advertisements

Apple iPhone 5S akhirnya resmi dirilis dan akan mulai dijual ke pasaran pada tanggal 20 September mendatang. Smartphone yang mengusung spek tinggi ini juga membawa beberapa fitur baru yang cukup menarik seperti Touch ID sensor yang akan memanfaatkan sidik jari sebagai pengganti password dan juga fitur slow motion yang terdapat pada kameranya.

apple iphone 5s

Desain

Apple iPhone 5S hadir dengan desain yang sedikit berbeda dengan versi sebelumnya, dan yang paling mencolok adalah perubahan tombol home yang baru. Ponsel ini juga hadir dengan 3 variasi warna yang berbeda, yaitu hitam/abu-abu, putih/silver, dan putih/emas. Ketiga variasi warna tersebut cukup unik karena menyalahi kebiasaan Apple selama ini yang selalu meluncurkan iPhone dengan warna putih dan hitam saja. Secara keseluruhan, ponsel ini memiliki dimensi sebesar 123.8 x 58.6 x 7.6 mm dan berat 112 gram.

Display

advertisements

Banyak orang yang berharap jika Apple iPhone 5S ini akan dilengkapi layar beresolusi 1080×1920 piksel, namun ternyata ponsel ini hanya mengusung layar IPS LCD 4 inch dengan resolusi 640 x 1136 dan kerapatan layar sebesar 326 ppi. Spesifikasi ini jelas jauh di bawah para raksasa Android yang kebanyakan mengusung resolusi 1080p dengan kerapatan di atas 400 ppi. Namun layar yang lebih kecil ini justru memberikan keuntungan untuk baterai yang lebih tahan lama karena layar dengan resolusi tinggi cenderung mengkonsumsi lebih banyak baterai. Untuk proteksinya, layar pada ponsel ini telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass dan oleophobic coating.

Performa Apple iPhone 5S

Fitur mengejutkan yang ada pada Apple iPhone 5S ini adalah chipsetnya. iPhone 5S merupakan ponsel pertama yang mengusung prosesor 64 bit sehingga chipset Apple A7 yang disematkan pada ponsel ini diklaim dapat memberikan kecepatan prosesor 40 kali lebih cepat, dan GPU 56 kali lebih cepat daripada seri sebelumnya. Spesifikasi ini dianggap bisa memberikan pengalaman dalam bermain game yang sempurna.

Memori

Dalam urusan memori, seperti biasanya Apple menawarkan ponsel terbarunya ini dengan tiga pilihan kapasitas memori internal, yaitu 16, 32, dan 64 GB. Dan seperti biasa juga, Apple tidak menyediakan slot memori eksternal Micro SD pada perangkat Apple iPhone 5S ini.

Kamera

Di saat ponsel premium berlomba-lomba mengusung kamera dengan resolusi 13 MP, Apple iPhone 5S justru tetap bertahan dengan resolusi 8 MP. Namun terdapat peningkatan di sisi ukuran piksel dan juga aperture (f/2.2) sehingga akan menghasilkan foto yang lebih bersih dan cerah. Fitur menarik lainnya adalah dual-LED flash yang dilengkapi amber color sehingga akan memperbaiki temperatur warna ketika mengambil foto di tempat yang sangat terang.

Kamera ini juga dapat merekam video beresolusi 1080p serta dapat merekam video slow motion berkecepatan 120 fps yag cukup unik dan menawan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan zooming sebanyak 3 kali ketika sedang merekam video.

Baterai

Apple iPhone 5S dilengkapi dengan baterai Li-Po berukuran 1440 mAh. Baterai ini dapat memberikan daya tahan selama 250 jam pada kondisi stand by, dan 10 jam untuk talk time.

Fitur Lain

Apple iPhone 5S menghadirkan control center pull-up menu yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai macam toggle secara cepat seperti yang terdapat pada perangkat Android. Selain itu, terdapat juga Touch ID fingerprint sensor yang dapat Anda gunakan untuk membuka maupun mengunci segala sesuatu hanya dengan menggunakan sidik jari sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan password.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Apple iPhone 5S membawa sesuatu yang sangat menarik untuk menggoda berbagai pengguna ponsel untuk beralih ke ponsel ini. Ponsel ini sendiri rencananya akan dilepas ke pasaran pada tanggal 20 September 2013. Untuk harganya sendiri, di Amerika provider T-Mobile menjual versi unlocked nya dengan harga $649 untuk 16 GB, $749 untuk 32 GB, dan $849 untuk 64 GB. Belum ada rilis resmi mengenai harga dan kapan ponsel ini akan dirilis untuk pasar Indonesia. 

Artikel Menarik Lainnya: