advertisements

Bagaiamana cara mendownload video dari youtube tanpa software? Pertanyaan ini pastinya ada di benak Anda yang ingin mengoleksi video baik dari situs Youtube, Dailymotion, Vimeo, Metacafe, dan layanan video lainnya. Mengunduh video memang lebih menyenangkan karena lebih efektif dibandingkan menonton videonya berulang-ulang secara streaming.

Aktivitas download ini juga tentunya lebih banyak dilakukan oleh mereka yang melakukan kegiatan internet dibatasi dengan kuota. Umumnya download video, baik di Youtube maupun di situs lainnya biasanya menggunakan software pihak ketiga.

advertisements

Software yang paling banyak digunakan adalah Internet Download Manager (IDM). Program ini melakukan program favorit banyak orang karena download video menjadi lebih mudah. Namun, bagi beberapa orang, penggunaan Internet Download Manager terbilang merepotkan. Terutama karena program ini memerlukan aktivasi (crack).

Lain soal jika Internet Download Manager yang digunakan adalah versi resminya. Karena hal ini, tidak sedikit pengguna yang lebih senang download video dengan cara yang praktis, yakni download langsung tanpa perlu instal software apapun di komputer.

Untuk melakukan download video tanpa bantuan program, ada dua cara. Cara pertama adalah dengan menggunakan situs lain untuk download video. Cada kedua adalah dengan menggunakan add-on (untuk Firefox) atau extension (untuk Chrome).  Untuk pembahasan tentang hal ini, bisa disimak detailnya berikut ini.

Download Video Menggunakan Situs Lain

Cara mendownload video di youtube tanpa software yang pertama adalah dengan memanfaatkan situs penyedia download video. Dalam hal ini berarti memanfaatkan situs layanan ketiga yang menyediakan semacam generate link video. Cara ini lebih praktis karena Anda cukup memasukkan url atau link video ke situs tersebut.

Misalnya, Anda membuka situs Youtube. Sete;ah itu, Anda cari video yang ingin Anda download. Setelah menemukan video tersebut, buka video tersebut dan dapatkan link video tersebut. Anda juga bisa mengklik kanan dan pilih Copy Link. Contoh link video Youtube:

download video tanpa software

Setelah mendapatkan link video Youtube, Anda bisa masuk situs-situs yang melakukan generate link pada link video tersebut. Beberapa situs yang menyediakan layanan ini cukup banyak. Namun, yang akan dibahas hanya tiga di antaranya saja. Ketiganya adalah sebagai berikut.

  • Savefrom.net

Situs ini merupakan situs generate link video Youtube yang sangat bagus. Tidak hanya Youtube, situs ini juga merupakan situs generate link video untuk berbagai situs video lainnya seperti Vimeo, Dailymotion, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, situs ini juga mampu melakukan generate Video dari Facebook dan audio dari Soundcloud

Ketika Anda masuk pada situs ini, Anda cukup URL atau link video yang Anda download ke dalam  kolom situs ini. Anda akan melihat kolom yang pada bagian kanan terdapat tulisan download dengan kotak kuning.

savefrom

Anda tinggal paste link tersebut kemudian klik download. Setelah itu, situs ini akan menampilkan pilihan download dengan berbagai resolusi. Jika video ini mendukung banyak resolusi, maka situs ini akan menampilkan semua resolusi dengan berbagai format video.

advertisements

Jika link video hanya mendukung dua jenis resolusi, misalnya 360p dan 240p, maka layanan ini hanya akan menampilkan dua resolusi tersebut. Perlu diingat, Anda juga bisa memilih download video yang tidak disertai dengan audio.

Bisa dilihat pada gambar, ada pilihan video dengan lambang “speaker” yang diikuti dengan tanda x. Setelah itu, Anda bisa download video dengan mengklik pilihan resolusi video yang anda inginkan. Video dengan resolusi tinggi akan membuat ukuran menjadi besar.

  • KeepVid

KeepVid adalah situs layanan generate link video yang sangat populer. Situs ini banyak digunakan oleh pengguna internet yang ingin download video dari berbagai situs. KeepVid sendiri menyebut diri mereka sebagai free web application for download video.

Situs ini mendukung download video dari berbagai situs layanan berbagi video seperti YouTube, Facebook, Twitch.Tv, Vimeo, Dailymotion, dan banyak lagi. Sama seperti Savefromnet, situs ini juga menyediakan berbagai pilihan resolusi video. Hanya saja KeepVid menyediakan pilihan resolusi video yang lebih lengkap.

cara mendownload video dari youtube tanpa software

Selain itu, situs ini juga tidak hanya menyediakan format video MP4, 3GP, FLV saja tetapi juga  pilihan format video WEBM. Dan yang menarik, situs ini menghadirkan informasi terkait ukuran video dari berbagai macam pilihan video. Untuk download videonya sendiri, Anda tidak bisa mengklik kiri. Anda diharuskan mengklik kanan pada pilihan yang Anda download. Setelah itu, Anda pilih “Save Link As…” untuk download videonya.

  • Clipconverter.cc

Cara mendownload video youtube tanpa software selanjutnya adalah menggunakan Clipconverter. Clipconverter adalah situs layanan yang memiliki fungsi sama dengan KeepVid dan Savefrom. Situs ini mendukung berbagai situs layanan video dari Youtube, Metacafe, Veoh, DailyMotion, Vimeo, dan sebagainya. Keunggulan dari situs ini adalah dukungan resolusi video Youtube untuk kualitas definisi tinggi 4K.

Clipconverter

Situs ini juga menyediakan pilihan format video. Pilihan video yang bisa dipilih adalah MP4, 3GP, AVI, dan MOV (Apple Quicktime Movie). Anda juga bisa memilih format audio sesuka Anda. Dan  Clipconverte menyediakan tiga pilihan audio, yaitu MP3, M4A, dan AAC.

Untuk cara kerjanya, situs ini sedikit berbeda. Langkah untuk download video memakai situs ini memaki sistem konversi format video. Namun, jika Anda tidak menyukai video yang dikonversi, Anda bisa langsung pilih download setelah link video disalin ke bagian “Media ULR”. Catatan, setelah konversi video selesai, dan Anda pilih download, hilangkan centang di bagian Download with accelerator and get recommendation offer.

Download Video Menggunakan Add-On/Extension

Cara mendownload video dari youtube tanpa software lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan add-on (untuk Firefox) atau extension (untuk Google Chrome). Add-on atau extension pada dasarnya mirip sebuah program. Namun bukan program yang harus diinstal di komputer.

Add-on adalah istilah untuk menyebut fitur tambahan yang ada di Firefox. Extension pun memiliki pengertian yang sama dengan add-on. Bedanya, extension merupakan istilah yang digunakan untuk peramban atau browser Chrome.

Kedua fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai fitur yang membantu kemudahan Anda berselancar di dunia maya, termasuk urusan download video. Anda bisa memasang add-on seperti 1-Click YouTube Video Download, Flash Video Downloader, Easy Youtube Video Downloader Express, dan sebagainya. Anda bisa mencari add-on semacam ini di link ini. Setelah Anda menemukan add-on tersebut, Anda bisa tambahkan add-on tersebut ke Firefox Anda.

Untuk Anda yang menggunakan Google Chrome, Anda dapat memasang extension yang serupa dengan yang ada di add-on Firefox. Namun, ada beberapa add-on YouTube download yang tidak ada  di extension, begitu juga sebaliknya.

Hanya saja, pada dasarnya semua sama, yakni, memudahkan Anda untuk mengunduh video dengan lebih mudah dan cepat. Untuk Anda yang mau mencari extension yang tepat untuk download video, Anda bisa berkunjung ke link ini.

Demikianlah penjelasan tentang cara mendownload video dari youtube tanpa software. Semoga kedua cara yang sudah dijelaskan tersebut membantu Anda untuk mengunduh video dengan mudah dan cepat. Jika Anda ingin mengunduh video menggunakan bantuan software, silahkan simak ulasannya di artikel ini. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: