advertisements

Beberapa waktu ke belakang ini terdapat aplikasi yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone yakni Dubsmash. Aplikasi tersebut dapat membuat video lipsync dengan berbagai macam suara atau lagu yang sangat lucu.

Dubsmash sendiri merupakan aplikasi buatan Mobile Motion GmbH. Aplikasi sederhana ini dapat digunakan pada perangkat iOS dan juga perangkat Android. Bagi yang belum memilikinya, silahkan download aplikasi Dubsmash ini di App Store atau di Play Store.

advertisements

Aplikasi Dubsmash ini dapat Anda gunakan untuk membuat video lipsync yang sangat unik. Anda hanya tinggal memilih atau meng-upload suara, kemudian rekam video lipsync Anda. Bagi yang penasaran bagaimana cara menggunakan Dubsmash ini, berikut Carisinyal akan mengulas langkah-langkahnya untuk Anda.

Daftar Akun Dubsmash

Sebelum mulai membuat video, ada baiknya kita membuat akun Dubsmash terlebih dahulu. Sebenarnya kita dapat langsung membuat video meskipun tanpa akun, namun fitur-fitur yang disediakannya cukup terbatas.

Untuk membuat akun Dubsmash ini Anda hanya tinggal membuka menu Settings, lalu pilih opsi Login / Sign Up. Selanjutnya silahkan isi data pada kolom yang tersedia seperti alamat email, username, password, dan usia Anda. Jika sudah, silahkan klik tombol Register untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Membuat Video Lipsync Secara Instant

cara menggunakan dubsmash

Tutorial pertama yang akan kita bahas adalah cara membuat video lipsync yang cepat dan instant dengan menggunakan lagu atau suara yang sudah tersedia. Berbagai suara tersebut dibuat oleh pengguna Dubsmash di seluruh penjuru dunia.

Caranya, buka aplikasi Dubsmash, lalu di halaman utama Anda akan melihat daftar suara yang sedang populer di kalangan pengguna Dubsmash. Jika ingin mencari suara yang baru saja diunggah oleh pengguna lain, silahkan buka tab “Latest”.

Silahkan klik tombol Play yang ada di sebelah kiri untuk mendengarkan terlebih dahulu suara tersebut. Jika sudah menemukan suara yang cocok, silahkan klik judul suara tersebut untuk mulai membuat video lipsync yang unik.

rekam video lipsync

Untuk memulainya cukup klik tombol Start yang ada di bawah layar. Anda dapat mengganti kamera yang digunakan dengan mengklik ikon kamera yang ada di sebelah kanan atas. Setelah videonya selesai Anda dapat menambahkan teks serta emoticon ke dalamnya. Namun jika Anda kurang puas, maka silahkan klik tombol Back untuk merekam kembali video yang baru.

edit video

Setelah selesai silahkan klik tombol berbentuk tanda panah di pojok kanan atas. Di halaman selanjutnya Anda dapat langsung membagikan video ini melalui Facebook Messenger ataupun WhatsApp. Anda juga bisa menyimpannya ke galeri jika ingin membagikannya ke media sosial lainnya seperti Twitter, Path, dan Instagram.

Membuat Video Lipsync Dengan Suara Sendiri

advertisements

Jika suara yang sudah disediakan oleh aplikasi Dubsmash tidak ada yang Anda sukai, maka Anda juga dapat mengunggah suara atau lagu sendiri dari perangkat Anda. Caranya, buka tombol menu yang ada di sebelah kiri, lalu pilih opsi “Add Sound”.

Selanjutnya nda akan diberikan dua pilihan yakni “Record a sound” dan “Import a sound”. Silahkan pilih opsi yang pertama jika Anda ingin merekam suara sendiri dan pilih opsi yang kedua jika Anda ingin menggunakan lagu atau suara yang ada di perangkat Android Anda.

Setelah merekam atau memasukan suara, Anda dapat memotong bagian mana yang ingin dimasukan dan bagian mana yang ingin dihapus. Setelah selesai silahkan simpan suara yang sudah Anda buat tersebut. Suara tersebut akan disimpan di dalam Soundboards pada folder “My Sounds”.

rekam suara

Kini Anda dapat mulai membuat video lipsync dengan suara buatan sendiri tersebut. Cara menggunakan Dubsmash untuk membuatnya sama seperti langkah-langkah di atas ketika Anda membuat video lipsync dengan suara yang sudah disediakan oleh Dubsmash.

Membuat Soundboards

Dubsmash menyediakan banyak sekali suara lucu dan unik yang bisa kita pilih. Nah agar memudahkan kita untuk mencari suara tersebut di kemudian hari, maka kita bisa memasukan semuanya ke dalam Soundboards.

Untuk mengakses Soundboards ini silahkan buka halaman utama lalu buka tab Sounboards yang ada di urutan paling kanan. Secara default Anda akan menemukan dua folder di sana. Folder yang pertama adalah “My Sounds” yang berisi suara-suara yang telah Anda buat sendiri. Sementara folder yang kedua adalah “Favorites” yang berisi suara-suara kesukaan Anda.

sounboard

Untuk memasukan suara ke dalam folder Favorites terebut Anda hanya tinggal mengklik ikon bintang yang ada di sebelah kanan dari suara yang Anda sukai. Suara tersebut kemudian akan secara otomatis masuk ke dalam folder Favorites Anda.

Anda juga dapat membuat folder baru dengan mengklik tombol “Add Soundboard” yang ada di bagian atas. Folder baru ini sangat berguna apabila Anda ingin mengelompokan suara-suara tersebut ke dalam beberapa kategori seperti lagu religi, lagu dangdut, dan sebagainya.

Untuk memasukan suara ke dalam folder buatan sendiri tersebut, pertama-tama silahkan cari suara yang ingin Anda pilih. Setelah itu, klik tombol titik tiga di sebelah kanan lalu pilih opsi “Add to Soundboard”. Selanjutnya silahkan pilih di folder mana suara tersebut akan disimpan.

Memperbaiki Suara

Trik terakhir yang dapat Anda lakukan pada aplikasi Dubsmsh adalah memperbaiki suara yang sudah dibuat oleh orang lain. Fitur ini sebenarnya tidak terlalu penting, namun cukup berguna untuk membersihkan Dubsmash dari suara-suara yang tidak berkualitas.

Jika Anda menemukan suara yang kurang berkualitas tersebut, silahkan klik tombol titik tiga yang ada di sebelah kanannya, lalu pilih opsi “Improve”. Selanjutnya akan Anda empat alasan yang harus Anda pilih mengapa suara tersebut kurang berkualitas yakni:

  • Judulnya tidak sesuai dengan suaranya
  • Terlalu banyak noise
  • Suara tersebut dipotong tidak pada posisi yang tepat
  • Suara tersebut menggunakan bahasa yang tidak Anda ketahui

Selain memperbaikinya, Anda juga dapat melaporkan ke pihak Dubsmsh apabila ada suara yang tidak layak didengar. Caranya klik tombol titik tiga lalu pilih opsi “Report”. Jika suara tersebut memang melanggar kebijakan, maka pihak Dubsmash akan segera menghapusnya.

Nah itulah langkah-langkah cara menggunakan Dubsmash beserta berbagai fitur yang ada di dalamnya. Kini Anda dapat mulai membuat berbagai video lipsync gokil dan membagikannya ke teman-teman Anda di media sosial. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: