advertisements

Salah satu komponen internal dari laptop dan PC yang cukup rawan mengalami kerusakan adalah hard disk. Kerusakan yang cukup berbahaya adalah bad sector karena bisa menyebabkan hilangnya data. Meskipun begitu, terdapat cara memperbaiki hardisk bad sector yang cukup mudah dilakukan jika Anda mengalaminya.

Bad sector sendiri merupakan suatu istilah yang digunakan ketika terdapat satu sektor dalam hard disk yang mengalami kerusakan. Sektor yang rusak tersebut tidak akan merespon perintah read (membaca) ataupun write (menulis) dari komputer.

advertisements

Bad sector dapat terjadi pada hard disk jenis magnetis ataupun pada jenis solid-state drives. Bad sector bisa disebabkan oleh kerusakan fisik ataupun kerusakan software. Bad sector akibat kerusakan fisik tidak bisa diperbaiki sedangkan akibat kerusakan software masih bisa diperbaiki.

Jenis Bad Sector

Terdapat dua jenis bad sector yang biasa terjadi pada hard disk, yakni “physical” dan“logical”. Bad sector jenis physical sering disebut juga sebagai hard bad sector, sedangkan jenis logical sering disebut sebagai soft bad sector.

Hard bad sector merupakan kumpulan sektor hard disk yang mengalami kerusakan secara fisik. Kerusakan tersebut bisa disebabkan karena head dari hard disk menyentuh sektor tersebut kemudian merusaknya. Bisa juga karena ada debu yang masuk, hard disk pernah terjatuh, dan masalah fisik lainnya. Bad sector jenis ini tidak bisa diperbaiki lagi.

Sedangkan soft bad sector merupakan kumpulan sektor hard disk yang tidak berfungsi dengan baik. Penyebab bad sector jenis ini biasanya karena adanya software yang mengalami error atau permasalahan dalam sistem operasi. Soft bad sector dapat diperbaiki dengan melakukan low-level format atau dengan menggunakan program Windows Disk Check.

Penyebab Bad Sector

cara memperbaiki hardisk bad sector

Seperti disinggung di atas, penyebab bad sector ini sangat beragam. Bisa jadi bad sector tersebut sudah ada semenjak Anda membeli hard disk-nya. Pasalnya, setiap proses pembuatan hard disk tidak sepenuhnya sempurna karena pasti ada beberapa produk yang sudah mengalami kerusakan semenjak proses pembuatannya.

Selain karena proses produksinya, bad sector fisik juga bisa disebabkan karena hard disk pernah terjatuh sehingga head-nya menyentuh platter dan merusak beberapa sektornya. Debu dan kotoran yang masuk juga bisa merusak hard disk. Tentunya, faktor usia juga bisa berpengaruh. Hard disk yang sudah berusia tahunan dapat mudah mengalami kerusakan karena komponennya sudah tidak kokoh lagi.

Jika hard bad sector berkaitan dengan permasalahan fisik, maka soft bad sector biasanya berhubungan dengan permasalahan perangkat lunak. Sebagai contoh, jika komputer Anda tiba-tiba mati karena terputusnya arus listrik, maka hard disk bisa saja mengalami kerusakan apabila sedang dalam proses menulis.

Selain itu, sektor pada hard disk yang berisi data yang tidak sesuai dengan error-correction code-nya juga bisa dianggap sebagai bad sector oleh OS. Berbagai virus dan malware juga tentunya bisa menyebabkan soft bad sector pada perangkat hard drive Anda.

Efek Bad Sector

cara memperbaiki hardisk bad sector corrupt

Efek yang ditimbulkan oleh bad sector dapat dibilang cukup menyeramkan bagi pemilik komputer. Ya, meskipun hard disk kita masih bisa berjalan normal, namun beberapa data di dalamnya akan corrupt dan tidak bisa digunakan lagi.

advertisements

Hal tersebut tentu sangat merugikan jika data yang hilang tersebut sangatlah penting. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk memback-up data Anda karena bad sector ini bisa terjadi kapan saja. Gunakanlah berbagai layanan penyimpanan awan agar data Anda bisa aman dan bisa diakses di mana saja.

Pada awalnya kehadiran bad sector ini hanya pertanda bahwa beberapa bagian hard disk mengalami masalah, sedangkan hard disk Anda masih tetap aman. Namun jika jumlah bad sector tersebut terus bertambah dari waktu ke waktu, maka bukan tidak mungkin hard disk Anda akan rusak dalam waktu dekat.

Cara Memperbaiki Bad Sector

Sebelum mengulas cara memperbaiki hardisk bad sector, pertama-tama kita harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Sistem operasi Windows memiliki program sendiri untuk melakukan pengecekan ini, yaitu dengan Disk Check tool atau dikenal juga dengan istilah chkdsk.

Disk Check akan memindai hard disk Anda untuk menemukan bagian yang mengalami bad sector. Jika terdapat soft bad sector, maka Disk Check akan memperbaikinya agar bisa digunakan kembali. Sedangkan apabila terdapat masalah bad sector yang lebih kompleks, maka Windows akan kembali menjalankan Disk Check secara otomatis ketika komputer Anda dinyalakan.

cara memperbaiki hardisk bad sector check disk

Berikut adalah cara untuk menjalankan Disk Check sepeti dikutip dari howtogeek.com:

  • Buka Windows Explorer, klik kanan pada drive yang ingin dicek, kemudian klik properties.
  • Setelah menu properties terbuka, berpindahlah ke tab Tools lalu klik tombol Check now pada bagian Error-checking.
  • Sebuah kotak dialog kecil akan muncul dengan dua opsi yang harus Anda pilih. Ceklis kedua opsi tersebut jika Anda ingin mengecek dan memperbaiki bad sector secara keseluruhan. Namun jika Anda ingin mengeceknya saja, maka cukup ceklis opsi yang pertama.
  • Jika drive yang ingin Anda cek sedang digunakan, maka pengecekan tidak bisa dilakukan. Namun Windows akan menjadwalnya secara otomatis ketika Anda merestart komputer.
  • Klik tombol Start untuk memulai proses pengecekan dan perbaikan.

Satu hal yang harus Anda ketahui, proses pengecekan ini dapat berlangsung cukup lama tergantung dari kapasitas hard disk serta jumlah data yang ada di dalamnya. Bahkan pengecekan ini bisa berlangsung selama berjam-jam sehingga pastikan Anda melakukannya ketika sedang tidak menggunakan komputer.

Jika Anda memilih untuk menjadwal proses pengecekan ini, maka Windows akan memulainya secara otomatis ketika Anda menyalakan atau merestart komputer. Namun apabila Anda ingin membatalkan penjadwalan tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka command promt dalam administrator mode dengan cara klik kanan lalu pilih “Run as Administrator”.
  • Ketik tanpa tanda kutip “chkntfs /x c:”. Gantilah huruf “c” dengan huruf hard disk yang Anda jadwalkan untuk dilakukan pengecekan.
  • Tekan enter untuk membatalkan penjadwalan tersebut.

Itulah cara memperbaiki hardisk bad sector yang dapat Anda lakukan pada hard disk eksternal dan internal. Namun ingat, sebelum bad sector tersebut terjadi pada hard disk Anda, backup lah semua data penting agar Anda tidak menyesal ketika kehilangannya. Selain itu jika bad sector tersebut semakin banyak, gantilah hard disk tersebut sebelum mengalami kerusakan total.

Artikel Menarik Lainnya: