advertisements

Baru-baru ini Android 6.0 Marshmallow resmi dirilis. Sayangnya, sistem operasi mutakhir dari Android tersebut belum tersedia untuk perangkat-perangkat Android secara luas. Android Marshmallow hanya tersedia di dua smartphone besutan Google, yakni Nexus 5X dan Nexus 6P.

Butuh waktu beberapa minggu atau bulan untuk menantikan platform Android Marshmallow menjamah smartphone lainnya. Nah, jika Anda tidak sabar menunggu, mungkin Anda ingin segera menginstal beberapa aplikasi yang ditawarkan oleh Android Marshmallow ini.

advertisements

Kali ini Carisinyal akan membagikan cara instal aplikasi Marshmallow yang bisa Anda gunakan pada perangkat Android KitKat atau Lollipop Anda. Ada beberapa fitur dari Android Marshmallow yang bisa diinstal pada smartphone atau tablet Android Anda, antara lain adalah:

Manage App Permissions (Mengelola Hak Akses App)

Ketika hendak mengunduh aplikasi, biasanya akan ada App Permissions yang akan muncul di layar perangkat Anda. Android Marshmallow memungkinkan Anda untuk mengizinkan atau menolak izin retrospektif sehingga Anda tidak harus membuat keputusan ketika pertama kali mengunduh aplikasi tersebut.

cara instal aplikasi marshmallow privacy

Ini sangat berguna, tetapi fitur ini tidak bisa Anda temukan pada Android Lollipop. Nah, apabila perangkat Anda sudah di root, maka Anda bisa menikmati aplikasi Xprivacy untuk mengelola hak akses semua aplikasi yang akan diunduh, sama seperti Android Marshmallow. Aplikasi ini menawarkan fitur manage app permissions layaknya Android Marshmallow.

Chrome Custom Tabs

Chrome Custom Tabs adalah fitur pembuka link dari Android Marshmallow. Pada sistem operasi Android sebelumnya, ketika Anda mendapatkan sebuah link yang dikirim melalui WhatsApp atau email, ketika Anda klik link tersebut, maka secara otomatis link akan terbuka melalui default browser yang Anda gunakan.

Mungkin semuanya terlihat baik-baik saja, tetapi membuka link pada sebuah browser dapat memakan RAM yang cukup besar. Nah, dengan Chrome Custom Tabs, Anda dapat melihat gambaran atau preview mengenai link yang akan dibuka.

link bubble

Ketika Anda membuka link dengan fitur tersebut, loading-nya juga lebih cepat dari Chrome biasa. Di samping itu, fitur ini juga menggunakan sumber daya sistem yang lebih sedikit. Fitur ini benar-benar sangat berguna bagi pengguna Android Marshmallow.

Nah, jika ingin menikmati fitur yang sama di OS Android lawas, Anda bisa menginstal Link Bubble Browser. Cara instal aplikasi Marshmallow yang satu ini mudah tidak perlu melakukan root perangkat. Link Bubble juga memungkinkan Anda membuka aplikasi lain saat sedang loading membuka suatu link.

Smart Link

tappath

Saat Anda ingin membuka link sebuah aplikasi, maka otomatis pekerjaan tersebut akan dilakukan oleh browser perangkat Anda. Nah, Smart Link adalah fitur kecil dalam Android Marshmallow yang memungkinkan Anda untuk membuka link yang langsung ternavigasi pada sebuah aplikasi.

advertisements

Agar lebih mudah, kami akan memberi contoh seperti ini, ketika Anda hendak membuka link twitter, maka Smart Link akan membuka aplikasi twitter dan menampilkan laman yang dimaksud oleh link tersebut. Tak perlu memiliki Android Marshmallow untuk mencoba fitur ini. Unduh saja TapPath di Google Play Store. Namun, Anda harus membeli aplikasi ini seharga 12 ribu rupiah.

Fitur Pembaca Sidik Jari

Di Android Marshmallow, fitur pembaca sidik jari (fingerprint) tidak hanya berfungsi untuk mengunci layar, tetapi juga melakukan otorisasi pembayaran. Fitur ini akan terkoneksi dengan PayPal untuk mempermudah proses pembayaran melalui perangkat Anda.

Jika smartphone Anda belum memiliki fitur ini, maka Anda tak perlu khawatir. Anda bisa menginstal ICE Unlock Fingerprint. Aplikasi ini akan mengubah kamera menjadi scanner. Akan tetapi, aplikasi ini hanya bisa mengunci layar perangkat.

Karena ini merupakan sebuah aplikasi biasa, maka tingkat keamanan dari fingerprint ini tidak bisa disamakan dengan fingerprint berdedikasi yang ada di Marshmallow. Namun, ICE Unlock Fingerprint sudah cukup baik untuk mencegah orang lain membuka layar smartphone Anda.

Manajemen Memori

Android meningkatkan fungsi task manager lebih baik dari versi sebelumnya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat aplikasi atau sistem apa saja yang menggunakan RAM perangkat Anda. Nantinya, Play Store akan menawarkan fitur task manager yang dapat menghentikan aplikasi nakal dan memanajemen aplikasi yang Anda miliki.

network monitor mini

Untuk memantau aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat KitKat atau Lollipop Anda, unduh saja Network Monitor Mini. Aplikasi ini bisa melakukan manajemen aplikasi layaknya yang ditawarkan Android 6.0. Aplikasi yang dikembangkan oleh KF Software House ini bisa didownload secara gratis.

Penyusun Ulang Laci Aplikasi

Marshmallow membuat tampulan penyusung ulang laci aplikasi (app drawer) menjadi lebih terorganisir. Pada empat ikon pertama terdapat aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Selanjutnya, aplikasi lainnya akan disusun secara alfabetis.

app drawer

Jadi, aplikasi-aplikasi di perangkat Anda akan terorganisir secara lebih rapi. Jika Anda ingin mencoba fitur tersebut, saat ini sudah banyak launcher pihak ketiga yang menyediakannya. Silahkan pilih salah satu launcher terbaik yang pernah kami ulas di artikel ini.

Peningkatan Daya Tahan Baterai

Apakah Anda pernah mencoba charge smartphone Android melalui USB-C? Tak dapat dipungkiri bahwa mengisi daya baterai melalui USB-C akan memakan waktu lebih cepat dibanding mengisi menggunakan port USB standar.

baterai marshmallow

Di Android Marshmallow, Google telah memperkenalkan fitur yang dapat mengisi baterai dengan cepat melalui USB-C. Bagi pengguna Android Lollipop atau versi dibawahnya, Anda bisa mengakalinya dengan beberapa trik untuk memperoleh fitur yang sama meskipun tanpa USB-C di artikel ini.

Smart microSD

OS Android 6.0 membuat microSD menjadi layaknya memori internal. Dengan kata lain, Anda bisa menyimpan berbagai aplikasi besar pada memori eksternal ini tanpa ada batasan lagi seperti pada Android KitKat dan Lollipop.

Bagi Anda yang belum menggunakan perangkat berbasis Android Marshmallow, Anda bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk menikmati fitur serupa. Silahkan simak tutorial instalasi Link2SD tersebut di artikel ini.

Nah itulah berbagai cara instal aplikasi Marshmallow melalui perangkat berbasis Android Lollipop atau versi di bawahnya. Anda tak perlu menunggu lama untuk mencicipi fitur dari Marshmallow yang sangat menarik karena Anda sudah bisa mencobanya sekarang juga.

Artikel Menarik Lainnya: