advertisements

Terkadang kita memiliki sebuah lagu yang enak didengar di bagian tertentu saja sehingga kita ingin memotongnya dan menjadikannya sebuah ringtone. Mungkin juga potongan lagu tersebut ingin kita gabungkan dengan potongan lagu yang lain sehingga terdengar lebih menarik. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, aplikasi pemotong lagu atau audio editor dapat menjadi solusinya.

Saat ini banyak software pemotong lagu yang dapat Anda gunakan di PC ataupun Android. Namun kali ini Carisinyal hanya akan mengulas daftar 10 aplikasi terbaik saja untuk kedua platform tersebut. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

Software Pemotong Lagu di PC

advertisements

Saat ini cukup banya software yang bisa digunakan untuk memotong sebuah lagu di PC, mulai dari software premium seharga jutaan hingga yang bisa didapatkan secara gratis. Nah, berikut ini adalah daftar software yang bisa Anda unduh secara gratis:

  • Wavosaur

Wavosaur merupakan aplikasi yang sangat ringan karena hanya memiliki ukuran sebesar 269 KB. Tidak ada iklan di dalamnya dan Anda juga dapat langsung menggunakannya tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu karena aplikasi ini bersifat portable.

wavosaur

Meskipun kecil dan ringan, namun fitur yang dimilikinya tidak bisa dianggap remeh. Wavosaur dapat membuka berbagai macam format audio populer. Aplikasi ini juga tentunya dapat memotong, menyalin, dan menggabungkan audio di manapun Anda inginkan.

Beberapa efek juga sudah disediakan oleh aplikasi ini seperti fade in and out, normalize, remove vocals, tweak volume, auto trim, silence remover, dan lainnya. Selain itu, Wavosaur juga sudah mendukung ASIO and VST effect plugin.

  • Waveshop

aplikasi pemotong lagu

Beberapa lagu biasnaya akan mengalami penurunan kualitas ketika dipotong oleh sebuah program audio editor. Namun Anda tidak usah khawatir mengalami hal tersebut jika menggunakan program Waveshop. Pasalnya, program ini hanya akan memotong dan menggabungkan saja tanpa mengurangi kualitas audionya.

Waveshop juga mendukung berbagai macam format audi0 dan memiliki berbagai macam tools untuk mengedit sebuah lagu. Beberapa efek dasar juga terdapat dalam program ini seperti amplify, fade in and out, adjust sample rate and size, dan lainnya.

  • Audacity

audacity

Audacity merupakan aplikasi audio editing yang sudah cukup senior, dikembangkan sejak 1999, sehingga kini sudah memiliki banyak fitur mumpuni. Selain untuk memotong lagu dan keperluan editing standar lainnya, aplikasi ini dapat merekam audio secara live atau streaming.

Audacity dapat Anda gunakan untuk merubah sample pitch, menyesuaikan frekuensi dan volume, menghapus background noises, dan lainnya. Bagi para master audio editing, aplikasi ini juga sudah mendukung LADSPA, Nyquist, VST, dan Audio Unit plug-in.

  • Acoustica Basic Edition
advertisements

Acoustica Basic Edition merupakan software pemotong lagu gratis yang dibekali dengan banyak fitur. Beberapa di antaranya adalah memotong, menyalin, serta menggabungkan lagu secara sekaligus. Tidak ada proses re-encoding dan tidak ada penurunan kualitas audio yang akan terjadi.

Program ini juga memiliki fitur volume control yang cukup lengkap meliputi normalize, adjust, multiple fades, serta freehand volume curve. Selain itu, Acoustica Basic Edition juga dapat merekam audio dan mendukung VST dan DirectX plug-in.

  • mp3DirectCut

Dari nama yang diusungnya, tampak jelas bahwa aplikasi ini memiliki spesialisasi dalam memotong lagu. Meskipun hanya memiliki ukuran sebesar 122 KB, namun mp3DirectCut mampu memotong lagu tanpa mengurangi kualitasnya sedikit pun.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini di antaranya adalah auto crop, pause detection tools, dan ID3v1.1 tag editor. Karena ukurannya yang kecil tersebut, aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang hanya ingin memotong lagu secara cepat tanpa mementingkan fitur lainnya.

Aplikasi Pemotong Lagu Untuk Android

Jika Anda mengunduh lagu di perangkat Android dan tidak ingin repot-repot memindahkannya ke PC untuk mengeditnya, maka Anda juga bisa langsung memotongnya di Android. Nah berikut adalah daftar aplikasi untuk memotong lagu di Android:

  • WavePad Free Audio Editor

WavePad Free Audio Editor

WavePad Free Audio Editor merupakan aplikasi yang dapat membuat ringtone atau nada notifikasi dari MP3 dengan mudah. Dengan aplikasi ini Anda dapat memotong hingga menggabungkan beberapa file musik sekaligus.

Beberapa special effects juga disediakan oleh aplikasi ini seperti noise cancellation, amplifying audio, editing echo, dan normalizing acoustics. Untuk format file yang didukungnya, WavePad Free Audio Editor mendukung sebagian besar jenis file populer mulai dari wave hingga AIFF.

  • Beat Maker Audio Editor

Beat Maker Audio Editor

Aplikasi untuk Android yang pertama adalah Beat Maker Audio editor. Aplikasi ini hadir dengan tampilan yang sangat sederhana tanpa adanya tombol atapun fitur yang membingungkan. Berbagai proses editing dasar dapat Anda lakukan dengan mudah di aplikasi ini.

Beat Maker Audio Editor sangat cocok bagi Anda yang hanya menginginkan aplikasi yang bisa memotong lagu untuk dijadikan ringtone. Namun aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk merubah beat, mengatur tempo, hingga merekam audio baru.

  • MP3 Cutter and Ringtone Maker

MP3 Cutter and Ringtone Maker

MP3 Cutter and Ringtone Maker merupakan aplikasi pemotong lagu yang paling populer di Android saat ini. aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna Android di seluruh dunia sejak diluncurkan beberapa tahun yang lalu.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengedit berbagai macam file berformat MP3 untuk dijadikan nada dering ataupun alarm. Tampilan yang dimilikinya juga cukup sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja.

  • ZeoRing

Zeoring

Sama halnya seperti berbagai macam aplikasi di atas, Zeoring juga menyediakan fitur untuk memotong serta menggabungkan lagu di perangkat Android. Anda juga dapat merekam lagu buatan sendiri untuk kemudian dijadikan ringtone atau alarm.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah ukurannya yang sangat kecil. Ya, Zeoring hanya memiliki ukuran 1 MB sehingga dapat digunakan di perangkat jadul sekalipun. Selain itu, aplikasi ini juga dapat berjalan pada Android 2.1 Éclair ke atas.

  • Android Audio Editor

Jika Anda menginginkan aplikasi yang tidak hanya sekedar untuk mengedit dan membuat ringtone MP3, maka aplikasi Android Audio Editor ini dapat menjadi pilihannya. Secara mendasar, aplikasi ini tetap menyediakan tools editing umum seperti untuk memotong dan menggabungkan lagu.

Akan tetapi, aplikasi pemotong lagu ini juga memiliki fitur lainnya yang cukup canggih. Salah satu di antaranya adalah fitur converter untuk merubah lagu ke berbagai format. Terdapat juga fitur tool extractor yang dapat mengeksstrak MP3 dari file video yang Anda unduh.

Nah itulah berbagai aplikasi pemotong lagu yang bisa Anda gunakan di perangkat PC ataupun perangkat Android. Jika Anda memiliki rekomendasi aplikasi yang lainnya, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: