advertisements

Sistem operasi Android sangat kaya dengan aplikasi. Bahkan saking banyaknya, terkadang kita kebingungan untuk memilih aplikasi mana yang harus diinstal. Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan mengulas kumpulan aplikasi wajib untuk Android yang harus ada di perangkat Anda. Berbagai aplikasi ini merupakan yang terbaik di kategorinya dan tersedia secara gratis.

1Weather: Widget Forecast Radar

Beberapa tahun belakangan ini efek global warming semakin terasa nyata, salah satunya adalah kondisi cuaca yang tidak menentu. Hal tersebut tentu sangat mengganggu terutama bagi Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan. Nah untuk menyiasati hal tersebut, gunakanlah aplikasi 1Weather agar Anda dapat menyesuaikan kegiatan Anda dengan keadaan cuaca.

advertisements

1Weather merupakan salah satu aplikasi ramalan cuaca dengan rating yang sangat tinggi di Play Store. Aplikasi ini memiliki tampilan yang cantik dan juga mudah digunakan. Berbagai widget menarik juga sudah disediakan untuk mempermudah akses informasi dari homescreen.

Android Device Manager

Android Device Manager merupakan aplikasi yang sederhana namun memiliki fungsi yang luar biasa. Aplikasi ini akan melacak perangkat Android Anda yang hilang atau dicuri. Selain melacak lokasinya, aplikasi ini juga dapat menghapus data, mereset PIN, dan membunyikan ringtone secara otomatis melalui internet.

Sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan aplikasi ini bersama dengan lock screen PIN. Hal tersebut bertujuan agar si pencuri tidak bisa menghapus aplikasi ini dari perangkat Anda. Untuk cara melacak perangkat Android dengan aplikasi lainnya, silahkan baca artikel ini.

CM Security

Banyak pengguna Android yang tidak menggunakan antivirus karena memang terlalu dibutuhkan jika terlalu banyak interaksi dengan situs-situs dan aplikasi yang berbahaya. Namun jika Anda menginginkan perlindungan ekstra atau sekedar jaga-jaga dari munculnya virus dan malware, maka gunakanlah CM Security.

Nama antivirus ini memang masih asing jika dibandingkan dengan nama-nama seperti Avast, AVG, dan lainnya. Namun CM Security ternyata cukup banyak digunakan dan disukai oleh pengguna Android. Terbukti, aplikasi ini mendapatkan rating sebesar 4,7 di Play Store sehingga layak disejajarkan dengan aplikasi antivirus terbaik Android lainnya.

Evernote

aplikasi wajib Android evernote

Untuk urusan catat mencatat, maka jelas aplikasi Evernote yang menjadi juaranya. Dengan aplikasi Evernote ini Anda dapat mencatat berbagai macam hal secara mudah, mulai dari catatan belanjaan hingga jadwal pertemuan. Aplikasi ini juga terdapat di berbagai platform lain sehingga dapat diakses dengan mudah di mana saja.

ES File Explorer

Aplikasi wajib untuk Android yang selanjutnya adalah ES File Explorer. Selain dapat mengakses dan mengorganisir berbagai file dengan mudah, ES File Explorer juga mendukung akses root seperti layaknya aplikasi Root Explorer. Tampilan antarmukanya sangat bersahabat dan tentunya aplikasi ini tersedia secara gratis.

Google Drive

Layanan penyimpanan awan saat ini sudah semakin populer berkat banyaknya penyedia jasa cloud storage yang muncul. Salah satu penyedia layanan yang terbaik adalah Google Drive. Sama halnya seperti DropBox, Google Drive juga akan memberikan Anda ruang penyimpanan gratis sebanyak 15 GB ketika mendaftar.

Di Google Drive Anda dapat menyimpan foto, video, dokumen, dan berbagai jenis file lainnya. Salah satu yang menarik dari Google Drive adalah tampilannya yang menyerupai aplikasi Word dan Excel ketika membuka dokumen. Selain itu, Google Drive juga terintegrasi secara otomatis dengan layanan Google lainnya.

Clean Master (Cleaner)

aplikasi wajib untuk android

Clean Master merupakan salah satu aplikasi maintenance terbaik bagi perangkat Android saat ini. Aplikasi ini akan menghapus berbagai macam file yang tidak berguna dari smartphone atau tablet Anda. Dengan begitu, Anda dapat menghemat kapasitas memori internal agar tidak cepat kehabisan ruang penyimpanan.

Google Maps

advertisements

Rasanya hampir semua pengguna Android pasti memiliki Google maps di perangkatnya. Ya, aplikasi peta dari Google ini memang masih masih menjadi yang terbaik saat ini. Selain peta dan juga navigasi, rasanya terlalu banyak fitur Google Maps yang bisa Anda manfaatkan dan tidak bisa disebutkan satu persatu di sini.

Google Translate

Google Translate merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk berbagai macam keperluan. Untuk anak sekolah dan mahasiswa, aplikasi ini akan sangat membantu proses pembelajaran. Untuk yang suka melancong ke luar negeri, maka aplikasi ini juga dapat membantu untuk memperlancar komunikasi.

Hingga saat ini Google Translate bisa menerjemahkan lebih dari 70 bahasa di dunia. Selain menerjemahkan teks, aplikasi ini juga dapat menerjemahkan suara, halaman web, hingga tulisan asing yang terdapat dalam sebuah foto.

Kingsoft Office + PDF

aplikasi wajib Android kingsoft

Aplikasi dari kategori office merupakan aplikasi wajib Android selanjutnya yang harus Anda miliki. Saat ini terdapat banyak aplikasi office di Android yang disediakan secara gratis. Namun Kingsoft Office + PDF merupakan aplikasi dengan fitur yang paling lengkap.

Kingsoft Office + PDF dilengkapi dengan fitur Word, Spreadsheet, Presentation serta dapat membuka dokumen PDF. Selain itu, aplikasi ini mendukung lebih dari 20 jenis file, memiliki file manager sendiri, serta memiliki fungsi gestur yang sangat baik.

SwiftKey Keyboard

Pada awal tahun 2014 yang lalu, aplikasi SwiftKey resmi dirilis secara gratis setelah sebelumnya menyandang predikat sebagai aplikasi berbayar. Hal ini berdampak cukup signifikan karena pemakai keyboard ini bertambah cukup banyak dalam waktu yang singkat.

Versi gratis dari Swiftkey ini menyuguhkan semua fungsi intinya. Tak ketinggalan, fitur text prediction yang menjadi andalan dari Swiftkey selama ini juga diboyong ke versi gratisnya. Beberapa tema menarik juga diberikan pada versi gratis ini jika Anda tidak ingin membeli tema berbayar.

Zedge

aplikasi wajib Android zedge

Jika Anda memerlukan aneka ringtone dan wallpaper, maka Anda bisa mendapatkannya secara gratis di aplikasi Zedge. Ya, aplikasi ini menyediakan ratusan bahkan hingga ribuan nada dering dan gambar tema yang bisa Anda pakai sesuka hati. Tampilan aplikasinya juga sangat bersahabat dan mudah untuk digunakan.

Google Play Music

Google Play Music merupakan aplikasi pemutar musik yang wajib Anda miliki. Aplikasi ini dapat memutar musik yang tersimpan di memori ataupun mendengarkannya secara online melalui internet. Anda dapat mengunggah hingga 20 ribu lagu ke Google untuk kemudian Anda dapat mendengarkannya secara online di mana saja.

Sebagian besar fitur menarik yang disediakannya dapat diakses secara gratis. Anda juga dapat membayar untuk biaya berlangganan jika ingin menikmati semua fitur premiumnya. Namun jika tidak ingin membayar, fitur pada versi gratisnya pun sudah lebih dari cukup untuk memuaskan penggunanya.

CamScanner

CamScanner merupkan sebuah aplikasi unik yang akan menjadikan perangkat Android Anda menjadi sebuah scanner. Dengan aplikasi ini Anda dapat memindai berbagai macam dokumen secara virtual. Setelah dipindai, Anda bisa menambahkan watermark, mengisinya dengan tulisan, atau bahkan mengirimnya melalui fax.

Meskipun bukan aplikasi yang akan Anda gunakan dalam aktivitas sehari-hari, namun CamScanner sangatlah berguna ketika Anda membutuhkannya dalam kondisi yang terdesak. Menariknya, aplikasi wajib untuk Android ini juga akan mempertajam hasil pemindaian sehingga hasilnya benar-benar seperti dari mesin scanner.

Artikel Menarik Lainnya: