advertisements

Dewasa ini, video call adalah sarana komunikasi tatap muka untuk jarak jauh. Video call memberikan fasilitas untuk melakukan panggilan tatap muka untuk lawan bicara kita yang berada di tempat yang berbeda. Banyak orang menggunakan video call untuk melepas rindu dengan sahabat, keluarga, atau kekasih, interview pekerjaan, hingga meeting.

Kehadiran video call memang sangat membantu agar kita dapat “berjumpa” dengan lawan bicara kita meskipun jaraknya berjauhan. Selain itu, video call juga dianggap lebih ringan biaya karena kita bisa memanfaatkan jaringan WiFi gratis.

advertisements

Jika dahulu video call hanya bisa digunakan di komputer, kini video call juga dapat digunakan melalui smartphone atau tablet. Bagi Anda yang ingin mencobanya, berikut ini adalah aplikasi video call Android terbaik versi dari Carisinyal.

Facebook Messenger

Facebook merilis layanan untuk melakukan video call, yakni melalui aplikasi Facebook Messenger. Nampaknya Facebook sangat serius dalam mengembangkan aplikasi video call-nya ini. Melakukan panggilan video dengan Facebook Messenger cukup mudah, tekan saja ikon telepon yang terdapat pada aplikasi ini, lalu pilih video call.

aplikasi video call android terbaik facebook messenger

Sejauh ini, aplikasi dari Facebook ini cukup baik dan tidak bermasalah. Namun ingat, jika ingin melakukan panggilan video menggunakan Facebook Messenger, pastikan lawan bicara Anda juga  sudah menginstall aplikasi ini di perangkatnya.

Hangouts

Ini merupakan aplikasi chatting yang berada di bawah naungan Google. Hangouts juga menyediakan layanan video call untuk penggunanya. Bisa dikatakan bahwa Hangouts ini adalah “Apple Face Time” milik perangkat Android. Di samping itu, Hangouts juga dapat mengirim pesan SMS serta melakukan panggilan telepon.

google hangouts

Hebatnya, Hangouts memiliki kemampuan yang setara dengan Skype, yakni apabila Anda melakukan video call dengan Hangouts melalui smartphone, lawan bicara Anda bisa menjawab panggilan tersebut melalui laptop. Karena Hangouts adalah bagian dari Google, maka Anda bisa mendapatkannya secara gratis di Play Store.

Line

Selanjutnya ada aplikasi video call Android terbaik yang sangat populer di Indonesia dan seluruh dunia, yaitu Line. Pengembang aplikasi ini mengklaim bahwa Line memiliki 600 juta lebih pengguna aktif di seluruh dunia. Wah, jumlah pengguna yang sangat banyak, bukan?

line

Sama seperti Hangouts dan Skype, Line menyediakan layanan video call lintas platform. Jadi, Anda dan lawan bicara Anda bisa menggunakan jenis perangkat yang berbeda untuk dapat melakukan panggilan video melalui Line.

Selain video call, layanan pesan instan merupakan fitur andalan dari Line. Ditambah kehadiran stiker-stiker unik yang bisa digunakan saat chatting, maka kepopularitasan Line jadi semakin menanjak. Jika Anda ingin melakukan video call di aplikasi Line ini, silahkan simak tutorialnya di halaman ini.

Imo

advertisements

Berbicara mengenai aplikasi video call Android terbaik, imo adalah salah satu aplikasi video call yang memenuhi kriteria tersebut. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan suara maupun video dengan hanya mengandalkan konektivitas internet dari 2G, 3G, 4G, atau Wi-Fi.

Di aplikasi ini, Anda bisa membuat group chat untuk berbagi foto dan video. Selain itu, imo adalah aplikasi yang ringan dan tidak terlalu memakan banyak memori perangkat Android Anda, aplikasi ini hanya berukuran 5.37 MB saja. Sama seperti Line, imo juga dilengkapi dengan berbagai stiker lucu yang bisa dikirim ke teman Anda yang juga memiliki aplikasi imo pada perangkatnya.

WeChat

Ini juga merupakan kompetitor dari Line dan WhatsApp yang menyediakan fasilitas chatting dan panggilan video. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan chat dan panggilan suara dalam grup. WeChat mengklaim bahwa aplikasi video call yang ditawarkannya merupakan fasilitasn video call gratis yang berkualitas tinggi di dunia.

Dengan WeChat, Anda bisa terhubung dengan kekasih, teman, atau keluarga yang tinggal di luar kota atau luar negeri melalui video call. Apabila koneksi internet Anda tidak stabil, Anda bisa beralih ke jenis komunikasi panggilan suara atau chatting. Sampai saat ini, WeChat sudah diunduh sebanyak 100 juta kali di Google Play Store. Apakah Anda juga berminat untuk mengunduh aplikasi ini?

KakaoTalk

kakaotalk

KakaoTalk adalah aplikasi chatting multi-platform yang bisa digunakan di perangkat iOS, Android, dan BlackBerry. Aplikasi populer ini memiliki lebih dari 150 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia, terutama di kawasan Asia.

Salah satu alasan mengapa banyak orang menggunakan KakaoTalk adalah fasilitas video call yang ditawarkan. Ya, video call di KakaoTalk memang cukup baik. KakaoTalk juga memiliki fitur filter suara, group chats, dan dukungan untuk Android Wear. KakaoTalk bisa Anda download secara gratis melalui Google Play Store, lho.

ooVoo

oovoo

Berikutnya, ada sebuah layanan pengirim pesan instan yang tergolong baru, tetapi semakin terkenal dari hari ke hari. ooVoo adalah aplikasi yang menawarkan panggilan video konferensi hingga 12 peserta. Hal ini tentu tidak bisa Anda temukan di aplikasi video call sejenis lainnya.

Jika aplikasi lain hanya menawarkan conference chat, ooVoo dengan berani menawarkan conference video call dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Tak hanya sampai di situ, ooVoo juga menyediakan fitur pengiriman pesan, group chats, panggilan suara gratis, dan dukungan lintas platform. ooVoo adalah aplikasi video call yang patut untuk dipertimbangkan.

Skype

skype

Nah, yang satu ini tentu sudah pernah Anda dengar, bukan? Skype adalah aplikasi video call yang namanya sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan, Skype juga membuat aplikasi khusus untuk Android dan berbagai sistem operasi lainnya.

Sampai saat ini pengguna Skype sudah mencapai angka 250 juta orang. Selama beberapa tahun, pengembang Skype terus berupaya untuk menambahkan fitur-fitur menarik pada Skype, seperti layanan untuk mengirim SMS dan panggilan suara. Skype juga memiliki dukungan lintas platform sama seperti Line dan Hangouts.

ICQ

Sebagian dari Anda mungkin tidak tahu bahwa ICQ adalah pemain lama dalam dunia aplikasi. Dahulu, ICQ adalah saingan terbesar dari AOL Messenger. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu AOL Messenger mengakuisisi ICQ di akhir tahun 90an.

Saat ini, ICQ merupakan salah satu aplikasi video call yang cukup banyak penggunanya. Video call melalui ICQ memiliki kualitas yang cukup baik. Apabila perangkat Anda menggunakan koneksi 3G atau 4G, maka kualitas video call dengan ICQ akan menjadi semakin baik. ICQ juga menawarkan proteksi lebih dengan adanya password yang hanya bisa dibuka oleh penggunanya.

Tango

Tango adalah aplikasi video call Android terbaik yang pernah ada. Mengapa? Karena kualitas video call yang ditawarkan oleh Tango sangat baik. Selama beberapa tahun terakhir, pihak pengembang terus mengembangkan aplikasi ini dengan menambahkan layanan pesan yang lengkap serta panggilan suara. Bahkan, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk bertemu dengan orang-orang baru dan menjalin pertemanan melalui panggilan video yang disediakan.

Pengguna juga dapat bergabung di suatu grup untuk berbicara dan membahas mengenai hal atau kegemaran yang sama. Sejauh ini, Tango merupakan aplikasi video call yang sangat menyenangkan di antara aplikasi sejenis lainnya.

Video call adalah sarana komunikasi untuk membuat Anda lebih dekat dengan lawan bicara meskipun jarak antara Anda dan dia sangat jauh. Aplikasi video call Android terbaik yang direkomendasikan oleh Carisinyal ini bisa Anda gunakan untuk menjalin komunikasi dengan kerabat yang tinggal di luar kota atau luar negeri.

Artikel Menarik Lainnya: