advertisements

Beberapa dari Anda mungkin mengklaim bahwa tidak membutuhkan aplikasi perekam suara tambahan. Pasalnya, smartphone Anda pasti sudah dibekali dengan built-in voice recorder. Namun, beberapa permasalahan dapat membuat Anda membutuhkan aplikasi perekam suara tambahan.

Tak ada salahnya jika Anda menginstall aplikasi perekam suara di smartphone Anda, karena umumnya aplikasi perekam suara yang bagus akan menyediakan fitur yang lebih lengkap dari built-in voice recorder dari smartphone Anda. Sebagai panduan untuk memilih aplikasi rekam suara terbaik untuk smartphone Anda, berikut adalah daftar aplikasi voice recorder rekomendasi dari Carisinyal.

Audio Recorder

advertisements

Bukan tanpa alasan Carisinyal merekomendasikan Audio Recorder pada urutan yang pertama. Aplikasi rekam suara sederhana ini dahulu dirancang hanya untuk ponsel besutan Sony saja. Interface yang sangat friendly dan sederhana membuat banyak orang tertarik untuk menginstall Audio Recorder di smartphone mereka.

Selain itu, ada yang mengklaim bahwa aplikasi gratis ini cocok untuk Soundcloud karena sudah dibekali dengan dukungan fitur untuk mengoptimalkan mikrofon dan mesin tambahan untuk meningkatkan kualitas audio. Alasan itulah yang membuat Carisinyal meletakkan Audio Recorder di urutan pertama daftar ini.

Easy Voice Recorder

Easy Voice Recorder aplikasi rekam suara

Sesuai dengan namanya, Easy Voice Recorder akan menjadi aplikasi yang paling mudah bagi mereka yang tidak pernah menggunakan aplikasi perekam suara sebelumnya. Cukup buka aplikasi ini, rekam, bagikan ke media sosial atau email, dan tutup. Easy Voice Recorder memungkinkan Anda untuk merekam suara dalam format AAC atau PCM, dukungan widget, dan masih banyak lagi.

Easy Voice Recorder bisa Anda download secara gratis di Google Play Store. Namun, versi berbayar dari aplikasi ini menyediakan lebih banyak fitur tambahan, seperti rekaman stereo, dukungan mikrofon Bluetooth, software untuk menyesuaikan kualitas audio, dan dukungan status bar.

Evernote

Evernote

Percayalah bahwa Evernote lebih dari sekedar aplikasi pencatat teks biasa. Karena aplikasi ini memiliki kapasitas untuk merekam audio. Mungkin fitur yang tersedia dalam Evernote tidak lebih unggul dari aplikasi sejenis lainnya. Akan tetapi, aplikasi ini bisa menyimpan hasil rekaman suara Anda sehingga bisa diakses dari perangkat lainnya yang juga memiliki Evernote di dalamnya.

Evernote adalah aplikasi yang cepat, sederhana, dan sempurna untuk Anda yang membutuhkan aplikasi lebih dari sekedar perekam suara biasa. Evernote bisa diinstall secara gratis di smartphone Android Anda.

RecForge II

RecForge II

Berencana merekam suara untuk Soundcloud? Mungkin Anda memerlukan aplikasi rekam suara yang satu ini. Ada RecForge II, yang merupakan aplikasi voice recorder dengan kemampuan dan fitur yang lebih mendalam. Nampaknya RecForge II memang dirancang khusus untuk kebutuhan merekam audio yang lebih serius, seperti untuk proses rekaman musik.

Interface yang terdapat di dalam aplikasi ini tampak berwarna-warni dan disertai dengan kemampuan untuk menjadwalkan rekaman. Uniknya, aplikasi ini juga dibekali dengan setengah lusin codec audio. RecForge II bisa diunduh secara gratis di Android, tetapi jika Anda ingin RecForge II yang lebih kaya fitur maka Anda harus membeli aplikasi tersebut dengan harga USD $4,10.

Tape-a-Talk Voice Recorder

advertisements

Tape-a-Talk Voice Recorder adalah aplikasi perekam suara yang juga kami rekomendasikan untuk Anda. Ini adalah aplikasi solid dengan sejumlah fitur yang sangat worth. Melalui aplikasi ini Anda bisa merekam audio, membagikan hasil rekaman, dan mengelola rekaman tersebut.

Beberapa fitur yang tersedia dalam Tape-a-Talk Voice Recorder antara lain adalah mengedit file WAV, merekam dengan kualitas tinggi atau rendah, dukungan widget, dan fitur kontrol yang sebanding dengan alat rekaman pada umumnya. Walaupun Tape-a-Talk Voice Recorder bukanlah satu-satunya aplikasi rekam audio yang terbaik, tetapi aplikasi ini cukup worth untuk diinstall di Android Anda.

Smart Voice Recorder

Selanjutnya ada sebuah aplikasi perekam suara yang tergolong old-school dan sederhana, yaitu Smart Voice Recorder. Fitur dari aplikasi ini tentunya lebih unggul dari built-in voice recorder di smartphone Anda.

Pengembang aplikasi ini berusaha memperbarui fitur yang terdapat di dalam Smart Voice Recorder, seperti alat kalibrasi otomatis dan manual, background off saat merekam, dukungan WAV, dan masih banyak lagi.

Interface yang terbilang ketinggalan zaman mungkin adalah satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini. Namun, bukankah Anda lebih mengutamakan kualitas dari aplikasi ini dibandingkan tampilannya? Smart Voice Recorder tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh secara gratis.

Titanium Recorder

Titanium Recorder

Ingin aplikasi perekam suara yang canggih dan bebas iklan? Saatnya Anda mempertimbangkan untuk menginstall Titanium Recorder. Anda dapat merekam dalam codec audio jika diperlukan. Bahkan, Titanium Recorder dilengkapi dengan kemampuan merekam suara berkualitas HD di konfigurasi 16-bit atau 8-bit.

Interface yang mudah dan fitur rekaman standar yang melengkapi Titanium Recorder membuat aplikasi ini banyak diinstall oleh pengguna Android yang membutuhkan aplikasi rekam suara yang lebih baik dari built-in voice recorder biasa. Titanium Recorder bisa Anda peroleh secara cuma-cuma melalui Google Play Store.

Voice Recorder by Mamoru Tokashiki

Voice Recorder by Mamoru Tokashiki

Berikutnya, ada sebuah aplikasi sederhana bagi Anda yang membutuhkan alat perekam suara yang cepat dan mudah. Voice Recorder by Mamoru Tokashiki pernah dikemas sebagai aplikasi bloatware di perangkat Android lawas sehingga mungkin banyak yang sudah tidak asing dengannya.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa merekam suara, berbagi hasil rekaman, dan mendengarkan kembali hasil rekaman tersebut jika memang diperlukan. Voice Recorder by Mamoru Tokashiki juga diperkaya dengan dukungan widget. Hingga saat ini, Voice Recorder sudah diunduh sebanyak kurang lebih 10 juta kali dan memperoleh rating di Google Play Store sebesar 4,0.

Voice Recorder by Splend Apps

Voice Recorder by Splend Apps

Satu lagi aplikasi sejenis yang tidak hanya menawarkan kemampuan standar untuk merekam suara. Voice Recorder by Splend Apps dilengkapi dengan banyak fitur yang mumpuni. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah merekam dalam tiga codec audio, sample rate yang disesuaikan dan bitrate, spektrum analyzer, dan dukungan widget.

Aplikasi ini mungkin nampak sedikit rumit bagi mereka yang hanya membutuhkan aplikasi perekam suara yang sederhana. Untuk memperoleh Voice Recorder by Splends Apps, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Voice Recorder by Green Apple Studio

Sudah ada dua aplikasi bernama sama yang kami bahas sebelumnya di daftar ini. Namun, tetap saja setiap aplikasi memiliki keunggulannya masing-masing. Kali ini kita akan membahas aplikasi yang dibuat oleh Green Apple Studio.

Voice Recorder by Green Apple Studio ini dapat merekam audio dengan kualitas HD. Di samping itu, interface yang sederhana juga membuat aplikasi ini lebih mudah digunakan. Voice Recorder by Green Apple Studio dilengkapi dengan spektrum analyzer, alat kalibrasi mikrofon, dan masih banyak lagi.

Jadi, semua aplikasi rekam suara yang kami review di atas tentu lebih unggul dari aplikasi perekam audio bawaan di smartphone Anda. Berminat untuk menginstall salah satu aplikasi yang ada di atas? Atau Anda memiliki rekomendasi aplikasi perekam suara yang lainnya?

Artikel Menarik Lainnya: