advertisements

Di era smartphone seperti sekarang ini, penggunaan aplikasi instant messenger jauh lebih disukai dibandingkan dengan SMS. Selain biayanya yang lebih murah, instant messenger juga memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan SMS konvensional.

Namun meskipun begitu, masih banyak orang yang melakukan komunikasi via SMS. Ya, untuk beberapa keperluan, mengirim pesan lewat SMS dirasa lebih tepat karena tidak semua orang memiliki akun IM yang beraneka ragam.

advertisements

Di perangkat Android sendiri biasanya sudah terdapat dua macam aplikasi SMS. Yang pertama adalah aplikasi bawaan pabrik dan yang kedua adalah Google Hangouts yang merupakan aplikasi SMS default dari Google untuk Android 4.4 KitKat ke atas.

Sayangnya, kedua macam aplikasi tersebut biasanya hanya menyediakan fitur standar saja yang cenderung membosankan. Untungnya sekarang terdapat berbagai macam aplikasi SMS pihak ketiga yang menyuguhkan fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan kedua aplikasi tersebut.

Berbagai aplikasi tersebut ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Nah, kali Carisinyal akan mengulas jajaran aplikasi SMS Android terbaik yang bisa Anda download dan gunakan secara gratis. Apa sajakah itu?

GO SMS

GO SMS

GO SMS merupakan salah satu aplikasi SMS yang paling populer saat ini. Aplikasi ini sudah tersedia semenjak awal kemunculan Android dan selalu berhasil menyesuaikan tampilannya dengan berbagai sistem operasi Android yang baru.

Pada versi gartisnya Anda bisa mendapatkan fitur enkripsi, sticky conversation untuk menandai obrolan penting, serta dukungan dual SIM. Sedangkan untuk versi pro Anda akan mendapatkan tambahan fitur privasi, cloud message backup, dan berbagai tema menarik.

chomp SMS

chomp SMS

Meskipun awalnya kurang begitu dikenal, namun chomp SMS kini sukses menjadi salah satu aplikasi SMS papan atas di Android. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur menarik seperti emoji, passcode app lock, message lock, blacklist, dan  quick reply popup. Selain itu, aplikasi ini juga sudah mendukung Pushbullet dan Android Wear.

Google Messenger

aplikasi sms android terbaik google messenger

Ketika Google menjadikan Hangouts sebagai aplikasi SMS default untuk sistem operasi Android 4.4 Kitkat, banyak pengguna Android yang memprotesnya. Pasalnya, aplikasi Hangouts seakan membuat proses pengiriman SMS yang simpel menjadi lebih rumit.

Maka dari itu pada peluncuran OS Android 5.0 Lollipop, Google akhirnya merilis aplikasi Google Messenger sebagai aplikasi SMS yang baru. Selain dapat mengirim SMS dengan mudah, aplikasi ini juga dapat mengambil foto dan merekam audio secara langsung. Tak ketinggalan pula aplikasi ini sudah hadir dengan tampilan Material Design ala Lollipop.

8sms

advertisements

Jika Anda tidak menyukai aplikasi SMS dengan tampilan dan fitur yang membingungkan, maka 8sms bisa menjadi solusinya. Ya, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi SMS bawaan, namun dengan beberapa tambahan fitur seperti quick pop-up replies.

Aplikasi ini juga memiliki fitur ‘dark theme’ yang akan akan menghemat banyak tenaga baterai ketika digunakan. Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Namun setelah 14 hari akan muncul iklan jika Anda tidak memberikan donasi.

TextSecure

Jika Anda menginginkan komunikasi via SMS yang aman, maka aplikasi TextSecure dapat dijadikan pilihan. Aplikasi ini akan melakukan enkripsi terhadap SMS yang dikirimkan sehingga pesan tersebut aman dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain SMS, berbagai lampiran atau attachment juga akan dienkripsi agar tidak diketahui oleh orang lain. Berbagai custom ROM seperti CyanogenMod juga sudah mulai menggunakan aplikasi ini untuk menghindari para cracker.

Textra SMS

textra sms

Textra SMS juga menjadi salah satu aplikasi SMS Android terbaik karena memiliki tampilan Material Design. Ya, tampilan antarmukanya yang cantik menjadi salah satu kelebihan aplikasi ini sehingga mudah menarik perhatian para pengguna baru.

Aplikasi ini juga menyuguhkan fitur yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi SMS bawaan. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah floating notification, quick reply popup, dan signature. Aplikasi ini juga mendukung Pushbullet dan Android Wear bagi Anda pengguna Moto 360, LG G Watch R, atau Samsung Gear Live.

HoverChat

HoverChat

HoverChat merupakan aplikasi SMS yang menawarkan fitur pop-up bubble seperti layaknya chat head pada aplikasi Facebook Messenger dan Link Bubble. Artinya jika ada SMS masuk, maka sebuah bubble akan muncul di pinggir layar meskipun Anda sedang membuka aplikasi yang lainnya.

Dengan adanya fitur ini maka Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan jika SMS penting yang masuk. Anda juga dapat langsung membalasnya melalui bubble tersebut. Jika ingin membalasnya di lain waktu, cukup geser bubble tersebut untuk menghilangkannya.

Handcent SMS

Handcent SMS

Sama seperti GO SMS, Handcent SMS juga merupakan salah satu aplikasi veteran dalam urusan SMS. Meskipun jadul, namun tampilannya selalu diperbaharui agar tidak ketinggalan jaman. Dengan aplikasi ini Anda dapat menjadwalkan pengiriman SMS ke beberapa orang secara sekaligus. Aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan Facebook agar bisa menampilkan foto profil dari masing-masing kontak.

hello SMS

hello sms

hello SMS merupakan aplikasi SMS yang sangat cocok bagi Anda yang menyukai tampilan sederhana namun elegan. Fitur yang disediakannya cukup cukup lengkap dan tidak jauh berbeda dengan berbagai aplikasi SMS di atas. Meskipun lengkap, aplikasi ini sangat ringan dan tidak akan memberatkan sistem ketika digunakan.

EvolveSMS

EvolveSMS mungkin menjadi salah satu aplikasi SMS yang terinspirasi dari Google Hangouts. Pasalnya aplikasi ini memiliki tampilan yang mirip dengan Google+ dan juga desain yang selalu mengikuti perkembangan desain dari OS Android.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai tema yang cukup menarik, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Sistem navigasinya sangatlah mudah sehingga Anda tidak akan kesulitan meskipun baru pertama kali menggunakannya.

Nah itulah 10 aplikasi SMS Android terbaik yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Berbagai aplikasi tersebut dijamin akan menjadikan komunikasi lewat SMS menjadi lebih menarik lagi. Dari daftar di atas, manakah aplikasi yang paling Anda sukai?

Artikel Menarik Lainnya: