advertisements

Meskipun usianya sudah cukup tua, namun Windows 7 saat ini masih banyak digunakan oleh para pengguna PC ataupun laptop. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat performa dan kompatibilitas dari Windows 7 masih jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Windows 8.

Akan tetapi meskipun sudah cukup ringan dan cepat, kita masih dapat mempercepat kinerjanya lagi dengan beberapa pengaturan. Cara mempercepat kinerja Windows 7 ini meliputi beberapa aspek, seperti proses booting, tampilan visual, dan lainnya. Berikut langkah-langkah lengkapnya.

Uninstall Bloatware

advertisements

Bloatware merupakan istilah yang merujuk kepada software yang sudah terinstal ketika Anda membeli PC atau laptop. Berbagai software tersebut biasanya banyak yang tidak dibutuhkan sehingga hanya menghabiskan ruang dan daya komputer saja.

Beberapa software tersebut juga ada yang berjalan otomatis ketika komputer dinyalakan sehingga akan memperlambat proses booting. Maka dari itu, software tersebut harus segera disingkirkan agar Windows 7 Anda bisa bekerja lebih cepat lagi. Caranya Anda hanya tinggal membuka Start Menu > Control Panel > Uninstall or change program, lalu uninstall software yang tidak digunakan tersebut.

Batasi Startup Process

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah membatasi proses yang berjalan ketika Windows 7 dinyalakan. Caranya, ketik MSCONFIG di kolom pencarian lalu enter. Selanjutnya bukalah tab Startup di mana Anda akan melihat daftar proses dan aplikasi beserta pengaturannya.

cara mempercepat kinerja Windows 7 startup

Nah, dari daftar tersebut carilah proses yang sekiranya tidak diperlukan untuk berjalan ketika start up seperti contohnya GoogleUpdate dan QuickTime. Selanjutnya hilangkan ceklis pada proses tersebut untuk mematikannya. Namun ingat, jangan sekali-kali menghilangkan ceklis untuk proses yang berkaitan dengan hardware dan keamanan karena dapat mengganggu kinerja Windows 7.

Tambah RAM

Windows 7 memang lebih ringan dari Windows 8, namun jika Anda mengupgrade dari Windows XP, pasti akan merasakan kinerja yang sedikit lambat. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menambah RAM di komputer Anda.

Ukuran RAM ideal untuk Windows 7 32-bit adalah 2GB sedangkan untuk versi 64-bit adalah 4GB. Nah, jika kapasitas RAM komputer Anda masih di bawah itu, maka sangat disarankan untuk menambahnya gara kinerja Windows 7 semakin ringkas. Silahkan baca tutorial ini untuk mengetahui cara menambah RAM di PC dan laptop.

Matikan Search Indexing

Search indexing merupakan salah satu fitur Windows 7 untuk mengindeks berbagai entri di komputer Anda. Dengan mengaktifkan search indexing ini Anda akan dapat mencari berbagai macam file dan data di komputer dengan cepat.

search indexing

Namun jika Anda jarang sekali menggunakan fitur search tersebut, maka lebih baik untuk dimatikan saja. Pasalnya secarh indexing akan memakan resource yang cukup besar. Caranya, ketik “index” di Start Menu, lalu pilih hasil pencarian paling atas. Pada jendela yang muncul, klik Modify lalu hilangkan ceklis pada berbagai lokasi indexing yang ditampilkan.

Defrag Hard Disk

Cara mempercepat kinerja Windows 7 yang selanjutnya adalah dengan melakukan defrag hard disk. Sebenarnya Windows 7 sudah memiliki jadwal otomatis untuk melakukan defrag, namun terkadang komputer kita sedang dimatikan ketika jadwal tersebut tiba. Hasilnya, Windwos 7 akan melewatkan jadwal defrag tersebut.

advertisements

Untuk melakukan defrag, silahkan buka Control Panel > System and Security, lalu pilih opsi Defragment and Optimize your drive yang terletak di bawah kategori Administrative Tools. Selanjutnya pilih drive yang akan didefrag lalu jalankan defragment. Di sana Anda juga dapat menjadwalkan kapan Windows 7 dapat melakukan defragment secara otomatis.

Ubah Power Settings

Windows 7 biasanya memberikan beberapa pilihan Power Settings yang akan mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan. Jika Anda menggunakan PC atau laptop yang terhubung dengan listrik, maka pilihlah opsi High Performance untuk mendapatkan performa yang maksimal.

Opsi High Performance akan meningkatkan kinerja komputer Anda hingga maksimal. Akan tetapi jika Anda sedang menggunakan laptop yang tidak terhubung ke listrik, maka jangan pilih opsi ini karena akan mempercepat habisnya daya baterai.

Bersihkan Hard Disk

hard disk cleanup

Selain melakukan defrag, kita juga harus rajin membersihkan hard disk secara berkala. Caranya, buka Start menu > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup. Fitur Disk Cleanup ini akan membersihkan berbagai data sampah dari hard disk Anda seperti temporary file, offline web page, cache, recycle bin, dan lainnya.

Cek Virus dan Spyware

Salah satu faktor yang dapat membuat komputer lambat adalah adanya virus, malware, spyware, dan sejenisnya. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki anti virus dan anti malware di komputer Anda. Lakukan pemindaian secara berkala untuk menghindari virus yang ‘menyelundup’ masuk. Untuk mengetahui anti virus terbaik saat ini, silahkan lihat daftar ini.

Matikan Desktop Gadgets

desktop gadget

Sekarang saatnya beralih ke pengaturan yang berkaitan dengan tampilan visual. Seperti kita ketahui, Windows 7 tidak lagi menampilkan sidebar seperti layaknya Windows Vista. Namun ternyata masih ada beberapa proses sidebar tersebut yang masih berjalan.

Nah, maka dari itu kita harus mematikannya agar tidak membuat komputer menjadi lambat. Caranya, ketik “gadget” di kolom pencarian Start Menu, lalu pilih “View list of running gadgets”. Setelah itu, hapuslah berbagai macam gadget yang tidak Anda perlukan tersebut.

Matikan Efek Aero

Aero merupakan salah satu efek yang mempercantik tampilan Windows 7. Namun fitur ini seakan menjadi pedang bermata dua karena di satu sisi akan mempercantik tampilan dan di sisi yang lain akan membuat performa komputer menjadi lambat.

Jika Anda lebih mementingkan performa, maka silahkan matikan saja fitur ini. Caranya, klik Start lalu klik kanan pada Computer, pilih properties > Advance system setting > tab advanced, lalu pada bagian performance klik setting.

Di sana Anda dapat memilih beberapa fitur yang ingin dimatikan atau diaktifkan. Jika ingin mendapatkan performa terbaik, maka pilihlah opsi “Adjust for best performance”. Opsi tersebut akan merubah total tampilan komputer Anda seperti layaknya Windows 2000.

Nah itulah berbagai macam cara mempercepat kinerja Windows 7 yang lambat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka kini Anda dapat merasakan performa yang lebih cepat, baik itu untuk menjalankan program ataupun untuk bermain game. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: