advertisements

Tren mendengarkan musik secara online (streaming) memang sedang booming di Indonesia. Jika dahulu kita hanya bisa mendengarkan musik melalui file MP3 yang dimasukkan ke dalam ponsel, kini kita tidak perlu lagi mengunduh lagu karena semua lagu favorit kita bisa didengarkan secara online. Bahkan, beberapa di antaranya menawarkan streaming musik gratis.

Jika iPhone memiliki aplikasi streaming musik online bernama Apple Music, di Android kita bisa menemukan lebih banyak aplikasi streaming musik. Anda bisa memilih satu dari sepuluh aplikasi yang akan direkomendasikan oleh Carisinyal berikut ini untuk mendengarkan musik secara online.

Amazon Music with Prime Music

advertisements

Jika dahulu Amazon Music menjadi salah satu aplikasi streaming musik online yang sering diremehkan, kini aplikasi ini mulai berkembang dan menyediakan lebih dari 30 juta lagu. Amazon Music with Prime Music menyediakan katalog musik yang berisi lagu-lagu yang bisa Anda download atau beli.

Uniknya, di aplikasi ini Anda bisa mengunggah musik Anda sendiri dan bisa didengarkan melalui Google Play Music dan Apple Music. Amazon Music with Prime Music tersedia secara gratis dan versi pro dengan biaya USD $10.99 per bulan atau $99.99 per tahun.

Apple Music

Apple Music aplikasi streaming musik online

Ingin mencicipi aplikasi besutan Apple di Android, mengapa tidak? Apple Music kini hadir di berbagai perangkat Android. Apple Music juga merupakan aplikasi streaming musik yang paling banyak digunakan, khusus oleh pengguna handset Apple. Akan tetapi, kini pengguna Android juga bisa menggunakan aplikasi yang menyediakan 30 juta pilihan musik, live radio 24/7, dan akses untuk mengunggah musik dan mendengarkannya melalui perangkat Android Anda.

Apple Music turut menyertakan komponen sosial untuk memungkinkan Anda melihat kegiatan dari musisi favorit Anda. Apple Music menyediakan beberapa pilihan biaya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Google Play Music

Google Play Music

Masih banyak pengguna Android yang belum pernah menjajal Google Play Music. Padahal, aplikasi yang satu ini selalu ada di dalam ponsel Android yang baru saja Anda beli. Google Play Music menawarkan 35 juta lagu. Ketika Anda memutuskan untuk berlangganan Google Play Music, maka Anda akan memperoleh YouTube Red yang memungkinkan Anda untuk menonton video-video di YouTube tanpa iklan.

Aplikasi ini hadir dengan UI yang sederhana sehingga lebih mudah digunakan. Tak hanya itu saja, Google Play Music hadir dalam versi gratis dengan playlist terbatas, sementara itu jika Anda berlangganan versi yang berbayar, maka Anda memiliki kekuasaan penuh di dalam aplikasi ini.

iHeartRadio

iHeartRadio

iHeartRadio adalah aplikasi streaming musik online yang banyak digandrungi oleh pengguna Android. Pasalnya, aplikasi ini benar-benar gratis tanpa memungut biaya berlangganan. Melalui aplikasi ini Anda bisa mendengarkan siaran dari lebih dari 1.500 stasiun radio live dengan genre musik yang tentunya berbeda-beda.

Anda pun bisa membuat Custom Stations untuk mengorganisir radio-radio yang memutarkan jenis musik yang Anda sukai. iHeartRadio memiliki 18 juta lagu dari 450.000 musisi. Sayangnya, iHeartRadio tidak menyediakan kontrol khusus seperti yang ada pada Spotify atau Google Play Music.

Pandora

advertisements

Satu lagi aplikasi streaming musik terlaris, yakni Pandora. Aplikasi yang sangat mudah digunakan ini mendukung semua platform. Hampir sama seperti Spotify, Pandora menyediakan versi gratis dan berbayar. Apabila Anda berlangganan versi gratis, Anda hanya bisa melewatkan beberapa trek musik saja dalam sehari. Namun, bila Anda menggunakan Pandora versi berbayar, Anda dapat melewatkan musik yang tidak Anda sukai sesering yang Anda inginkan.

Akan tetapi, sangat disayangkan karena koleksi lagu yang dimiliki oleh Pandora tidak terlalu banyak karena hanya tersedia sekitar 1 juta lagu saja. Pandora hadir dalam versi gratis atau berbayar dengan harga USD $4.99 per bulan dan $54.89 per tahun.

Slacker Radio

Pada dasarnya, Slacker Radio adalah aplikasi streaming musik yang cukup bagus, tetapi aplikasi ini kurang mendapat apresiasi yang baik oleh pengguna smartphone. Versi gratis Slacker Radio memungkinkan Anda untuk melewatkan 6 lagu dalam waktu per jam.

Sementara itu, jika Anda menggunakan versi berbayar, maka Anda bisa mendengarkan lagu secara offline, melewatkan lagu sesuka hati Anda, dan mendengarkan lagu tanpa iklan. Anda pun bisa membuat playlist yang berisi lagu-lagu pilihan Anda. Namun, Slacker Radio hanya memiliki koleksi 12 juta lagu, yang artinya hanya sepertiga dari koleksi musik yang ditawarkan oleh Apple Music, Spotify, dan Google Play Music.

SoundCloud

SoundCloud

Selama ini SoundCloud dikenal sebagai salah satu situs untuk mengunggah musik yang dihasilkan oleh para musisi amatir dan profesional. Selama bertahun-tahun SoundCloud dianggap sebagai “YouTube” untuk musisi yang ingin mengunggah lagu tanpa video.

Di awal 2016, SoundCloud Go yang merupakan perpustakaan musik terbesar, dirilis. Hal ini mendapat sambutan baik karena SoundCloud menawarkan koleksi lebih dari 125 juta lagu, termasuk lagu yang berasal dari musisi terkenal.

Spotify

Spotify android

Siapa yang tak kenal Spotify? Aplikasi streaming musik online yang terkenal di dunia dan satu-satunya kompetitor terbesar dari Apple Music ini masuk ke Indonesia di awal tahun 2016. Kehadiran Spotify langsung mendapat sambutan yang sangat baik dari penikmat musik di Indonesia. Pasalnya, koleksi musik yang ditawarkan oleh Spotify sangat up-to-date dan sangat lengkap.

Antarmuka yang sederhana dan modern membuat siapa saja bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Sama seperti beberapa aplikasi musik lainnya, Spotify juga bisa digunakan secara gratis atau dengan membeli versi premium dengan fitur yang lebih mumpuni.

Tidal

Tidal

Tidal merupakan layanan streaming musik yang menarik, karena kabarnya aplikasi ini memiliki tingkat pembayaran royalti tertinggi untuk musisi dan menawarkan koleksi 25 juta lagu bersama dengan 130.000 video musik.

Seiring berjalannya waktu, kualitas Tidal memang menjadi semakin lebih baik. Akan tetapi, karena aplikasi ini memberikan pembayaran royalti tertinggi untuk menghargai karya para musisi yang musiknya Anda dengarkan di sini, maka Anda harus membayar sebesar USD $9,99 atau $19,99 per bulan untuk bisa menggunakan Tidal.

TuneIn Radio

Mungkin TuneIn bukan aplikasi musik online terbaik, tapi aplikasi ini menyediakan lebih dari 100.000 stasiun radio yang mencakup kategori musik, komedi, olahraga, dan masih banyak lagi. Ada juga radio AM dan FM yang berada di wilayah Anda.

TuneIn Radio tersedia secara gratis, tetapi jika Anda membeli versi yang seharga USD $7,99 per bulan, maka Anda mendapatkan akses ke 600 stasiun musik komersial dan tidak ada iklan selama Anda streaming di aplikasi ini.

Saat ini, aplikasi streaming musik online yang paling diminati di Indonesia adalah Spotify, tetapi Anda pun bisa mencoba aplikasi lain yang kami rekomendasikan di atas. Mendengarkan musik favorit kini bisa dilakukan di mana saja asalkan perangkat Anda mendukung aplikasi tersebut dan sudah dilengkapi dengan koneksi internet.

Artikel Menarik Lainnya: