advertisements
advertisements

Kehadiran lampu LED flash di perangkat Android tidak hanya berfungsi sebagai pembantu kamera ketika mengambil foto di tempat yang minim cahaya. Saat ini, lampu flash tersebut juga banyak difungsikan sebagai sebuah lampu senter untuk menerangi di kegelapan.

Karena fungsi itulah akhirnya Google membuat fitur flashlight khusus di sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Namun aplikasi lampu senter yang disuguhkan Google tersebut masih sangat sederhana dan hanya memiliki fitur yang terbatas.

advertisements
advertisements

Maka dari itu jika Anda menginginkan aplikasi lampu senter dengan fitur yang lebih lengkap, kali ini Carisinyal akan mengulas 7 aplikasi senter terbaik untuk Android yang ada saat ini. Berbagai aplikasi ini juga sangat cocok bagi perangkat yang belum berjalan pada sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Smart Flashlight

Smart Flashlight merupakan salah satu aplikasi yang menjadi bagian dari keluarga Smart Tools. Seperti kita ketahui, berbagai aplikasi Smart Tools sangatlah populer di Android karena berbagai macam fiturnya yang dapat memudahkan pekerjaan kita sehari-hari.

Smart Flashlight

Smart Flashlight sendiri akan menggunakan lampu LED flash dari kamera untuk dijadikan sebagai senter. Jika tidak memiliki lampu flash, maka aplikasi ini akan menggunakan layar perangkat Anda sebagai lampu senternya.

Aplikasi Smart Flashlight ini juga memiliki widget khusus yang dapat Anda taruh di homescreen. Dengan begitu Anda hanya tinggal membuka homescreen untuk mengaksesnya secara langsung. Silahkan download aplikasi ini di Google Play Store.

Fun Torch

aplikasi senter Fun Torch

Jika Anda mengingnkan aplikasi lampu senter yang unik dan berbeda dari yang lain, silahkan coba Fun Torch. Pada aplikasi ini Anda dapat mengganti warna ataupun intensitas cahaya dari senter tersebut hanya dengan sekali sapuan saja. Bahkan, aplikasi ini juga dapat membuat beberapa bentuk sorotan yang berbeda-beda.

Sebagai contoh Anda dapat membuat lampu senter dengan bentuk bohlam, neon, obor, lampion, dan berbagai jenis sumber cahaya yang unik lainnya. Aplikasi Fun Torch ini dapat Anda unduh secara gratis melalui Play Store di sini.

Torch – Tiny Flashlight

Torch - Tiny Flashlight

Torch – Tiny Flashlight merupakan aplikasi senter yang cukup banyak digunakan saat ini berkat ukurannya yang kecil dan penggunaannya yang cukup mudah. Saat ini Aplikasi Torch – Tiny Flashlight sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Android.

Ketika membuka aplikasi ini, Anda akan disuguhkan dengan sebuah tombol power, indikator baterai, serta sebuah peringatan yang mengatakan bahwa penggunaan lampu senter akan mengurangi kapasitas baterai. Tidak ada halaman lain lagi dan Anda hanya tinggal menekan tombol power untuk menghidupkan dan mematikan senter.

Flashlight by Mobile Apps Inc.

advertisements

Ada beberapa aplikasi yang juga bernama “Flashlight” ketika Anda membuka Google Play Store dengan keyword “aplikasi senter” atau “flashlight”. Namun, Carisinyal merekomendasikan Flashlight yang dikembangkan oleh Mobile Apps Inc.

advertisements

Aplikasi ini menawarkan interface yang layak, sederhana, dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sinyal SOS jika Anda membutuhkannya. Tak hanya itu saja, Flashlight by Mobile Apps Inc. ini juga diperkaya dengan kompas bila Anda ingin menggunakan senter dan kompas secara bersamaan. Aplikasi pintar ini bisa didownload secara gratis di Google Play Store.

Brightest Flashlight Free

Salah satu aplikasi senter terbaik Android adalah Brightest Flashlight Free. Aplikasi ini hampir sama dengan beberapa jenis aplikasi lainnya yang memang memanfaatkan LED Flash kamera smartphone Anda.

Namun, aplikasi ini akan membuat cahaya yang keluar dari LED Flash kamera tersebut menjadi lebih cerah. Tak hanya sampai di situ saja, Brightest Flashlight Free juga memungkinkan Anda untuk membuat layar utama dan keyboard backlight di smartphone Anda menampilkan kecerahan yang lebih maksimal.

Color Flashlight

Color Flashlight

Seperti nama yang diusungnya, Color Flashlight merupakan aplikasi yang dapat menyuguhkan lampu senter dengan cahaya yang beraneka warna. Aplikasi ini mungkin tidak cocok bagi Anda yang benar-benar membutuhkan penerangan di dalam kegelapan, namun aplikasi ini sangat menarik untuk bersenang-senang.

Selain menghadirkan berbagai macam warna, aplikasi ini juga menyuguhkan berbagai macam ukuran dan bentuk lampu senter. Bahkan Anda juga dapat menulis pesan tertentu jika suatu saat Anda sedang mencari teman di dalam keramaian. Silahkan download aplikasi Color Flashlight ini di sini.

TeslaLED Flashlight

TeslaLED Flashlight

Jika ada aplikasi senter yang menyandang predikat sebagai “A name you can trust”, maka sudah pasti TeslaLED Flashlight adalah aplikasi yang paling tepat. Aplikasi ini dibuat oleh pengembang yang sudah pernah merilis dua aplikasi sukses lainnya, yakni Nova Launcher dan WidgetLocker.

Interface yang sederhana merupakan salah satu keunggulan lain dari TeslaLED Flashlight. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan aplikasi ini sebagai widget di layar smartphone Anda. Pengembang juga melengkapi aplikasi ini dengan fitur layar standar dan Morse Code. Sayangnya, aplikasi ini sudah tidak memperoleh pembaruan sejak 2011, tetapi TeslaLED Flashlight tetap dapat bekerja dengan baik di beberapa jenis perangkat Android.

Torch Flashlight LED HD

Torch Flashlight LED HD

Torch Flashlight LED HD juga merupakan salah satu aplikasi lampu senter yang cukup populer di Google Play Store. Tercatat aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android semenjak awal peluncurannya beberapa tahun yang lalu.

Aplikasi ini menghadirkan tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Terdapat juga sebuah widget yang akan memudahkan Anda untuk mengaksesnya dari homescreen. Yang menarik, aplikasi ini akan meminta izin penggunaan kamera Anda meskipun tidak diketahui apa fungsinya. Silahkan unduh aplikasinya secara gratis di sini.

Super-Bright LED Flashlight

Super-Bright LED Flashlight

Aplikasi lampu senter terakhir yang dapat Anda coba adalah Super-Bright LED Flashlight. Aplikasi ini menyuguhkan tampilan antar muka yang sangat cantik jika dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya. Sesuai dengan nama yang diusungnya, aplikasi ini juga menampilkan lampu senter yang jauh lebih terang daripada aplikasi yang lain.

Tampilan antar mukanya yang cantik juga dikombinasikan dengan kemudahan dalam pengoperasiannya. Pada halaman utamanya Anda akan disuguhkan dengan sebuah slider untuk menyalakan dan mematikan senter. Di atasnya terdapat timer jika Anda ingin menyalakan senter dalam jangka waktu tertentu saja. Silahkan Unduh aplikasinya di Play Store.

High-Powered Torch

High-Powered Torch

Anda mungkin masih asing dengan aplikasi yang bernama High-Powered Torch ini. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat sebelumnya aplikasi ini bernama Best Flashlight w/Compass. Perubahan nama ini mungkin ditujukan agar namanya lebih mudah untuk diingat.

Meskipun namanya berubah, namun aplikasi ini tetap menghadirkan fitur unggulan dari versi sebelumnya yakni kompas. Kehadiran kompas ini sangat membantu bagi Anda yang tersesat dan kehilangan arah di malam hari saat sedang menjelajah hutan atau gunung.

Selain itu, aplikasi High-Powered Torch ini juga memiliki “emergency alert” mode yang akan menampilkan cahaya berkedip secara konstan. Fitur tersebut tersebut sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang ada dalam kondisi bahaya. Silahkan download aplikasi ini di sini.

Nah, itulah10 aplikasi senter terbaik yang dapat Anda gunakan di perangkat Android saat ini. Aplikasi manakah yang menjadi favorit Anda? Jika ada aplikasi lampu senter lain yang belum tercantum di sini, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: