advertisements

Dunia bisnis mengharuskan Anda untuk bergerak serba cepat. Anda juga harus mengandalkan berbagai teknologi digital modern untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik. Sebagai pebisnis, tahukah Anda jika Anda beberapa aplikasi wajib untuk Android yang harus dimiliki oleh pebisnis? Nantinya aplikasi ini tersebut akan sangat membantu Anda dalam menjalankan berbagai pekerjaan.

Ingin tahu beberapa aplikasi untuk pebisnis yang terbaik dan bisa diinstall di perangkat Android? Carisinyal sudah merangkum beberapa aplikasi bisnis yang terbaik untuk Anda. Simak saja daftar selengkapnya di bawah ini.

Asana

advertisements

Di urutan teratas ada sebuah aplikasi untuk pebisnis yang bisa melakukan tugas layaknya seorang manajer, yaitu Asana. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memberikan tugas atau pekerjaan kepada semua staff yang berada di dalam naungan Anda.

Melalui Asana, Anda bisa membuat subbagian tugas, mengirim tugas langsung ke semua staff, dan menambahkan komentar maupun lampiran. Anda bisa mendaftar 15 orang staff secara gratis di dalam Asana atau membayar $8,33 per bulan untuk per orang agar dapat menikmati fitur lengkap dalam aplikasi ini. Bahkan, Anda bisa berkomunikasi dengan staff Anda yang sudah didaftarkan melalui Asana.

Business Card Holder

Business Card Holder Aplikasi untuk Pebisnis

Sudah menjadi kebiasaan para pebisnis untuk saling bertukar kartu nama? Namun, kartu nama berbentuk fisik hanya akan memenuhi tempat dan mudah hilang. Gunakan saja aplikasi penyimpanan kartu nama secara digital, yakni Business Card Holder. Data di aplikasi ini tidak hilang meskipun Anda berganti smartphone karena semua data bisa disimpan di Google Drive.

Cukup foto kartu nama fisik yang Anda terima, lalu simpan di dalam aplikasi ini dengan menulis nama dan kategori bisnis rekan Anda. Melalui Business Card Holder, Anda pun bisa berbagi kartu nama kepada teman-teman Anda atau mencari kartu nama dengan cepat berdasarkan nama atau kategori.

CamScanner

CamScanner

Percayakah Anda bahwa smartphone atau tablet Android yang Anda gunakan bisa berubah menjadi scanner? Ya, hal tersebut bukan mustahil jika Anda menginstall CamScanner di handset Android Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memindai faktur, kartu nama, dokumen, dan sertifikat apapun dengan menggunakan ponsel pintar.

CamScanner akan mengoptimalkan kualitas pindai dengan membuat teks dan grafis terlihat jelas dan tajam. Tak cukup sampai di situ saja, CamScanner dapat memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen dari printer yang ada di sekitar Anda. Aplikasi ini benar-benar bermanfaat bagi para pebisnis.

Evernote

Evernote

Jika Anda berpikir bahwa Evernote adalah sebuah aplikasi yang hanya membantu Anda mencatat saja, maka Anda perlu membuktikan sendiri kehebatan aplikasi ini. Aplikasi untuk pebisnis ini memungkinkan Anda untuk menambah gambar, video, audio, dan daftar ke dalam catatan.

Semua catatan yang Anda buat di aplikasi ini akan tersusun rapi sehingga lebih mudah dicari. Selain itu, Anda bisa mendiskusikan pekerjaan langsung dengan orang lain melalui Evernote. Evernote merupakan asisten pribadi Anda yang sangat cerdas. Tak perlu koneksi internet, aplikasi ini bisa diakses secara offline.

Google Drive

advertisements

Aplikasi yang satu ini pasti sudah tersedia ketika Anda membeli ponsel Android baru. Ya, Google Drive memang salah satu aplikasi bawaan di perangkat Android. Ini adalah aplikasi untuk berbagi dokumen, spreadsheet, presentasi, PDF, gambar, video, dan berbagai macam file dengan mudah, aman, dan cepat. Semua file yang disimpan atau dibagikan di Google Drive bisa diakses melalui smartphone atau PC. Lebih lagi, Anda bisa mencari file dengan mengetik nama file tersebut.

Jika Anda membagikan sebuah dokumen pada orang lain melalui Google Drive, Anda juga bisa melihat detail aktivitas dan perubahan yang dibuat oleh orang tersebut. Google Drive memberikan kapasitas hingga 15GB untuk menyimpan file, Anda bisa membayar biaya tambahan untuk mendapatkan kapasitas lebih besar.

Google My Business

Ingin bisnis atau usaha Anda terlihat di hasil pencarian Google atau Google Maps? Kelola informasi seputar bisnis Anda di Google My Business. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menampilkan informasi mengenai usaha yang Anda kelola jadi bisa dilihat oleh banyak orang. Di aplikasi ini, Anda bisa memperbarui informasi mengenai bisnis Anda, mulai dari jam operasi, nama, alamat, dan kategori usaha tersebut.

Tak hanya itu saja, Google My Business juga bisa mengelola dan merespon ulasan dari pelanggan. Nah, tertarik untuk memperluas bisnis Anda dengan Google My Business? Install dan gunakan aplikasi ini secara gratis.

Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive

Lakukan banyak hal untuk menunjang aktivitas bisnis Anda dengan mengandalkan Microsoft OneDrive. Anda dapat mengakses dan membagikan dokumen, foto dan file dari smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi Microsoft OneDrive diciptakan untuk mempermudah Anda membuka file yang tersimpan di PC di mana pun Anda berada melalui smartphone atau tablet.

Buka dan simpan file OneDrive di aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Untuk menunjang kegiatan bisnis Anda, maka Anda bisa masuk ke OneDrive for Business dengan berlangganan SharePoint Online atau Office 365.

PayPal

PayPal

Di zaman serba digital ini ada begitu banyak aplikasi mobile dan internet banking yang tersedia di smartphone atau tablet. Namun, untuk memudahkan Anda mengirim dan menerima uang dari seluruh dunia, Anda harus memiliki akun PayPal.

Nah, PayPal menghadirkan aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengakses akun PayPal Anda dari smartphone. Anda bisa melakukan pembayaran atau menerima pembayaran melalui aplikasi PayPal untuk Android. Apakah aplikasi untuk pebisnis ini aman? Tentu saja aman karena aplikasi ini sudah didukung dengan fitur fingerprint dan pemberitahuan instan untuk transaksi keluar masuk di akun PayPal Anda.

Slack

Slack

Slack adalah aplikasi chatting berorientasi bisnis. Hal yang membuat aplikasi ini lebih istimewa dibanding aplikasi chatting lainnya adalah modularitas yang mengesankan. Anda bisa membuat chatting dengan anggota yang tak terbatas dan memisahkan setiap anggota di divisi yang berbeda.

Slack juga memberikan dukungan plugin layanan ke Asana, Giphy, dan sebagainya. Anda juga akan menerima konfigurasi pemberitahuan melalui PC, smartphone, dan juga email yang terhubung dengan Slack.

Square Register

Square Register

Aplikasi yang satu ini akan memungkinkan Anda menerima uang dari orang lain. Square Register akan menjalankan bisnis Anda, terutama jika Anda membuka usaha penjualan barang dalam skala yang belum terlalu besar.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melacak penjualan dan persediaan, mengelola item, dan melihat analisis perkembangan usaha Anda. Bahkan, Anda juga bisa menerima uang dari konsumen melalui Square Register. Aplikasi yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk memulai bisnis baru Anda.

Yuk, kembangkan bisnis Anda dengan beberapa aplikasi untuk pebisnis di atas. Apakah Anda seorang pebisnis yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu di smartphone? Share pengalaman Anda dalam menggunakan aplikasi tertentu untuk berbisnis di kolom komentar, ya!

Artikel Menarik Lainnya: