advertisements

Jika kita berbicara mengenai aplikasi GPS dan navigasi, pasti yang pertama kali terlintas di benak kita adalah Google Maps. Ya, aplikasi buatan Google tersebut memang saat ini menjadi yang terlengkap dalam menampilkan peta di berbagai wilayah di dunia.

Aplikasi Google Maps juga selalu mendapatkan update secara berkala sehingga informasi peta yang ditampilkan akan sangat akurat. Fitur-fitur yang disediakan oleh Google Maps juga sangat lengkap dan hampir dapat memenuhi semua kebutuhan navigasi Anda.

advertisements

Akan tetapi selain Google Maps masih banyak aplikasi lain yang menawarkan fitur serupa. Jika Anda kurang suka dengan Google Maps maka berbagai aplikasi ini dapat dijadikan sebagai pilihan. Nah berikut Carisinyal akan mengulas 12 aplikasi GPS dan navigasi terbaik di Android yang menjadi alternatif dari Google Maps.

GPS Navigation BE-ON-ROAD

GPS Navigation menawarkan fitur turn-by-turn directions sebagai keunggulannya. Aplikasi ini juga sudah mendukung banyak negara di luar Amerika Serikat. Anda dapat mengunduh dan menggunakannya secara gratis namun untuk beberapa fitur dan peta harus dibeli terlebih dahulu.

BackCountry Navigator GPS Pro

BackCountry Navigator GPS Pro

BackCountry Navigator merupakan aplikasi yang sangat cocok digunakan bagi Anda yang sering hiking atau mendaki gunung. Aplikasi ini tidak dapat diunduh secara gratis karena Anda harus membelinya terlebih dahulu seharga $9.99.

Meskipun terbilang mahal, namun Anda akan mendapatkan keuntungan yang setimpal. Aplikasi ini akan menyajikan berbagai peta topografi offline yang akan sangat bermanfaat ketika Anda mendaki gunung karena di sana akan sulit untuk menemukan jaringan internet. Aplikasi ini juga menyediakan versi trial bagi Anda yang ingin mencobanya terlebih dahulu sebelum membelinya.

CoPilot GPS

copilot gps

CoPilot GPS merupakan aplikasi navigasi yang akan membimbing Anda dengan suara hingga tiba di lokasi yang dituju. Aplikasi ini sudah tersedia di berbagai negara dan dapat menampilkan peta dalam bentuk 3D. Anda dapat mencoba aplikasi ini secara gratis selama seminggu penuh dan kemudian harus membayar dengan harga yang bervariasi untuk menggunakannya kembali.

GPS Essentials

Aplikasi selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai alternatif adalah GPS Essentials. Aplikasi ini tidak hanya menampilkan peta namun juga berbagai macam statistik penting seperti kecepatan rata-rata, ketinggian, jarak perjalanan, perkiraan waktu tempuh, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan, aplikasi seharga $5.29 cocok untuk berkendara ataupun perjalanan di alam bebas.

HERE Maps

aplikasi gps dan navigasi here maps

Aplikasi buatan Nokia ini cukup populer di tahun 2014 dan digadang-gadang sebagai penantang serius dari Google Maps. Anggapan tersebut cukup masuk akal mengingat HERE Maps mampu menyuguhkan peta yang cukup lengkap dari berbagai belahan dunia.

Anda juga dapat mengunduh peta dari suatu wilayah sehingga Anda tidak perlu koneksi internet ketika mengakses kembali peta tersebut. Selain itu, HERE Maps juga akan menampilkan informasi lalu lintas untuk kawasan perkotaan. Menariknya, semua fitur dan kelebihannya tersebut dibungkus dalam tampilan antarmuka yang sederhana dan elegan.

MapFactor: GPS Navigation

advertisements

MapFactor merupakan salah satu aplikasi navigasi turn-by-turn klasik yang dapat dijadikan sebagai alternatif dari Google Maps. Aplikasi ini akan mengunduh dan menginstal peta ke dalam SD card sehingga Anda dapat menggunakannya kapan saja dalam keadaan offline.

Aplikasi ini sendiri menggunakan peta dari OffStreetMap yang sudah mencakup banyak negara di dunia. Meskipun tidak semewah Google Maps, namun fitur yang dimilikinya sudah sangat cukup bagi Anda yang membutuhkan sebuah aplikasi GPS dan navigasi. Terlebih, aplikasi dan peta yang dimilikinya semuanya dapat digunakan secara gratis.

Navigate 6

Aplikasi lainnya yang mendukung navigasi turn-by-turn adalah Navigate 6. Aplikasi ini hadir dalam tampilan 3D dan Anda juga dapat mengunduh petanya untuk penggunaan offline. Terdapat juga beberapa fitur unik yang dapat Anda temukan pada aplikasi ini seperti informasi lokasi dari Wikipedia dan keadaan cuaca.

Aplikasi Navigate 6 ini dapat Anda coba terlebih dahulu selama 30 hari. Setelah itu, Anda harus membayar biaya lisensi pertahun yang harganya bervariasi tergantung dari peta lokasi yang Anda inginkan.

MapQuest: Maps, GPS, and Traffic

mapquest

MapQuest merupakan salah satu layanan navigasi yang cukup populer di kalangan pengguna internet beberapa waktu yang lalu. Kini, MapQuest mencoba untuk merambah pengguna mobile dengan meluncurkan aplikasi resminya untuk Android.

Beberapa fitur yang disajikan oleh aplikasi ini di antaranya adalah turn-by-turn navigation, informasi lalu lintas, perubahan rute otomatis, dan juga lokasi pom bensin dengan harga yang murah. Aplikasi MapQuest ini juga memiliki informasi rute khusus bagi Anda yang lebih suka berjalan kaki.

Polaris Navigation GPS

polaris

Polaris Navigation GPS dapat disebut sebagai aplikasi all-in-one untuk aplikasi peta dan navigasi. Aplikasi ini menyuguhkan peta dari berbagai aplikasi populer seperti Google Maps, OpenStreetMaps, MapQuest, dan Cycle Route Maps.

Anda hanya tinggal memilih peta dari layanan mana yang ingin digunakan. Selain itu Anda juga bisa memilih beberapa format koordinat, trail recording, dan turn-by-turn directions. Aplikasi ini mendapatkan rating yang cukup baik di Play Store dan bisa Anda gunakan secara gratis.

TeleNav GPS Navigator

TeleNav GPS Navigator

Beberapa orang mungkin sudah familiar dengan TeleNav GPS Navigator karena biasanya aplikasi ini sudah terdapat pada beberapa merk perangkat Android baru. Fitur-fitur yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya seperti turn-by-turn directions, informasi keadaan lalu lintas, dan perkiraan waktu tempuh.

Sygic: GPS Navigation and Maps

Sygic merupakan salah satu aplikasi GPS yang cukup populer di Android karena sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna. Aplikasi ini menggunakan peta dari TomTom dan Anda juga bisa mengunduhnya untuk keperluan navigasi offline.

Beberapa fitur yang disuguhkannya di antaranya adalah turn-by-turn, rute alternatif, dan speed limit. Terdapat juga voice guided directions yang akan membimbing Anda dengan suara dan juga menyebutkan nama jalannya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis namun terdapat beberapa in-app purchase di dalamnya.

Waze Social GPS Maps & Traffic

Waze merupakan aplikasi GPS dan navigasi yang cukup menarik karena mampu menyuguhkan informasi lalu lintas dari pengguna lain yang melewati jalan yang sama. Aplikasi ini sekarang sudah dibeli oleh Google dan kemungkinan besar akan segera diintegrasikan dengan Google Maps dalam waktu dekat.

Artikel Menarik Lainnya: