengan edit foto. Program ini bahkan diklaim memiliki tool-tool yang mirip dengan Photoshop.

Anda bisa bermain dengan tool-tool semacam Rich Text Tools, The Selection Tool, Script Tools, Special Effects, Tools for precision repairs and editing, Tools for creating Computer Graphics, Layers, Masks, dan masih banyak lagi. Bahkan Anda juga bermain dengan fitur-fitur seperti Gradients, Patterns and Textures.

Dengan kemampuan tersebut, bisa dibilang, Photo Pos Pro merupakan software yang bagus dalam hal edit foto maupun untuk desain grafis. Jika penasaran dengan Photo Pos Pro, Anda bisa download aplikasi ini dengan mengunjungi situs resminya di laman ini.

Demikianlah 10 program edit foto di komputer yang Carisinyal rekomendasikan untuk diinstal di komputer Anda. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda seorang desainer dan tidak mempermasalahkan harga, tentu pilihan terbaik adalah Adobe Photoshop atau Lightroom dan CorelDraw Photoshop Pro.

Jika Anda terbentur masalah dana namun ingin membutuhkan fitur lengkap, Anda bisa memilih GIMP, Photo Pos Pro, Gimpshop, dan PixBuilder. Nah, jika Anda seorang pemula dalam desain dan tidak mau ribet, Anda bisa menggunakan PhotoScape, Firealpaca, dan Artweaver. Selain berbagai aplikasi edit foto di komputer tersebut, Anda juga dapat mencoba aplikasi edit foto online sebagai alternatifnya.

Artikel Menarik Lainnya: