advertisements

GIF atau Graphics Interchange Format merupakan salah satu format gambar digital yang memiliki animasi di dalamnya. Tidak seperti format gambar JPEG atau PNG yang hanya menyuguhkan gambar statis, Anda dapat melihat sebuah gambar bergerak dalam file GIF layaknya sebuah video.

Karena keunikannya tersebut saat ini animasi GIF sudah mulai populer di kalangan pengguna smartphone Android. Ada yang mengunggahnya ke berbagai media sosial seperti Google Plus, Twitter, Facebook, dan lainnya, serta ada juga yang menjadikannya sebagai display picture (DP) BlackBerry Messenger (BBM).

advertisements

Terdapat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat animasi GIF tersebut. Cara yang paling tradisional adalah dengan menggunakan aplikasi editing gambar di komputer seperti Photoshop dan lainnya. Sedangkan cara yang paling mudah adalah dengan aplikasi pembuat animasi GIF khusus di Android.

Nah, kali Carisinyal akan mengulas daftar aplikasi Android yang bisa Anda gunakan untuk membuat animasi GIF secara mudah dan juga cepat. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

Fixie GIF Camera

Fixie GIF Camera

Jika Anda ingin membuat sebuah animasi GIF yang mengagumkan, maka cobalah aplikasi Fixie GIF Camera. Aplikasi ini menyuguhkan fitur untuk membuat animasi pendek secara cepat. Hasil animasi tersebut juga bisa dibagikan langsung ke teman Anda melalui sosial media, email, dan lainnya.

Animasi yang Anda buat pada aplikasi ini juga bisa dilengkapi dengan border, efek warna, dan berbagai hiasan lainnya yang akan membuat animasi GIF Anda semakin menarik. Meskipun hanya berdurasi di bawah 3 detik, namun animasi yang Anda buat pastinya akan mengundang decak kagum dari orang yang melihatnya.

GifBoom: Animated GIF Camera

GifBoom Animated GIF Camera

GifBoom: Animated GIF Camera merupakan aplikasi yang cocok untuk membuat animasi GIF berkualitas tinggi. Terdapat 2 mode pembuatan animasi yang bisa Anda pilih, yakni Auto dan Manual. Kedua mode tersebut mampu menyuguhkan animasi GIF berkualitas hanya dalam hitungan menit saja.

Dalam proses pembuatannya, Anda akan disuguhkan dengan 3 pilihan sumber animasi yakni gambar statis, video, dan animasi GIF lain yang sudah jadi. Setelah itu, Anda hanya tinggal mengolahnya sesuai dengan keinginan seperti menambah teks, mengubah kecepatan, melakukan rotasi, dan masih banyak lagi.

Animation Camera Animated GIF

Animation Camera Animated GIF

Animation Camera Animated GIF merupakan aplikasi pembuat animasi GIF yang memiliki tampilan antarmuka sederhana namun tetap dibekali dengan aneka macam fitur. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk membuat animasi GIF secara mudah dan cepat untuk kemudian dibagikan melalui sosial media.

Aplikasi Animation Camera Animated GIF ini mendukung pembuatan animasi dengan pola portrait ataupun landscape. Aplikasi ini juga dapat langsung mengambil gambar dengan menggunakan kamera belakang ataupun kamera depan pada perangkat Android Anda.

StickDraw – Animation Maker

advertisements

Masih mencari cara untuk membuat animasi GIF? Cobalah untuk menggunakan StickDraw – Animation Maker. Pasalnya, ini adalah aplikasi sederhana yang memampukan Anda untuk membuat gambar animasi sendiri. Tak hanya itu saja, pengguna StickDraw berhak memilih hendak convert gambar ke dalam format MP4 atau GIF.

Tentu saja StickDraw sangat layak berada dalam jajaran aplikasi pembuat animasi GIF. Aplikasi yang sudah diinstall lebih dari 1 juta kali oleh pengguna Google Play Store. Aplikasi yang dikembangkan oleh Bingzer ini memang salah satu aplikasi yang sangat mudah untuk membuat gambar animasi dalam format GIF.

GIF Studio

Berikutnya, ada sebuah aplikasi pembuat gambar GIF yang sangat easy-to-use. Bagaimana tidak, Anda bisa menambahkan watermark atau menambahkan gambar berformat GIF lainnya di gambar JPG Anda. GIF Studio adalah aplikasi yang masih tergolong baru. Akan tetapi, karena aplikasi ini sangat mudah dipakai, maka tak heran jika GIF Studio memiliki begitu banyak peminat.

Ciptakan gambar animasi GIF dengan foto yang tersedia di gallery atau langsung rekam gambar dengan kamera smartphone Anda. Sesudah Anda selesai membuat gambar animasi GIF, bagikan hasil karya Anda tersebut melalui WeChat, Google+, dan micro-blog. Membuat gambar animasi GIF terasa lebih mudah dengan keberadaan GIF Studio!

Gif Me! Camera

Gif Me! Camera

Jika Anda familiar dengan fitur filter foto yang ada pada aplikasi Instagram, maka Anda juga bisa mengaplikasikannya pada animasi GIF dengan aplikasi Gif Me! Camera. Ya, animasi yang Anda buat dapat diberi berbagai macam filter yang akan membuatnya semakin menarik.

Selain itu aplikasi Gif Me! Camera ini juga dapat membuat animasi GIF yang cukup panjang hingga sekitar 14 detik. Waktu tersebut sangatlah cukup untuk membuat cerita animasi yang lengkap seperti layaknya video stop motion.

GIF Maker

GIF Maker

Seperti nama yang diusungnya, GIF Maker merupakan aplikasi yang dapat membuat animasi GIF dari gambar yang ada di perangkat Android Anda. Gambar tersebut dapat diolah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah animasi yang menarik untuk dilihat.

Anda dapat menambahkan berbagai macam item untuk animasi yang sedang dibuat seperti ikon, emoticon, dan lainnya. Dengan aplikasi ini Anda benar-benar dapat mengekspresikan kreativitas Anda dalam sebuah gambar GIF.

Magic GIF Camera

aplikasi pembuat animasi Magic GIF Camera

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat sebuah animasi GIF adalah Magic GIF Camera. Aplikasi ini dibuat oleh pengembang asal Tiongkok sehingga mayoritas menunya menggunakan Bahasa Cina. Untungnya, beberapa tombol sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris sehingga Anda dapat lebih mudah memahaminya.

Aplikasi Magic GIF Camera menyuguhkan berbagai macam fitur yang akan menunjang kreativitas Anda dalam membuat animasi. Anda dapat memilih ukuran gambar, mengatur jumlah gambar yang ingin dijadikan animasi, merubah kecepatan animasi, menambahkan beberapa efek, dan sebagainya.

GIF Camera

GIF Camera

Membuat gambar GIF dengan aplikasi GIF Camera sangatlah mudah. Pertama-tama Anda harus mengambil 10 hingga 60 foto, kemudian pilih foto-foto terbaik dan gabungkan semuanya. Selanjutnya aturlah kecepatan animasinya mulai dari 1 fps hingga 20 fps, dan terakhir simpan dalam format GIF.

Tidak seperti aplikasi yang lainnya, aplikasi GIF Camera ini tidak menyuguhkan fitur editing. Akan tetapi terdapat fitur reverse animation yang akan membuat gerakan animasi pada gambar GIF tersebut menjadi terbalik. Selain memotret foto secara langsung, Anda juga dapat mengambil gambar yang sudah tersimpan di perangkat Android Anda.

Cinegram

cinegram

Aplikasi yang terakhir dan juga cukup populer adalah Cinegram. Aplikasi ini pada awalnya hanya dirilis untuk perangkat iOS saja, namun kini sudah tersedia juga untuk Android. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simpel sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Untuk membuat animasi Anda hanya tinggal merekam sebuah video pendek lalu aplikasi ini akan langsung mengubahnya menjadi gambar GIF. Anda juga dapat menambahkan beberapa efek di dalamnya seperti teks, filter, dan lainnya.

Setelah selesai Anda dapat menyimpannya ataupun langsung membagikannya ke teman-teman Anda melalui sosial media. Cinegram juga memiliki sosial media sendiri untuk memposting animasi GIF sehingga banyak yang menyebutnya sebagai aplikasi Instagram untuk animasi.

Nah itulah kumpulan 10 aplikasi pembuat animasi GIF terbaik yang bisa Anda coba di perangkat Android. Animasi GIF yang sudah Anda buat tersebut nantinya dapat digunakan untuk avatar Twitter, display picture BBM, dan lainnya.

Jika Anda menginginkan kumpulan DP BBM bergerak yang sudah jadi, maka Anda dapat men-download-nya secara langsung di link ini. Apabila Anda ingin membuat animasi serupa namun dalam bentuk stop motion, maka Anda bisa memilih berbagai aplikasi untuk membuatnya di artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: