advertisements

Setelah meraih kesuksesan yang kurang begitu signifikan pada seri BlackBerry Z10-nya, kini BlackBerry mencoba meraih peruntungan pada seri terbarunya yang diberi nama BlackBerry Z30. Menariknya, ponsel ini merupakan ponsel BlackBerry terbesar sepanjang sejarah karena dibekali dengan layar berukuran 5 inch. Ponsel ini juga sudah mengusung sistem operasi BlackBerry terbaru yaitu BB10.2. Penasaran dengan spesifikasinya? Mari simak BlackBerry Z30 review dari Carisinyal ini untuk Anda.  

blackberry z30 review

Desain

advertisements

Dengan mengusung desain premium seperti kebanyakan ponsel papan atas saat ini, BlackBerry Z30 tetap menempatkan ciri khasnya yaitu logo BlackBerry di bagian bawah layar serta LED notification di bagian atas layar. Secara keseluruhan, ponsel ini memiliki dimensi sebesar 140.7 x 72 x 9.4 yang cukup tebal jika dibandingkan dengan ponsel premium lainnya. Ponsel ini sendiri hanya hadir dengan pilihan warna hitam saja. Hal ini cukup mengecewakan jika melihat ponsel premium lainnya yang sudah mengusung berbagai macam varian warna.

Layar

Ponsel terbaru dari produsen asal Kanada ini membawa layar Super AMOLED capacitive touchscreen dengan ukuran 5 inch. Layar yang mampu menampilkan warna hingga 16 juta ini juga dilengkapi dengan resolusi sebesar 720 x 1080 pixels. Untuk kerapatan pikselnya, ponsel ini memiliki kepadatan layar sebesar 294 ppi dan juga dilengkapi dengan multitouch. Walaupun sebenarnya sudah banyak ponsel premium yang menggunakan resolusi yang lebih tinggi, namun layar yang diusungnya ini sudah cukup baik.

Performa

Untuk urusan hardware, BlackBerry Z30 ini mengusung performa yang cukup mentereng untuk ponsel sekelasnya. Ponsel ini mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon S4Pro Dual-core 1.7 GHz Krait dengan RAM sebesar 2 GB. Spesifikasi tersebut tentu saja sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dalam sistem operasi BlackBerry 10.2 yang diusungnya. Selain itu ponsel ini juga dibekali dengan GPU Adreno 320 yang sangat mumpuni untuk bermain game secara lancar.

Kamera

Dalam hal kamera, BlackBerry Z30 ini hadir dengan kamera yang cukup memuaskan. Ponsel ini menyediakan kamera utama yang memiliki resolusi sebesar 8 MP yang dilengkapi dengan fitur Geo-tagging, face detection, image stabilization, dan autofocus. Kamera ini juga mampu merekam video dengan kualitas high definition dengan resolusi 1080p pada kecepatan 30 fps. Untuk kamera sekundernya, ponsel ini dilengkapi kamera beresolusi 2 MP yang dapat dipakai untuk keperluan video chatting dan juga untuk merekam video dengan kualitas 720p pada kecepatan 30 fps.

Memori Penyimpanan

BlackBerry Z30 review selanjutnya akan membahas media penyimpanan data. Ponsel terbaru besutan BlackBerry ini memiliki memori internal berkapasitas 16 GB. Selain itu, Anda juga dapat menambahnya dengan memori ekstenal berjenis MicroSD hingga kapasitas 64 GB.

Baterai

advertisements

Dalam hal daya tahan, ponsel ini dibekali dengan baterai Li-Ion dengan kapasitas sebesar 2880 mAh. Baterai tersebut diyakini bisa membawa ponsel ini bertahan dalam waktu talk time hingga 25 jam.

Konektivitas

Untuk urusan koneksi dengan perangkat lain, BlackBerry Z30 telah dibekali dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, Dual Band, Bluetooth v4.0 with A2DP, NFC, dan microUSB v2.0. Fitur lainnya yang terdapat di ponsel ini adalah SMS, MMS, Email, Push Email, IM, BlackBerry Messenger 6, HTML5, A-GPS support and GLONASS, SNS integration, BlackBerry maps, Organizer, Document Viewer, Photo viewer, MP3/WMA/WAV/eAAC+/FlAC player, DivX/XviD/MP4/WMV/H.263/H.264 player, Voice memo/dial, dan Predictive text input.

Kesimpulan

Setelah menyimak BlackBerry Z30 review di atas, dapat disimpulkan jika ponsel terbaru dari BlackBerry ini memang sangat fantastis karena spesifikasi kelas atas yang diusungnya. Ponsel ini menjamin para penggunanya untuk dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game secara lancar berkat prosesor dual core dengan clock 1.7 Ghz ditambah RAM sebesar 2 GB dan GPU Adreno 320 yang diusungnya. Terlebih, layar 5 inch beserta sistem operasi terbaru BB10.2 juga pastinya akan menjadi daya Tarik tersendiri bagi ponsel ini. Tertarik membelinya? 

Sumber: GSM Arena

Artikel Menarik Lainnya: