advertisements

Saat ini banyak dokumen ataupun ebook yang dibuat dalam format PDF. Namun format tersebut kurang begitu bersahabat jika Anda berencana untuk merubah isinya jika dibandingkan dengan format Microsoft Word. Oleh karena itu kali ini Carisinyal akan mengulas cara convert PDF ke Word dengan sangat mudah.

Tutorial ini akan mengulas dua macam cara untuk merubah file PDF tersebut. Yang pertama adalah merubah secara online bagi Anda yang memiliki koneksi internet. Sedangkan yang kedua adalah merubah secara offline melalui aplikasi PDF converter.

Cara Convert PDF ke Word Secara Online

advertisements

Mengubah PDF ke Word dapat dilakukan dengan cara online. Ada beberapa situs internet yang memang dibuat khusus untuk mengubah PDF ke dalam bentuk Word di antaranya adalah PDF to Word dan PDF Online. Keduanya menyediakan fitur PDF converter yang gratis dan mudah digunakan.

PDF to Word

Situs pertama adalah PDF to Word yang dapat mengubah PDF dengan cara yang mudah dan juga cepat. Pertama-tama, pilihlah file PDF yang akan Anda ubah menjadi bentuk Word dengan mengklik tombol browse. Setelah itu masukanlah alamat email yang Anda miliki pada kolom yang ada di bawahnya.

Setelah mengisi form dengan alamat email yang Anda miliki, Anda harus mengisi kode CAPTCHA untuk memastikan bahwa Anda bukan bot spam. Terakhir, klik tombol Convert to Word dan tunggulah beberapa detik sampai proses upload yang dilakukan selesai.

PDF Online

Selain menggunakan situs PDF to Word, Anda juga dapat mengubah PDF ke Word dengan menggunakan situs PDF Online. Situs ini juga menyuguhkan fitur PDF converter yang mudah untuk digunakan dengan hanya beberapa langkah saja.

Setelah Anda membuka situs tersebut, klik menu “Upload a File to Convert”, hingga muncul sebuah Pop Up. Setelah itu pilihlah file PDF yang akan diubah ke dalam bentuk Word dari komputer anda. Proses converting akan langsung dimulai dan Anda harus menunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Setelah selesai akan muncul gambar yang menyuruh Anda untuk mendownload file yang sudah di convert secara otomatis pada situs tersebut. Anda dapat langsung mendownload file tersebut dan  menyimpannya di komputer. Silahkan simak video di bawah ini untuk tutorial lengkapnya:

[youtube youtubeurl=”fYF27Ib_l14” ][/youtube]

Itulah beberapa cara convert PDF ke Word yang dapat dilakukan secara online. Kelebihan mengubah PDF ke dalam bentuk Word secara online yaitu sangat cepat prosesnya dan caranya juga sangat mudah. Anda tidak perlu menginstal aplikasi pada komputer sehingga Anda tidak repot dalam mengubahnya.

Kekurangan menggunakan cara online untuk mengubah file PDF adalah Anda harus memiliki akses internet pada komputer Anda. Tentunya dengan koneksi internet yang cepat maka proses upload file dapat berjalan dengan cepat pula. Proses pengubahannya pun dapat dilakukan dengan ringkas jika koneksi internet dapat berjalan dengan lancar.

Bagi orang yang masih awam dengan internet mungkin sangat sulit untuk dilakukan. Namun, apabila Anda sudah hafal dengan cara menggunakan internet, maka mengubah PDF dengan cara online merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Dengan begitu Anda akan dapat mengerjakan semua tugas atau pekerjaan dengan lancar.

Menggunakan Program Converter PDF to Word

Selain dapat dilakukan secara online, mengubah PDF ke dalam bentuk Word juga dapat dilakukan secara offline alias tanpa menggunakan akses internet. Tentunya Anda harus download PDF to Word converter dulu untuk melakukannya. Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk mengubah PDF ke dalam bentuk word antara lain:

1. AnyBizSoft

cara convert pdf ke word anybizsoft

AnyBizSoft merupakan software yang dapat mengubah file PDF ke dalam bentuk file word secara langsung. Penggunaan software ini terbilang mudah untuk dilakukan meskipun bagi orang yang masih awam. Software ini juga dapat diperoleh dengan gratis tanpa mengeluarkan biaya. Namun untuk menggunakannya Anda harus sudah menginstal Microsoft Word di dalam komputer yang digunakan.

2. All Office Converter Platinum

advertisements

Software All Office Converter Platinum juga dapat didownload secara gratis. Software ini lebih canggih karena dapat mengubah file PDF ke dalam Word dan dapat pula mengubah file lain, misalnya dari Excel ke PDF.

Selain itu Anda juga dapat mengubah beberapa file secara sekaligus sehingga Anda tidak perlu repot mengubahnya satu persatu. Dengan begitu, software ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mengubah file PDF dalam jumlah yang banyak.

3. Able2Doc

Cara mengubah PDF ke Word able2doc

Software selanjutnya adalah Able2Doc yang dapat mengubah file PDF dengan cepat dan juga akurat ke dalam bentuk file Word. Anda tidak perlu melakukan pengeditan pada file yang sudah diubah. Pasalnya software ini akan membuat tampilan file Word menjadi sama persis dengan tampilan file PDF-nya.

Selain dapat mengubah ke dalam bentuk file Word, Software ini juga dapat digunakan untuk mengubah file PDF ke dalam berbagai bentuk lainnya. Anda dapat menggunakan software ini hanya selama 7 hari, karena hanya bersifat trial saja. Jika Anda ingin menggunakannya kembali, Anda harus membelinya dengan harga mencapai $50.

4. UniPDF PDF to Word

Jika Anda ingin merubah PDF ke banyak format secara gratis, maka UniPDF PDF to Word adalah pilihannya. Aplikasi ini dapat mengubah file PDF ke dalam format Word, text, HTML, bahkan hingga menjadi gambar dengan format jpg, png, bmp, tif, gif, pcx, dan tga.

Aplikasi ini hanya memiliki ukuran sebesar 4 MB sehingga tidak akan memberatkan kinerja komputer Anda.Kelemahan dari software ini adalah terkadang hasil pengubahannya terlihat kurang rapi sehingga Anda harus mengeditnya kembali agar terlihat rapi.

5. SmartSoft Free PDF to Word Converter

Cara mengubah PDF ke Word smartsoft

SmartSoft Free PDF to Word Converter merupakan software converter yang dapat melakukan konversi dengan proses yang cepat dari file PDF ke dalam file Word. Software ini juga sangat mudah digunakan dan hasil konversinya juga sangat bagus.

Salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah fitur preview di mana Anda dapat melihat contoh hasilnya terlebih dahulu sebelum merubahnya. Sayangnya, Anda tidak dapat melakukan konversi banyak file secara sekaligus sehingga akan cukup banyak menyita waktu Anda.

6. Boxoft PDF to Word

Software terakhir yang dapat mengubah dokumen PDF ke dalam bentuk file Word adalah Boxoft PDF to Word. Software ini mudah digunakan dan dapat mengkonversi beberapa file secara sekaligus. Sayangnya, software ini terkadang tidak mampu bekerja dengan baik untuk file yang berukuran besar.

Itulah beberapa cara convert PDF ke Word yang dapat Anda coba. baik dengan online ataupun offline keduanya memiliki kekurangan dan juga kelebihan masing-masing. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan cara yang dirasa paling mudah dilakukan dan juga paling cepat dalam proses konversinya. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: