advertisements

Di bulan suci Ramadhan ini, berbagi ayat-ayat Al-Quran kepada kerabat dan sahabat melalui ponsel adalah suatu kegiatan yang biasa. Namun, hal tersebut akan menjadi luar biasa jika Anda menuliskan ayat tersebut dengan tulisan Arab. Sayangnya, sebagian besar smartphone yang dijual di Indonesia tidak menyediakan fasilitas untuk menulis dalam bahasa Arab.

Untuk menulis tulisan Arab melalui smartphone, Anda bisa menginstall aplikasi tulisan Arab untuk Android. Nah, aplikasi apa sajakah yang dapat memberikan fasilitas untuk menulis tulisan Arab? Carisinyal sudah merangkum beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda untuk menulis tulisan Arab.

الخطوط العربية للمجرة

advertisements

Di posisi pertama, ada sebuah aplikasi tulisan Arab untuk Android yang dirancang agar kompatibel terhadap Monotype Imaging Inc’s Flipfont dan akan membuat smartphone Anda bisa digunakan untuk menulis bahasa Arab.

الخطوط العربية للمجرة adalah aplikasi yang sangat cocok untuk smartphone Samsung Galaxy. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengubah font dan user interface pada smartphone Anda. Jadi, Anda tak hanya mampu mengetik dengan tulisan Arab saja, tapi semua interface di smartphone Anda akan berubah menjadi tulisan Arab. الخطوط العربية للمجرة sudah diinstall sebanyak 1 juta kali dan tersedia gratis di Google Play Store.

Flipfont Arabic Font Style

Flipfont Arabic Font Style aplikasi tulisan arab untuk android

Berikutnya ada aplikasi favorit yang diklaim sangat membantu pengguna smartphone untuk dapat berkomunikasi dalam Bahasa Arab, yaitu Flipfont Arabic Font Style. Dengan bantuan aplikasi ini, kita bisa menulis pesan atau apapun dalam tulisan Arab.

Flipfont Arabic Font Style nampaknya dirancang khusus untuk smartphone Samsung Galaxy. Selain itu, aplikasi ini juga bisa diinstall dengan mudah tanpa kendala yang berarti. Aplikasi ini menyediakan 38 jenis font Arab. Bahkan, Flipfont Arabic Font Style mendapat rating 4,3 di Google Play Store dan sudah diinstall sebanyak 1 juta kali oleh pengguna Android.

الخطوط العربية لFlipFont

FlipFont

Bagi Anda yang ingin menulis dan membaca bahasa Arab di smartphone Anda, maka Anda perlu menginstall الخطوط العربية لFlipFont. Aplikasi ini nampaknya hampir sama dengan aplikasi pertama yang dibahas oleh Carisinyal di atas. Ini merupakan aplikasi yang bisa disinkronkan dengan Flipfont.

Aplikasi ini bisa dipakai di beberapa jenis ponsel Android, tetapi الخطوط العربية لFlipFont paling kompatibel dengan seri Samsung Galaxy. Di ponsel Samsung Galaxy, Anda hanya perlu membuka Settings > Display > Font > Pilih huruf Arab yang diinginkan. Setali tiga uang dengan aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, الخطوط العربية لFlipFont juga mendapat rating 4,3.

Arabic Fonts for Android

Arabic Fonts for Android

Untuk memudahkan Anda dalam menginstall tulisan Arab di smartphone Anda, aplikasi tulisan Arab untuk Android ini hadir dengan cara install yang lebih mudah dari aplikasi lain. Arabic Fonts for Android menawarkan font Arab seperti yang ada di Flipfont, tetapi aplikasi ini tidak terintegrasi sama sekali dengan Flipfont.

Arabic Fonts for Android menyajikan 10 font Arab untuk Samsung Galaxy series. Walaupun aplikasi yang satu ini baru diinstall sebanyak 10 ribu kali, tetapi Arabic Fonts for Android sudah memperoleh rating sebesar 4,1 di Google Play Store.

الخط العربي

advertisements

الخط العربي bila diartikan sebagai bahasa Indonesia artinya adalah kaligrafi. Ya, aplikasi yang satu ini berisi revisi kumpulan font Arab terbaik yang mendukung hampir semua smartphone dengan sistem operasi Android, termasuk Android Lollipop v5.0. Namun, untuk dapat menggunakan الخط العربي mungkin Anda harus me-root smartphone Anda terlebih dahulu.

Aplikasi yang dikembangkan oleh ArDroidApps ini sudah diuji pada Nexus 5. Pengembang aplikasi ini mengklaim bahwa الخط العربي bisa diinstall di hampir semua merk smartphone Android, seperti Samsung, LG, HTC, Sony, Motorolla, dan Nexus. Sampai saat ini, الخط العربي bisa diunduh gratis di Google Play Store dan aplikasi ini sudah diinstall hingga 100 ribu kali.

أنا محترف الخط

Ingin membuat kaligrafi Arab di smartphone? Anda bisa menggunakan bantuan dari أنا محترف الخط, di mana aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menulis dalam tulisan Arab melalui smartphone. Anda bisa membuat desain kaligrafi Arab dengan sangat indah menggunakan aplikasi ini. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa mengubah ukuran font atau melakukan undo dan redo.

أنا محترف الخط turut menyediakan font dan background dari berbagai warna yang bisa Anda pilih sesuka hati. Setelah selesai, Anda bisa membagikan kaligrafi buatan Anda melalui Facebook. أنا محترف الخط memang baru diinstall sebanyak 50 ribu kali, tapi aplikasi ini telah mendapat rating 4,6 bintang.

Arabic Fonts Free for Android

Arabic Fonts Free for Android

Hampir sebagian besar aplikasi tulisan Arab untuk Android kompatibel terhadap ponsel pintar Samsung Galaxy. Pun begitu dengan Arabic Fonts Free for Android yang menyediakan 10 jenis font Arab gratis untuk seluruh pengguna Android.

Aplikasi ini dapat digunakan di hampir semua ponsel Samsung Galaxy. Setelah menginstall Arabic Fonts Free for Android, Anda hanya perlu masuk ke Settings > Display > Font > Pilih salah satu font yang ingin Anda gunakan di ponsel Anda. Nah, cara menginstall Arabic Fonts Free for Android memang semudah itu.

Flipfont New Arabic Font Style

Flipfont New Arabic Font Style

Selanjutnya, ada sebuah aplikasi dengan interface sederhana dan cara install yang mudah, yaitu Flipfont New Arabic Font Style. Aplikasi ini juga kompatibel terhadap smartphone Samsung Galaxy series.

Ada sekitar 38 gratis yang bisa Anda gunakan di smartphone Anda. Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan, tak heran jika Flipfont New Arabic Font Style sudah memperoleh rating 4,3 di Google Play Store. Nah, apakah Anda berminat untuk menginstall aplikasi ini?

الخطوط العربية الحرة لFlipFont

FlipFont2

Untuk Anda pengguna smartphone Samsung Galaxy, Anda bisa mengandalkan الخطوط العربية الحرة لFlipFont untuk menulis tulisan dalam font Arab. Aplikasi ini juga dapat diinstall dan digunakan dengan sangat mudah. Namun, الخطوط العربية الحرة لFlipFont tidak berafiliasi dengan Flipfont.

Photex Pro

Aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat quotes dari kutipan ayat-ayat Al-Quran. Photex Pro memungkinkan Anda untuk menambahkan tulisan Arab pada sebuah foto. Ada sekitar 300 jenis font yang tersedia di dalam aplikasi ini, termasuk font Arab.

Anda pun bisa memberi warna pada teks yang akan diletakkan pada sebuah foto. Aplikasi ini telah mendapat rating sebanyak 4,4. Setelah berhasil menambahkan tulisan Arab pada foto dengan Photex Pro, segera upload foto tersebut ke media sosial.

Inilah sepuluh aplikasi tulisan Arab untuk Android yang bisa Anda coba di smartphone Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menulis atau membaca teks Arab di smartphone Anda. Apakah Anda berminat untuk mencoba salah satu aplikasi yang Carisinyal rekomendasikan ini?

Artikel Menarik Lainnya: