advertisements

Salah satu aplikasi instant messaging paling populer di Indonesia adalah BBM atau BlackBerry Messenger. Selain mudah digunakan, aplikasi tersebut juga menawarkan keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya karena sudah dilengkapi dengan sistem PIN.

Namun ada salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna BBM tersebut, di mana pesan yang mereka kirim sering delay atau pending. Hal tersebut tentu sangat menyebalkan terutama apabila pesan yang dikirim sangat penting.

advertisements

Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa cara mengatasi BBM pending tersebut. Namun sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu beberapa indikator yang digunakan untuk menunjukan status pesan yang kita kirim.

Kenali Indikator Pesan BBM

Aplikasi BlackBerry Messenger menggunakan beberapa indikator khusus untuk memberikan informasi mengenai status pesan yang kita kirim. Indikator tersebut berupa ikon kecil di samping pesan yang kita tulis. Berikut adalah daftar indikatornya:

  • Ceklis

Tanda ceklis atau centang menandakan bahwa pesan kita sudah dikirim ke server BBM namun belum sampai ke handphone orang yang kita kirim. Jika pesan terus menunjukan indikator ceklis dalam waktu yang lama, maka hal tersebut biasanya disebabkan oleh masalah jaringan BBM dan bukan masalah pada handphone kita atau handphone si penerima.

  • Ikon huruf “D” dan “R”

Ikon huruf D menunjukan jika pesan kita sudah terkirim (delivered) ke handphone si penerima namun belum dibaca olehnya. Jika sudah dibuka dan dibaca, maka statusnya akan berubah menjadi huruf “R” alias read.

  • Simbol silang (X)

bbm indicator

Simbol silang menunjukan bahwa pesan kita tidak bisa dikirmkan ke handphone si penerima. Hal ini biasanya terjadi karena handphone si penerima sedang dimatikan atau tidak dikoneksikan ke internet sehingga ia tidak bisa menerima pesan yang kita kirim..

  • Simbol jam

Indikator yang terakhir memiliki simbol jam atau di perangkat BlackBerry lama biasanya berupa jam pasir. Nah, simbol inilah yang menunjukan jika pesan yang kita kirim mengalami pending sehingga tidak bisa sampai ke server BBM dan juga ke handphone si penerima.

Simbol tersebut menunjukan adanya masalah di handphone kita, entah itu dari sisi koneksi internetnya, dari sisi aplikasi BBM-nya, atau dari kombinasi keduanya. Nah, berikut akan diulas berbagai cara mengatasi BBM pending tersebut.

Restart Android

restart android

Langkah pertama yang wajib dilakukan jika terjadi masalah pada perangkat Android adalah dengan melakukan restart. Untuk perangkat Android terbaru, biasanya tombol restart atau reboot ini akan muncul ketika Anda menekan tombol power.

Namun jika tidak ada tombol tersebut, Anda bisa melakukannya secara manual. Caranya, silahkan matikan lalu hidupkan kembali perangkat Android Anda. Setelah itu, silahkan cek apakah pesan tersebut sudah terkirim atau belum.

Matikan dan Hidupkan Koneksi Internet

advertisements

Masalah BBM pending kebanyakan disebabkan oleh adanya masalah pada koneksi internet yang kita gunakan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memutuskan lalu menyambungkan kembali koneksi internet tersebut. Anda dapat melakukannya melalui shortcut yang terdapat di notification bar. Namun jika tidak ada, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Settings > Wireless Network
  2. Pilih Mobile Network
  3. Hilangkan centang pada opsi Mobile Data Traffic
  4. Tunggu beberapa detik lalu cetang kembali opsi tersebut

Ganti Jaringan Internet

Masalah selanjutnya yang sering menyebabkan BBM pending adalah karena buruknya jaringan internet yang kita gunakan. Maka dari itu, cobalah untuk beralih jaringan internet dari 2G ke 3G atau ke 4G, dan sebaliknya. Caranya:

mengganti jaringan bbm

  1. Buka Settings > Wireless Network
  2. Pilih Mobile Network
  3. Pilih Network Mode
  4. Silahkan pilih jaringannya, antara GSM (2G), HSDPA (3G), atau LTE (4G)

Silahkan memilih jaringan yang memiliki sinyal paling kuat di tempat Anda. Pasalnya jika Anda memilih jaringan dengan sinyal yang lemah, koneksi internet akan mudah terputus dan baterai smartphone Anda juga akan cepat habis.

Rubah Pengaturan APN

Pengaturan APN yang ada di perangkat Android kita juga terkadang menjadi masalah, seperti kesalahan memasukan proxy, port, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, pertama-tama silahkan Anda cari terlebih dahulu settingan APN yang benar untuk operator yang Anda gunakan.

Setingan APN tersebut akan berbeda-beda di setiap operator, sehingga Anda harus mencarinya secara langsung di website operatornya. Setelah menemukannya, sekarang silahkan rubah setingan APN tersebut dengan cara:

  1. Buka Settings > Wireless Network
  2. Pilih Mobile Network
  3. Pilih Access Point Names
  4. Silahkan isi berdasarkan pengaturan APN dari operator masing-masing

Force Stop BBM

Jika tidak ada masalah pada jaringan internet yang digunakan, maka masalah BBM pending kemungkinan berasal dari aplikasi BBM yang Anda gunakan. Langkah pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menutup paksa alias force stop aplikasi BBM tersebut. Caranya:

cara mengatasi bbm pending force stop

  1. Buka Settings > Apps
  2. Pilih BBM
  3. Tekan tombol Force Stop

Selain dengan langkah-langkah tersebut, Anda juga dapat melakukan force stop melalui shortcut task manager yang biasanya ada pada smartphone Android tertentu. Selain itu Anda juga dapat menggunakan aplikasi khusus untuk task manager tersebut yang banyak terdapat di Play Store.

Bersihkan Cache

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba jika terjadi masalah pada aplikasi BBM-nya adalah dengan membersihkan cache-nya. Beragam masalah BBM biasanya dapat diatasi dengan melakukan pembersihan cache ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Settings > Apps
  2. Pilih BBM
  3. Tekan tombol Clear Cache

Selain dengan cara di atas, Anda juga dapat membersihkan cache dengan aplikasi khusus semacam Clean Master dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca ulasan kami mengenai cara membersihkan cache tersebut di artikel ini.

Update ke Versi Terbaru

Cara terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan melakukan update ke aplikasi BBM versi terbaru. Aplikasi BBM terbaru biasanya sudah memperbaiki berbagai masalah yang ada di versi sebelumnya sehingga Anda bisa menikmati layanan terbaik dari aplikasi tersebut.

Untuk melakukan update Anda hanya tinggal membuka Play Store, lalu pilih My Apps atau cari langsung aplikasi BBM, kemudian tekan tombol update. Jika tidak mau repot, Anda juga dapat melakukan update melalui link ini.

Nah itulah berbagai macam cara mengatasi BBM pending yang dapat kami berikan kali ini. Jika Anda memiliki tips dan trik lainnya agar BBM tidak pending, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: