advertisements

Ketika kita baru membeli perangkat Android, pasti kita tidak akan menemui masalah apapun ketika menjalankan aplikasi atau bermain game. Namun seiring berjalannya waktu. Perangkat tersebut akan mulai terasa lambat bahkan tidak jarang mengalami lag atau patah-patah ketika bermain game.

Hal tersebut sangatlah wajar karena semakin lama kita menggunakan Android, maka biasanya semakin banyak pula aplikasi dan game yang diinstal. Banyaknya aplikasi dan game tersebut tentu akan banyak memakan RAM dan juga banyak meninggalkan cache sehingga membuat performanya menurun.

advertisements

Nah, maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengulas cara agar Android tidak lemot, baik ketika bermain game ataupun ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Cara-cara berikut ini sangatlah mudah dan Anda juga tidak perlu melakukan rooting terlebih dahulu.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Selama ini mungkin kita menganggap jika aplikasi lama yang sudah tidak digunakan lagi tidak akan menjadi masalah jika dibiarkan di smartphone atau tablet Android. Hal tersebut memang benar, namun alangkah baiknya jika kita menghapus aplikasi tersebut agar bisa menghadirkan ruang kosong bagi aplikasi lainnya.

Menghapus atau uninstall aplikasi tidaklah susah. Anda hanya tinggal menuju ke menu Settings > Apps, kemudian buka aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu tekan tombol uninstall. Pada beberapa jenis smartphone kita juga bisa melakukannya dengan menekan dan menahan ikon aplikasi tersebut, kemudian menggesernya ke ikon tempat sampah.

uninstal aplikasi

Sebelum menghapus aplikasi tersebut pastikan tidak ada data penting yang tersimpan di dalamnya seperti dokumen, data game, ebook, dan lainnya. Jika ada, maka silahkan backup terlebih dahulu agar Anda bisa menggunakannya kembali di masa yang akan datang.

Dengan menghapus berbagai aplikasi tersebut, maka kini akan ada banyak ruang yang bisa Anda gunakan untuk menginstal aplikasi lainnya. Anda juga dapat dengan mudah menginstal aplikasi tersebt di kemudian hari. Jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbayar, maka Play Store juga akan mengingatnya sehingga Anda tidak perlu membelinya lagi.

Bersihkan Cache

Hampir semua aplikasi akan menyimpan cache untuk berbagai keperluan. Normalnya, berbagai aplikasi tersebut akan tetap menjaga file cachenya agar tidak bertambah besar dengan menghapus cache lama yang sudah tidak digunakan. Sayangnya, terkadang ada aplikasi yang tidak berjalan normal sehingga cache yang lama tersebut tidak dihapus.

Jika keadaannya seperti itu, maka otomatis kita harus menghapusnya secara manual. Caranya pertama-tama buka menus Settings > Apps kemudian buka salah satu aplikasi di sana. Setelah terbuka Anda akan melihat ukuran cache dari aplikasi tersebut.

bersihkan cache

Jika ukuran cache tersebut dirasa tidak normal atau terlalu besar, maka Anda dapat langsung menghapusnya dengan cara menekan tombol “Clear Cache”. Setelah proses pembersihan ini mungkin aplikasi tersebut akan sedikit lambat ketika dibuka lagi untuk pertama kalinya. Hal tersebut sangat lumrah karena aplikasi tersebut akan membuat cache dari awal lagi.

Selain untuk cara agar Android tidak lemot, trik menghapus cache ini juga dapat Anda gunakan jika terdapat masalah pada suatu aplikasi. Menghapus cache ini juga sangat aman karena tidak akan menghapus data pribadi, preferensi, dan lainnya yang terdapat pada suatu aplikasi. Selain cara di atas, masih banyak cara lainnya untuk menghapus cache Android seperti yang diulas di artikel ini.

Hapus File Yang Tidak Penting

advertisements

Seperti disinggung di atas, menghapus aplikasi dapat menciptakan ruang kosong baru di memori yang sangat bermanfaat. Nah, ruang kosong tersebut juga bisa kita dapatkan dengan cara menghapus file yang tidak penting atau tidak digunakan lagi.

Jika kita mau meluangkan waktu untuk memeriksa berbagai folder di memori internal ataupun eksternal, pasti kita akan banyak menemukan file-file yang sudah tidak berguna lagi. Untuk menemukan file tersebut kita bisa menggunakan aplikasi semacam ES File Explorer dan lainnya.

Berbagai file yang tidak digunakan tersebut biasanya ada di folder download, bluetooth, dan lainnya. Berbagai file lainnya seperti offline maps dan cache video online juga wajib Anda hapus jika tidak terpakai lagi. Agar lebih lega, Anda juga bisa menghapus pesan SMS, WhatsApp, ataupun email yang sudah lama.

hapus file

Berbagai macam foto juga bisa Anda hapus jika jarang mengaksesnya. Namun Anda juga bisa mengunggahnya ke layanan penyimpanan awan jika Anda menginginkan foto tersebut tersimpan dengan aman. Silahkan pilih salah satu dari 5 penyimpanan awan terbaik saat ini.

Gunakan Aplikasi Khusus

Selain menggunakan berbagai cara manual di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi khusus untuk membersihkannya secara langsung. Terdapat banyak aplikasi di Play Store yang dapat dapat menghapus cache, menghapus aplikasi yang tidak terpakai, dan bahkan mematikan aplikasi yang membuat perangkat Android menjadi panas.

cara agar android tidak lemot cclener

Aplikasi pertama yang cukup handal adalah CCleaner. Aplikasi yang juga populer di kalangan pengguna PC ini dapat menghapus junk file alias file sampah yang tidak digunakan lagi sehingga akan menambah ruang kosong di memori penyimpanan. Aplikasi ini dapat melakukannya secara otomatis sehingga tidak perlu repot menghapusnya satu persatu.

Aplikasi yang selanjutnya adalah Clean Master. Selain dapat menghapus junk file, aplikasi ini juga dapat mematikan aplikasi yang membuat Android lemot serta dapat membuat RAM menjadi lebih lega. Setelah menggunakannya, Anda pasti akan merasakan peningkatan performa di smartphone atau tablet Android Anda.

Aplikasi terakhir yang juga bisa Anda coba adalah The Cleaner. Aplikasi ini dapat menghapus junk file, cache, bahkan hingga riwayat panggilan dan SMS. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menjadwalkan proses pembersihan tersebut di waktu-waktu tertentu saja. Yang menarik, aplikasi ini juga akan menampilkan berapa banyak kapasitas memori yang akan Anda dapatkan setelah proses pembersihan.

Nah itulah berbagai cara agar Android tidak lemot ketika digunakan. Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi repot melakukan factory reset untuk mengembalikan performanya. Kini Anda dapat membuka berbagai macam aplikasi dan game tanpa adanya masalah lag atau sejenisnya. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: