advertisements
advertisements

Dewasa ini, sudah banyak beragam aplikasi yang tersedia untuk menunjang kegiatan olahraga yang Anda lakukan. Bahkan, brand produk olahraga ternama sekaliber Nike dan Adidas juga membuat aplikasi khusus untuk berolahraga.

Nah, kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa aplikasi olahraga Android untuk membuat aktivitas olahraga yang Anda lakukan jadi lebih efisien. Anda dapat menggunakan aplikasi ini ketika lari, bersepeda, dan olahraga lainnya.

Adidas Train and Run

advertisements
advertisements

Adidas adalah merk sport wear yang sangat populer. Brand ini meluncurkan sebuah aplikasi bernama Adidas Train and Run, yakni aplikasi yang menawarkan program pelatihan gratis untuk membantu Anda mencapai berat badan ideal atau sekedar menjaga kebugaran tubuh.

Aplikasi pintar ini mengandalkan GPS untuk melacak rute, kecepatan, dan jarak yang ditempuh saat Anda berlari. Adidas Train and Run nampaknya dirancang untuk semua perangkat, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui perangkat Android Anda.

Couch to 5K by RunDouble

aplikasi olahraga android couch 5k

Aplikasi untuk berlari ini sepertinya sangat cocok digunakan oleh pemula. Couch to 5K atau yang biasa disingkat menjadi C25K adalah aplikasi yang mencakup program pelatihan untuk mencapai jarak 5 kilometer hanya dalam waktu 9 minggu saja.

Dengan kata lain, aplikasi ini bisa menjadi mentor Anda saat melakukan latihan fisik, terutama bagi Anda yang ingin mengikuti event maraton 5K. Nah, siap untuk berlari bersama Couch to 5K by RunDouble? Segera download aplikasinya melalui Android ya!

Endomondo

Ini adalah sebuah aplikasi lari populer yang saat ini sudah diunduh sebanyak 10 juta kali. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini antara lain adalah kemampuan memastikan kebugaran yang Anda peroleh dengan cara melacak kecepatan, durasi, jarak, dan perkiraan jumlah kalori yang terbakar setelah berolahraga.

Endomondo adalah aplikasi cerdas yang bisa digunakan oleh pemula maupun profesional. Selain itu, Endomondo juga terintegrasi dengan MyFitnessPal meskipun beberapa aplikasi sejenis lainnya tidak memiliki akses ini.

Google Fit

google fit

Selanjutnya, ada aplikasi olahraga besutan Google bernama Google Fit. Aplikasi ini sangat kompatibel di berbagai perangkat Android. Bahkan, Google Fit diklaim sebagai aplikasi olahraga yang paling efisien di Android Wear.

Dengan Google Fit, Anda bisa menghitung langkah, melihat grafik untuk menunjukkan tingkat kebugaran, dan mengetahui seberapa banyak kalori yang sudah terbakar. Overall, Google Fit adalah sebuah aplikasi sederhana yang bisa diandalkan oleh pemula maupun profesional. Seperti aplikasi besutan Google lainnya, Google Fit ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Get Running

advertisements

Get Running adalah aplikasi olahraga Android yang masih terbilang baru. Meskipun demikian aplikasi ini telah menuai respon positif dari para pengguna Google Play Store. Get Running menggunakan metode yang hampir sama dengan C25K.

advertisements

Fitur umpan balik melalui audio adalah salah satu andalan dari Get Running. Tak sampai di situ saja, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merencanakan rutinitas kebugaran dan mendukung share ke berbagai media sosial. Get Running adalah “tutor” olahraga yang tanpa banyak peluit maupun bel.

Map My Run

Aplikasi selanjutnya lebih fokus dalam penggunaan GPS untuk melacak dan merencanakan rute berlari Anda. Di samping itu, Map My Run memiliki fitur unik, seperti gear tracker untuk mengetahui seberapa jauh Anda berlari sehingga Anda pun bisa memperkirakan apakah sepatu yang digunakan masih layak untuk digunakan atau sudah saatnya memperbaiki sepatu tersebut.

Map My Run juga memiliki beberapa fitur kebugaran dan informasi gizi. Map My Run bisa diunduh secara gratis, tetapi apabila Anda membeli versi Pro, maka Anda bisa menggunakan fitur detak jantung, rencana pelatihan, dan tracking secara live.

Nike+ Running

nike running

Ini merupakan salah satu aplikasi olahraga yang mulai booming di tahun 2014. Pengguna iOS dan Android banyak menggunakan Nike+ Running untuk sebagai live tracking saat sedang berlari. Sejatinya, aplikasi ini bukan hanya sekedar pelacak kebugaran saja. Nike+ Running menyediakan elemen untuk membantu Anda terus termotivasi dalam berolahraga.

Aplikasi ini juga menyajikan video dan program pelatihan yang bisa menjadi pedoman Anda saat berolahraga. Interface yang ditawarkan oleh aplikasi ini menggunakan Material Design dan sangat ramah sehingga bisa digunakan oleh semua orang secara lebih mudah.

Nike+ Running juga menyediakan aspek kompetitif untuk menantang teman-teman Anda dalam mencapai goal ketika berolahraga. Agar lebih sempurna, aplikasi ini bisa Anda padukan dengan smartband Nike FuelBand ketika sedang berolahraga.

RunKeeper

runkeeper

RunKeeper adalah aplikasi olahraga yang pernah mendapat rating tertinggi di Google Play Store. Material Design yang cantik dan interface yang sangat mudah menjadi andalan dari aplikasi ini. Lantas, apa saja yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi ini? Anda dapat melacak kecepatan berjalan dan jarak yang telah ditempuh.

Ada pula fitur untuk menunjukkan jumlah kategori yang sudah terbakar. RunKeeper juga dilengkapi dengan pelatihan untuk 10K, setengah maraton, dan maraton penuh. Jadi, berlatihlah secara profesional dengan RunKeeper!

Pocket Yoga

Pocket Yoga

Dewasa ini, olahraga yoga memang sedang sangat digemari. Peminat yoga berasal dari kaum hawa maupun adam. Nah, bila Anda sudah mengambil kelas khusus yoga, maka Anda juga harus mempraktekkan gerakan yoga tersebut di rumah. Karena saat berlatih yoga di rumah tidak ada instruktur yang membimbing, maka Anda bisa mengunduh Pocket Yoga di smartphone Android Anda.

Aplikasi ini akan memberi panduan seputar gerakan yoga. Ada lebih dari 200 pose yoga dalam aplikasi ini yang juga dilengkapi dengan animasi dan petunjuk suara yang memudahkan Anda untuk melakukan gerakan tersebut. Pocket Yoga adalah sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat untuk berlatih yoga sendiri di rumah.

Runtastic

Aplikasi yang satu ini tidak kalah populer dengan RunKeeper dan aplikasi sejenis lainnya. Runtastic meraih 4,5 dari 5 rating di Google Play Store. Keunggulan dari Runtastic adalah berbagai fitur lengkap yang sama dengan aplikasi sejenis lainnya. Dukungan terhadap Android Wear juga bisa Anda peroleh dengan aplikasi pintar ini.

Runtastic dapat tersambung dengan perangkat Bluetooth dan peta GPS. Pelacakan kebugaran dan statistik untuk menunjukkan tingkat kebugaran Anda juga menjadi keunggulan dari aplikasi ini. Bagi pemula yang baru menggunakan Runtastic mungkin akan merasa bahwa aplikasi ini agak rumit, tetapi lama kelamaan Anda akan terbiasa menggunakannya.

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan rajin berolahraga, Anda pun dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Yuk, download aplikasi olahraga Android dan mulailah berolahraga agar tubuh terasa lebih bugar.

Artikel Menarik Lainnya: