advertisements

Android merupakan sistem operasi mobile paling populer di dunia saat ini. Walaupun begitu hingga saat ini para pembuat aplikasi lebih suka membuat aplikasi versi iOS terlebih dahulu sebelum membuat versi Android-nya. Hal ini tidak lain karena banyaknya jenis smartphone Android sehingga cukup menyulitkan para pengembang untuk membuatnya. Namun di balik semua itu ternyata ada beberapa aplikasi yang khusus dibuat untuk perangkat Android saja. Apa sajakah itu?

aplikasi ekslusif

Swiftkey

Salah satu fitur Android yang tidak dimiliki oleh iOS adalah kemampuannya untuk mengganti keyboard bawaan pabrik. Swiftkey merupakan aplikasi terbaik yang banyak digunakan untuk mengganti keyboard bawaan tersebut. Selain mendukung swipe typing, aplikasi ini juga sangat responsif dan memiliki sistem prediksi yang sangat akurat dengan cara mempelajari kosa kata yang sering Anda gunakan.

advertisements

Selain itu aplikasi Swiftkey ini juga mendukung berbagai macam bahasa. Menariknya, pengaturan serta prediksi kata yang disimpan oleh aplikasi ini dapat disinkronisasi dengan semua perangkat Android yang Anda miliki. Silahkan download aplikasinya di sini.

Tasker

Aplikasi Tasker dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam aktivitas secara otomatis. Sebagai contoh Anda dapat memutar musik secara otomatis ketika terhubung dengan headphone atau mematikan smartphone secara otomatis pada malam hari. Aplikasi ini dapat berjalan dengan baik pada setiap smartphone, namun akan lebih baik lagi jika smartphone Anda sudah di-root. Silahkan download aplikasi ekslusif ini di sini.

ES File Explorer

ES File Explorer merupakan salah satu aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk menjelajahi berbagai macam file serta folder yang Anda miliki. Dengan aplikasi ini Anda dapat menyalin, menghapus, serta memindahkan file di memori telepon ataupun memori eksternal dengan mudah. Selain itu aplikasi ini juga mendukung penyimpanan awan dan juga root explorer. Silahkan unduh aplikasi ini di sini.

Friday: Automated Journal

Aplikasi ini merupakan sebuah asisten pribadi yang akan mencatat berbagai macam hal yang ada lakukan setiap saat. Aplikasi ini berjalan di latar belakang dan akan mencatat tempat yang Anda kunjungi, musik yang Anda putar, orang yang Anda telepon, hingga postingan yang Anda buat di media sosial. Anda dapat mengunduh aplikasi ekslusif ini di sini.

Airdroid

AirDroid merupakan aplikasi yang berfungsi layaknya sebuah remote control untuk Android. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengakses, mengirim SMS memindahkan file, hingga menginstal aplikasi di smartphone Anda dari browser di komputer. Selain itu aplikasi ini juga dapat menghapus seluruh data pada smartphone jika suatu saat smartphone Anda hilang atau tercuri. Silahkan download aplikasinya di sini.

Itulah lima aplikasi ekslusif yang hingga saat ini hanya tersedia untuk perangkat bersistem operasi Android saja. Apakah Anda memiliki aplikasi favorit lain yang hanya tersedia untuk perangkat Android saja? Silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: