advertisements

Seperti yang dijabarkan pada bagian pertama, smartphone Android memiliki banyak keunggulan dibanding Apple iPhone seperti dalam hal harga, personalisasi, layar, merek, dan NFC. Kali ini Carisinyal akan kembali mengulas beberapa keunggulan lainnya yang akan membuat smartphone buatan Apple tersebut bertekuk lutut.

apple iphone

Layanan Google

Jika berbicara masalah layanan, maka Google adalah rajanya. Dari mulai contacts, calendar, e-mail, browser, Google Drive, Google Docs, Google+, YouTube, Google Now, hingga Map semuanya disediakan secara ekslusif oleh Google untuk Android. Bagaimana dengan Apple iPhone? Apple memang mempunyai layanan serupa, namun kualitasnya tidak bisa mengalahkan layanan buatan Android.

Aplikasi Android Sama Seperti Apple iPhone

advertisements

Mungkin beberapa tahun yang lalu para pembuat aplikasi menjadikan perangkat apple iPhone sebagai prioritasnya. Kini, perangkat Android juga menjadi prioritas dari pengembang aplikasi tersebut karena Android mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Menariknya, aplikasi yang dibuat untuk Android malah lebih murah daripada versi iPhone.

Tidak ada iTunes

iTunes merupakan salah satu aplikasi buatan Apple yang memiliki banyak kelebihan. Sayangnya, banyak orang justru menganggap iTunes adalah aplikasi yang mengganggu, terutama ketika ingin mengelola lagu. Pada smartphone Android, Kamu hanya tinggal mennyalin lagu dari komputer lalu menaruhnya di folder manapun yang Anda inginkan tanpa perlu melakukan langkah yang rumit seperti di iTunes.

Variasi Firmware

Android merupakan sistem operasi open source sehingga dapat dimodifikasi oleh siapapun. Hal ini jauh berbeda dengan iOS yang ada pada Apple iPhone yang tidak bisa secara bebas dimodifikasi. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengguna Android karena mereka tidak hanya terpaku pada fitur yang disediakan oleh si vendor pembuat ponsel saja.

Salah satu keuntungan dari firmware yang bervariasi tersebut adalah ketika smartphone Android kamu tidak lagi mendapatkan update dari vendor pembuatnya. Pasalnya, beberapa pembuat custom ROM Android seperti Cyanogen selalu memberikan update kepada berbagai macam smartphone Android.

Root

Hal terakhir yang membuat smartphone Android lebih baik ketimbang Apple iPhone adalah rooting. Ya, rooting adalah sesuatu yang paling disukai oleh pengguna Android. Dengan rooting kamu bisa memiliki kontrol penuh terhadap smartphone Android yang kamu miliki. Menariknya, walaupun banyak yang menganggap hal ini illegal, namun banyak produsen ponsel yang memberikan cara melakukan rooting dan unlock bootloader untuk ponsel buatan mereka secara gamblang dengan syarat tertentu.

Artikel Menarik Lainnya: