advertisements
advertisements

Ulasan cara membuat blog pada postingan kali ini mungkin sedang Anda cari-cari. Sebab, keberadaan blog pada saat ini sudah menjadi media alternatif untuk memiliki website secara gratis. Namun meskipun gratis, jika blog dikelola dengan baik, maka uang bisa mengalir dengan cepat.

Hal itulah yang membuat para pengguna internet beramai-ramai memanfaatkan blog untuk kebutuhan bisnis maupun sekedar hobi. Mungkin Anda juga salah satu yang sedang ingin memanfaatkan media tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog.

advertisements
advertisements

Tetapi sebelum membahas lebih lanjut mengenai panduan membuat blog yang menarik bagi para pengunjung, mari kita pelajari terlebih dahulu apa yang dimaksud blog.

Pengertian Blog

Secara bahasa, blog merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Web dan Log, yang kemudian disingkat WEBLOG. Secara istilah, kata WEBLOG bisa diartikan sebagai catatan online yang terdapat pada halaman website. Dengan demikian, blog bisa diartikan secara eksplisit sebagai situs website yang memilikiberbagai macam tulisan.

Tulisan tersebut bisa berupa artikel ataupun informasi lainnya yang dibutuhkan oleh para pengunjungnya. Isi dari tulisan atau artikel di dalam log bisa diakses secara online oleh siapa saja. Dari pengertian tersebut, untuk membuat blog yang menarik tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Fitur yang ada didalam blog memang berbeda dengan website yang dikelola secara profesional dengan cara membeli domain dan hosting khusus. Blog yang bisa didapatkan secara gratis memiliki keterbatasan fitur dibanding website berbayar.

Namun meskipun memiliki keterbatasan, blog tetap bisa diakses oleh seluruh pengunjung di dunia. Lantas bagaimanakah cara membedakan website yang berbayar dengan blog gratis karena tampilannya hampir sama? Berikut adalah beberapa ciri- ciri blog gratis yang terdapat secara umum:

1. URL berisi nama penyedia layanannya

Blog gratis mempunyai nama dan alamat URL yang mencantumkan penyedia layanan. Misalnya jika kita menggunakan fasilitas blog dari Blogger, maka alamat blog tersebut akan memiliki tambahan kata blogspot di belakangnya seperti carisinyal.blogsopt.com. Jika menggunakan WordPress, maka akan memiliki URL carisinyal.wordpress.com dan sebagainya.

2. Bersifat pribadi

Kebanyakan blog gratis dibuat untuk tulisan pribadi dan bukan untuk mempromosikan brand tertentu. Sebagian pemilik blog yang mengisi blog mereka dengan berbagai macam topik, sedangkan sebagian yang lainnya hanya fokus pada satu topik saja.

Namun walaupun sebagian besar orang memanfaatkan blog gratis sebagai media publikasi tulisan secara online, tidak sedikit pula saat ini yang memanfaatkannya untuk media jual beli online. Tentunya, jual beli di blog gratis tetap tidak disarankan demi alasan keamanan.

3. Strukturnya sederhana

Sebuah blog biasanya memiliki tulisan dan artikel saja tanpa memiliki halaman-halaman yang lebih kompleks seperti about us, sitemap, dan elemen-elemen lainnya yang biasa terdapat pada sebuah web berbayar.

Cara Membuat Blog Yang Menarik

cara membuat blog

Membuat blog yang menarik membutuhkan beberapa tahapan yang sama seperti membuat blog lainnya. Setiap pemilik blog pasti berharap setelah membuat blog tersebut nantinya banyak yang mengunjunginya. Untuk mendapatkan blog yang demikian, maka dibutuhkan pengaturan dan pengelolaan yang optimal dan diupdate secara terus menerus.

advertisements

Selain itu, membuat blog juga dibutuhkan tulisan yang berbeda dari yang lain supaya mesin pencari tertarik untuk memasukkan postingan blog kita dalam hasil pencarian. Untuk menyingkat waktu, langsung saja kita menuju langkah-langkah membuat akun blog gratis tersebut:

advertisements

1. Membuat email Gmail

Fasilitas blog gratis yang dijadikan contoh pada tutorial ini adalah Blogger atau Blogspot dari Google. Jika Anda belum mempunyai akun email dari Google, maka sebaiknya Anda melakukan registrasi email di Google terlebih dahulu. Silahkan ikuti tutorial membuat Gmail di artikel ini.

2. Registrasi akun Blogger

Setelah proses registrasi email Google berhasil, proses selanjutnya adalah masuk ke halaman situs Bloger di blogger.com. Setelah itu lakukanlah registrasi blog baru dengan mengikuti langkah-langkah yang terdapat dalam panduan di halaman tersebut. Registrasi ini bisa dilakukan melalui PC ataupun lewat HP.

3. Atur fitur dan tampilannya

Setelah proses registrasi akun blogger selesai dan mendapat konfirmasi dari Google, maka akun blog sudah bisa Anda gunakan. Setelah itu Anda harus melakukan pengaturan yang optimal agar blog Anda menjadi menarik dan disukai oleh pengunjung.

Dalam dashboard Blogger, Anda bisa bebas memilih fitur yang tersedia untuk disematkan pada blog. Di sana Anda juga dapat mengatur tampilannya untuk mempercantik tampilan blog tersebut. Anda juga bisa mendownload template tambahan untuk peraturan halaman blog agar sesuai dengan tema blog Anda

Tips Membuat Tulisan Blog Yang Menarik

Memiliki blog yang menarik bukan hanya tergantung pada pengaturan fitur yang tersedia saja. Tetapi hal tersebut juga berkaitan dengan bentuk tulisan maupun postingan yang Anda buat. Cara membuat blog dengan postingan yang menarik membutuhkan beberapa tips jitu seperti 3 langkah di bawah ini:

1. Buat artikel yang menarik

Jika postingan yang akan dibuat adalah sebuah artikel, maka buatlah artikel yang menarik. Konten yang terdapat pada blog harus baru dan bukan hasil meniru tulisan dari artikel lain. Karena mesin pencari tidak akan tertarik dengan tulisan hasil jiplakan.

Dengan demikian, hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat artikel atau tulisan pada blog adalah mencari tema yang sedang menjadi trend. Kemudian setelah menemukan tema tersebut, buatlah artikel atau tulisan yang baru dan berbeda dari tulisan yang sudah ada saat ini.

Membuat blog yang berisi tulisan yang fresh akan menarik perhatian Google dan mesin pencari lainnya. Dengan begitu, mereka akan menampilkan blog Anda dalam top keyword yang muncul di hasil pencarian mesin pencari.

2. Buat format tulisan yang mudah dibaca

Selain membuat tulisan yang menarik, Anda juga haru mempertimbangkan tata penulisan yang baik agar mudah dibaca. Gunakanlah spasi yang tidak terlalu rapat agar tidak menyulitkan ketika dibaca. Tempatkan juga gambar atau video di tempat yang tidak mengganggu pengunjung ketika membaca blog Anda.

Manfaatkan juga berbagai format penulisan yang ada, seperti heading untuk judul dan sub-judul, numbering untuk mengurutkan nomor, dan lainnya. Beberapa style standar juga wajib Anda sertakan seperti bold, italic, dan underline.

3. Pilih font yang sesuai

Pemilihan font pada artikel juga berpengaruh terhadap rasa nyaman pengunjung blog yang membaca tulisan Anda. Hindari penggunaan font dengan model yang rumit karena hal tersebut akan membuat pengunjung tidak nyaman ketika membacanya. Selain itu, gunakanlah font dengan ukuran yang tidak terlalu kecil agar tidak menyulitkan ketika dibaca.

Demikianlah beberapa langkah-langkah mudah membuat blog gratis yang menarik bagi para pengunjung. Selain tata cara penulisan di atas, Anda juga harus rutin membuat tulisan baru agar mesin pencari semakin menyukai blog Anda..

Anda juga harus mempelajari teknik penguasaan SEO dan tips lain supaya konten yang Anda miliki selalu berada di peringkat pertama hasil pencarian dari mesin pencari. Selamat mencoba cara membuat blog ini dan semoga menjadi orang sukses yang diawali dengan menulis blog.

Artikel Menarik Lainnya: