advertisements

Pengguna Android pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya root. Rooting merupakan salah satu proses untuk membuka akses ke sistem Android sehingga kita bisa leluasa dalam memodifikasinya. Setiap orang memiliki tujuan berbeda ketika melakukan root, ada yang ingin meningkatkan performanya, merubah tampilan, menghapus aplikasi bawaan, dan lainnya.

Selain untuk berbagai kebutuhan tersebut, kita juga bisa menginstal aplikasi khusus untuk perangkat Android yang sudah diroot. Berbagai aplikasi root Android terbaik ini menyuguhkan berbagai macam fungsionalitas yang akan membuat perangkat Anda semakin canggih lagi. Apa sajakah aplikasinya?

Full!Screen

advertisements

Jika Anda memiliki perangkat Android yang menggunakan soft key di layar, maka aplikasi Full!Screen dirasa akan sangat membantu. Full!Screen merupakan aplikasi yang yang akan menyembunyikan soft key sehingga tampilan layar menjadi lebih luas. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyembunyikan notification bar dari layar Anda.

Jika semuanya tersembunyi, maka resolusi layar akan semakin luas dan tidak diambil jatahnya oleh soft key. Anda kini dapat bermain game dengan layar yang lebih lebar tanpa terganggu oleh soft key. Silahkan download aplikasinya di sini.

GooManager

GooManager

Yang selanjutnya adalah aplikasi resmi dari goo.im bernama GooManager. Aplikasi ini memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya adalah untuk mencari dan menginstal file dari goo.im. Tampilan antarmuka yang dimilikinya sangatlah sederhana sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan file yang dibutuhkan.

Aplikasi GooManager ini juga dapat digunakan untuk mengunduh custom ROM dan Google Apps yang cocok untuk perangkat Anda. Menariknya, dengan aplikasi ini Anda juga dapat melakukan reboot langsung ke Recovery ataupun melakukan flashing ROM tanpa menggunakan recovery.

Tasker

aplikasi root android terbaik tasker

Aplikasi root Android terbaik yang selanjutnya adalah Tasker. Aplikasi Tasker ini akan banyak membantu Anda dalam aktivitas sehari-hari. Pasalnya, hampir semua hal dapat dilakukan oleh aplikasi yang satu ini.

Dengan aplikasi ini Anda dapat menjalankan berbagai program di Android secara otomatis. Sebagai contoh, Anda dapat mengatur Tasker agar secara otomatis memutar musik ketika Anda menghubungkan headphone. Sangat menarik bukan?

ROM Manager

rom manager

ROM Manager merupakan salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh para pemilik perangkat Android yang sudah diroot. Terdapat banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, di antaranya adalah fitur untuk menginstal ClockworkMod Recovery secara mudah.

Selain menginstal CWM Recovery, fitur lainnya yang dimiliki oleh ROM Manager di antaranya adalah pencarian ROM yang sesuai untuk perangkat Anda, menginstal ClockworkMod Touch Recovery, memebuat Nandroid backup, dan lainnya. Berbagai fitur tersebut ada yang tersedia secara gratis dan ada juga yang berbayar.

Superuser

advertisements

Superuser merupakan aplikasi yang dibuat oleh Koushik Dutta yang juga merupakan pembuat ROM Manager. Aplikasi Superuser ini tampaknya sudah pasti ada jika Anda sudah melakukan root. Pasalnya aplikasi berfungsi sebagai pemberi izin bagi aplikasi lain yang ingin mengakses root.

Sebagai contoh, ketika Anda menjalankan salah satu aplikasi di atas untuk pertama kalinya, maka di layar Anda akan muncul permintaan izin untuk mengakses root dari Superuser. Di sana Anda dapat memberi izin atau menolak izin akses root kepada aplikasi tersebut. Anda juga dapat mencabut izin tersebut kapanpun Anda inginkan.

Juice Defender Ultimate

Jika Anda pengguna Android yang sering memiliki masalah baterai yang boros, maka aplikasi Juice Defender Ultimate dapat menjadi jawabannya. Juice Defender Ultimate merupakan aplikasi yang akan menghemat penggunaan daya baterai dari perangkat Android.

Aplikasi ini menjalankan tugasnya dengan cara mengatur konektivitas Android. Biasanya ketika layar Android mati, maka koneksi internet juga akan langsung dimatikan. Seperti kita ketahui, koneksi internet merupakan salah satu penyebab utama dari borosnya baterai Android.

Selain mengatur koneksi, Anda juga dapat mengatur setingan CPU agar tidak terlalu banyak memakan daya baterai. Jika semua pengaturan tersebut dikombinasikan dengan baik, maka Anda dapat menghemat daya baterai hingga berjam-jam lamanya.

ROM Toolbox Pro

rom toolbox pro

ROM Toolbox Pro merupakan aplikasi yang cukup mirip dengan ROM Manager, namun dengan fitur yang lebih lengkap. Aplikasi ini dapat disebut sebagai Swiss Knife-nya para pengguna perangkat Android yang sudah diroot.

Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan berbagai macam hal seperti mengunduh ROM, menginstal recovery, mengatur aplikasi, dan lainnya. Bahkan, aplikasi ini juga sudah menyediakan aplikasi file explorer sendiri seperti layaknya aplikasi Root Explorer. Bagi Anda yang sudah mahir memodifikasi sistem Android, maka fitur semacam kernel tweaks juga sudah tersedia di dalamnya.

Greenify

Greenify

Aplikasi yang selanjutnya ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan pengguna Android. Seperti kita ketahui, banyak aplikasi Android yang berjalan sendiri di latar belakang tanpa kita sadari. Aplikai tersebut dapat menghabiskan daya baterai, menghidupkan perangkat, dan menimbulkan berbagai masalah lainnya. Nah, aplikasi Greenify ini akan memperbaiki berbagai problem tersebut.

Cara kerja aplikasi ini cukup simpel, pertama-tama ia akan menganalisis aplikasi yang sedang berjalan dan berapa lama aplikasi tersebut berjalan. Selanjutnya Greenify akan memberikan rekomendasi aplikasi apa saja yang layak untuk dimatikan. Dengan mematikan berbagai aplikasi tersebut, maka Anda dapat menghemat baterai sekaligus meningkatkan performa Android.

Root Explorer

root explorer

Memiliki perangkat Android yang sudah diroot rasanya tidak akan lengkap tanpa kehadiran aplikasi Root Explorer. Ya, Root Explorer merupakan aplikasi file manager yang dapat mengakses sekaligus memodifikasi berbagai macam file di dalam sistem Android.

Maka dari itu, aplikasi ini menjadi sangat vital bagi Anda yang suka oprek-oprek sistem Android. Pasalnya, hampir semua aktivitas modifikasi pasti memerlukan akses ke file-file tertentu. Tampilannya dari Root Explorer sendiri sangat sederhana karena lebih berorientasi kepada fungsi dibandingkan penampilan.

Titanium Backup

Titanium Backup

Rasanya tidak ada yang bisa membantah jika Titanium Backup merupakan aplikasi yang harus ada di setiap perangkat Android yang sudah diroot. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk melakukan backup. Namun, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur lainnya yang berkaitan dengan manajemen aplikasi.

Titanium Backup dapat membekukan aplikasi, mencegahnya untuk berjalan, memindahkan aplikasi, dan lainnya. Selain itu, Titanium Backup juga dapat memindahkan atau menghapus aplikasi bawaan yang dianggap tidak berguna dan hanya menghabiskan kapasitas memori saja.

Seperti disinggung di atas, fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk melakukan backup dan restore. Aplikasi ini dapat mem-backup aplikasi beserta datanya sekaligus. Untuk mengetahui langkah-langkah melakukan backup menggunakan Titanium Backup, silahkan simak tutorialnya di sini.

Nah itulah berbagai macam aplikasi root Android terbaik yang wajib Anda miliki jika perangkat Android Anda sudah diroot. Dengan berbagai aplikasi tersebut, perangkat Anda akan semakin produktif dan juga handal dari segi performa. Kira-kira aplikasi manakah yang paling Anda sukai dari daftar di atas?

Artikel Menarik Lainnya: