advertisements

Dewasa ini, penyimpanan awan atau yang lebih dikenal dengan nama cloud storage adalah aplikasi yang wajib ada di smartphone Android. Pasalnya, Anda tak mungkin membawa hard-drive ke mana saja, bukan? Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa menyimpan file dengan ukuran yang besar dan bisa diakses di berbagai perangkat secara praktis.

Sayangnya, tidak semua orang mengerti bahwa fungsi dari penyimpanan awan ini sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi Anda yang kerap kali mengirim dan menyimpan file dalam jumlah besar di smartphone atau PC. Carisinyal ingin mengajak Anda untuk mengenal beberapa aplikasi penyimpanan awan terbaik sekaligus memperkenalkan fungsi dari aplikasi tersebut.

Amazon Cloud Drive

advertisements

Apabila sebelumnya Anda sudah pernah menggunakan Amazon Prime, maka Amazon Cloud Drive akan menjadi aplikasi penyimpanan awan yang paling terbaik untuk Anda. Dengan Amazon Prime, Anda sudah mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5GB untuk menyimpan foto, video, dan file lainnya.

Cukup dengan membayar biaya sebesar USD 60 per tahun, Anda sudah bisa menikmati kapasitas penyimpanan yang tak terbatas. Ketika Anda mengunggah file ke Amazon Cloud Drive, maka Anda bisa mengakses konten tersebut melalui smartphone atau tablet yang sudah memiliki aplikasi Amazon Cloud Drive dan terhubung dengan akun Anda.

BitTorrent Sync

BitTorrent Sync Aplikasi Penyimpanan Awan

BitTorrent Sync adalah solusi bagi Anda yang ingin memiliki cloud storage sendiri dan bisa diakses dari berbagai platform. Aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk menggunakan dekstop, laptop, NAS, tablet atau server yang Anda bangun sendiri untuk sinkronisasi ponsel Anda.

Cara mengoperasikan BitTorrent Sync hampir sama dengan memakai Google Drive atau Dropbox. Keunggulan dari BitTorrent Sync juga terletak pada sistem keamanannya. Sementara itu, kekurangan dari aplikasi ini adalah Anda harus melakukan sinkronisasi secara manual. BitTorrent Sync bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Play Store.

Box

Box

Walaupun tergolong baru dalam dunia penyimpanan awan, Box berhasil membuktikan kualitasnya. Bahkan, aplikasi Box sudah diinstall sebanyak 50 juta kali oleh pengguna Android. Setelah mendaftar akun Box, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 10GB. Namun, jika Anda merasa bahwa kapasitas tersebut kurang, upgrade dengan membayar biaya USD 10 per bulan untuk mendapatkan kapasitas 100GB atau USD 15 per bulan untuk mendapatkan paket bisnis yang menawarkan lebih banyak fitur.

Berbagi file berukuran besar melalui Box lebih mudah karena Anda hanya memerlukan link, tidak perlu lampiran. Box bisa menampung berbagai macam file, mulai dari PDF, Microsoft Office, foto, video, musik, dan lainnya.

Cubby

Cubby

Hadir dengan interface yang terbilang sedikit jadul, tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa Cubby bisa menjadi aplikasi penyimpanan awan yang terbaik. Cloud storage yang satu ini ditujukan bagi setiap orang yang membutuhkan penyimpanan awan dalam jumlah kecil maupun besar.

Pengguna bisa memanfaatkan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB secara gratis. Akan tetapi, pengguna juga dapat meng-upgrade hingga kapasitas 100GB – 2.5TB dengan membayar sejumlah biaya berkisar USD 3,99 – 99,75 per bulan. Perusahaan juga bisa memanfaatkan Cubby untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan awan sebesar 1TB untuk 5 orang pengguna.

Dropbox

advertisements

Yang satu ini adalah aplikasi cloud storage yang paling terkenal sedunia. Tak perlu heran jika Dropbox sudah diinstall hampir sebanyak 1 milyar kali oleh pengguna Android di dunia. Ini adalah tempat menyimpan dokumen, foto, video, dan file lainnya. Untuk pengguna Dropbox, Anda dapat memanfaatkan kapasitas penyimpanan hingga 2GB.

Jika ingin memperoleh kapasitas penyimpanan hingga 1TB Anda dapat meng-upgrade dengan membayar USD 9,99 per bulan. Perusahaan juga bisa mendaftarkan stafnya untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan tak terbatas dengan membayar USD 15 per bulan untuk setiap orang. Melalui Dropbox, Anda juga bisa mengedit file Microsoft Office langsung dari ponsel atau tablet Anda.

Google Drive

Siapa yang tak kenal dengan Google Drive? Bahkan, aplikasi ini sudah ada di smartphone Android Anda meskipun Anda belum menginstallnya. Google Drive memang merupakan aplikasi cloud storage bawaan dari Android. Maklum saja, aplikasi yang sudah terpasang sebanyak 5 milyar kali di perangkat Android ini adalah milik Google. Semua pengguna Google Drive berhak mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15GB.

Untuk upgrade ke 100GB pun biayanya cukup murah, yakni hanya USD 1,99 per bulan dan untuk 1TB hanya USD 9,99 per bulan. Google Drive bisa diakses di berbagai smartphone, tablet, bahkan dari browser di PC atau laptop. Kehadiran aplikasi penyimpanan awan yang satu ini memang benar-benar sangat membantu.

Mediafire

Mediafire

Memulai sebagai media sharing berbagai macam file, kini Mediafire berkembang sebagai aplikasi penyimpanan awan yang terbilang cukup baik. Di dalam Mediafire, pengguna bebas mengunggah berbagai jenis file yang diinginkan.

Setiap pengguna akan memperoleh kapasitas penyimpanan awan gratis sebesar 12GB. Untuk upgrade ke kapasitas 1TB pengguna hanya perlu membayar USD 4,99 per bulan. Walaupun memiliki tampilan yang terlihat oldschool, tetapi Mediafire masih bisa dianggap sebagai aplikasi cloud storage yang dapat berfungsi dengan baik.

Mega

Mega

Jika kebanyakan aplikasi cloud storage hanya memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5-10GB saja, Mega berani memberi Anda kapasitas penyimpanan awan yang lebih besar. Setelah membuat akun di Mega, Anda dapat memanfaatkan kapasitas penyimpanan gratis hingga 50GB.

Tak hanya itu saja, jika Anda membutuhkan kapasitas yang besar Anda dapat meng-upgrade kapasitas Mega mulai dari 200GB – 4TB. Selain bisa diakses melalui smartphone, Mega juga bisa dibuka melalui browser. Aplikasi yang tersedia di Google Play Store ini ternyata sudah diinstall sebanyak 50 juta kali.

Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive

Mengapa Microsoft OneDrive menjadi aplikasi penyimpanan awan yang paling favorit? Pasalnya, Microsoft OneDrive mampu terintegrasi langsung ke semua perangkat yang berbasis Windows. Sebagai permulaan, Anda akan mendapatkan kapasitas gratis di cloud storage ini sebanyak 5GB.

Sama seperti penggunaan aplikasi sejenis lainnya, Anda dapat meng-upgrade kapasitas tersebut dengan membayar sejumlah biaya tertentu. Microsoft OneDrive adalah satu dari sekian banyak aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan file sementara.

Yandex Disk

Yandex Disk

Nama dari aplikasi cloud storage ini memang belum terlalu dikenal. Namun, Yandex Disk berpotensi menjadi media penyimpanan awan yang terkenal karena menawarkan biaya yang murah untuk upgrade kapasitas penyimpanan.

Pada awal mendaftar akun, Anda akan memperoleh kapasitas gratis sebesar 10GB. Kemudian, hanya dengan membayar USD 1 per bulan, Anda akan mendapatkan 10GB tambahan kapasitas lagi. Yandex Disk juga bisa dibuka melalui beberapa perangkat berbeda. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Belum punya aplikasi penyimpanan awan di smartphone atau tablet Anda? Tunggu apalagi, segera install salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan di atas agar Anda tidak perlu membawa hard-drive ke mana pun Anda pergi.

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan Sumber Gambar: