advertisements

Apakah Anda pernah mengalami kehilangan semua daftar kontak yang ada di BBM? Hal tersebut bisa membuat orang senewen. Pasalnya, mungkin ada banyak kontak penting di BBM yang hilang tak berbekas. Anda harus menginvite ulang satu persatu kontak teman, keluarga, dan kerabat Anda.

Nah, agar Anda tidak mengalami kejadian seperti itu, sebaiknya segera lakukan backup kontak BBM sekarang juga karena kontak di BBM bisa hilang seketika. Penyebab dari terhapusnya semua kontak di BBM ada bermacam-macam, mulai dari upgrade OS hingga tidak sengaja menghapus aplikasi BBM dari smartphone Anda.

advertisements

Tak perlu membawa smartphone Anda ke counter ponsel untuk melakukan backup dan restore kontak BBM. Karena Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara backup kontak BBM yang akan Carisinyal ulas berikut ini.

Cara Backup Kontak BBM Versi 6 via Blackberry

Cara backup kontak BBM yang pertama ini bisa dilakukan pada smartphone Blackberry yang menggunakan OS 6 ke bawah. Sistem operasi ini biasanya digunakan pada perangkat Blackberry lama di mana kontak BBM-nya belum tersinkronisasi dengan BlackBerru ID. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka BBM Anda
  2. Tekan tombol menu (logo Blackberry)
  3. Pilih ‘Option’
  4. Scroll ke bawah untuk mencari pilihan ‘Backup Management’
  5. Pada menu Save a Backup of Your Contact List pilihlah ‘Back up’
  6. Selanjutnya, agar lebih mudah pilihlah ‘Back up Locally’
  7. Tekan ‘Back up Now’
  8. Jika ingin memberi nama untuk file Backup kontak Anda, pilih ‘Rename’
  9. Tentukan lokasi folder untuk menyimpan, lalu tekan ‘Save’

cara backup kontak bbm

Jika suatu saat Anda kehilangan kontak BlackBerry, maka Anda bisa mengembalikannya dengan menggunakan fitur restore. Namun, Anda hanya bisa memanfaatkan fitur ini apabila Anda sudah pernah melakukan backup kontak sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkah restore kontak di Blackberry yang menggunakan OS 6 ke bawah:

  1. Buka BBM Anda
  2. Tekan tombol menu (logo Blackberry)
  3. Pilih ‘Option’
  4. Scroll ke bawah untuk mencari pilihan ‘Backup Management’
  5. Pilih ‘Restore’
  6. Lanjutkan dengan memilih Restore Using a Backup File From Device
  7. Pilih file Backup yang sudah Anda buat sebelumnya
  8. Di layar Blackbbery Anda akan muncul konfirmasi: The contact list will be replaced, selesaikan dengan memilih ‘Yes’

Cara Backup Kontak BBM Versi 6 via Dekstop Manager

Selain melakukan backup dan restore menggunakan perangkat Blackberry, Anda juga bisa melakukan keduanya via dekstop manager dengan bantuan PC atau laptop. Cara ini dirasa lebih aman, mengingat terkadang sebuah smartphone Blackberry bisa saja terkena masalah hingga semua datanya hilang, termasuk kontak yang mungkin sudah di backup sebelumnya.

cara backup contact bbm desktop manager

Selain itu, cara ini juga dapat dijadikan antisipasi jika suatu saat perangkat BlackBerry Anda hilang atau mati total. Backup dengan dekstop manager ini berfungsi untuk membuat file cadangan. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk backup kontak BBM melalui PC atau laptop:

  1. Hubungkan Blackberry dengan PC/Laptop menggunakan kabel USB
  2. Buka menu Blackberry Dekstop Manager di PC/ Laptop, kemudia double klik pada menu ‘Backup and Restore’
  3. Tunggu beberapa saat, karena perangkat akan mendeteksi PIN dan tipe Blackberry terlebih dahulu
  4. Klik ‘Advanced’ di menu ‘Backup and Restore’
  5. Pilih ‘Kontak’ yang terdapat pada Handled Databases di sebelah kanan
  6. Klik ikon panah untuk memindahkan pilihan ke daftar Dekstop File Databases
  7. Klik ‘File’ dan pilih ‘Save’, maka Dekstop Manager akan menyimpan file backup kontak BBM Anda dengan format .ipd

Apabila kontak Anda hilang setelah di backup dengan Dekstop Manager, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa mengembalikan kontak BBM tersebut dengan menggunakan cara restore kontak BBM via Dekstop Manager berikut ini:

  1. Hubungkan Blackberry dengan PC/Laptop menggunakan kabel USB
  2. Buka menu Blackberry Dekstop Manager di PC/ Laptop, kemudia double klik pada menu ‘Backup and Restore’
  3. Tunggu beberapa saat, karena perangkat akan mendeteksi PIN dan tipe Blackberry terlebih dahulu
  4. Klik ‘Device’, lanjutkan dengan memilih menu ‘Restore’
  5. Pilih file restore yang sudah disimpan pada PC/Laptop dalam format .ipd
  6. Selesaikan dengan memilih ‘Restore’

Nah, cara backup dan restore BBM ini sangat efektif untuk melindungi daftar kontak BBM agar tidak mudah hilang. Pasalnya, bagi sebagian pengguna BBM kehilangan kontak mungkin adalah hal yang biasa dan tidak memiliki dampak terlalu besar.

Akan tetapi, bagi pengguna BBM dari kalangan pebisnis dan online shop, kehilangan kontak BBM bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan. Oleh karena itu, sebelum terlambat segera backup dan restore kontak BBM Anda sekarang juga.

Cara Backup Kontak BBM Versi 7, Android, iOS, dan Windows Phone

Bagi pengguna BBM versi 7 ke atas cara backup maupun restore BBM di atas tidak berlaku lagi. Pasalnya, kontak BBM versi 7 ke atas sudah tersimpan secara otomatis di Blackberry ID. Blackberry ID ini akan melakukan sinkronisasi secara langsung sehingga kontak Anda akan tersimpan di server BlackBerry.

advertisements

Cara di atas juga tidak bisa diimplementasikan bagi Anda pengguna aplikasi BBM di perangkat Android, iOS, dan Windows Phone karena aplikasi BBM untuk perangkat non-BlackBerry juga sudah menggunakan BlackBerry ID.

cara restore kontak bbm

BlackBerry ID ini biasanya akan Anda dapatkan secara otomatis ketika menginstal aplikasi BBM untuk pertama kalinya. Untuk tutorial lebih lengkap mengenai cara membuat BlackBerry ID ini, silahkan simak ulasan kami di artikel ini.

Ketika Anda berganti perangkat, cukup sign out atau uninstall BBM Anda di perangkat sebelumnya. Kemudian, sign in dengan Blackberry ID di perangkat yang baru, maka secara otomatis Anda Akan mendapatkan kontak-kontak BBM di perangkat sebelumnya.

Oleh karena itu, bagi pengguna BBM di smartphone Android, iOS, dan Windows Phone, sangat penting untuk menghafal email dan password Blackberry ID Anda. Pasalnya jika Anda lupa, maka secara otomatis harus membuat BlackBerry ID yang baru.

Meskipun kotak Anda tersinkronisasi dengan server BBM, namun ketika berganti perangkat, mungkin PIN Blackberry Anda akan berganti juga. Nah, agar PIN BBM-nya tidak berganti, Anda bisa menggunakan PIN BBM cantik dengan mengikuti tutorial ini.

Nah, apakah saat ini Anda sudah melakukan backup dan restore pada kontak BBM? Jika belum segera coba cara backup kontak BBM di atas sebelum Anda menyesal karena kehilangan daftar kontak yang sangat berharga di BBM Anda.

Artikel Menarik Lainnya: