advertisements
advertisements

Dewasa ini, Anda bisa melakukan panggilan audio maupun video dengan mudah. Pasalnya, sudah banyak sekali aplikasi untuk video call yang bisa diunduh secara gratis, sebut saja LINE atau Skype. Kedua aplikasi tersebut memungkinkan dua perangkat yang berbeda untuk dapat melakukan panggilan audio maupun video.

Akan tetapi, khusus untuk pengguna iDevice, seperti iPhone dan iPad, ternyata tersedia sebuah aplikasi khusus untuk melakukan panggilan audio maupun video, yakni FaceTime. Ini adalah fasilitas eksklusif yang diberikan Apple kepada semua pengguna iDevice. Ingin tahu cara menggunakan FaceTime untuk berkomunikasi dengan pengguna perangkat iOS lainnya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya dari Carisinyal berikut ini!

Tentang FaceTime

advertisements
advertisements

Bagi pengguna perangkat iOS, khususnya iPhone dan iPad, tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur FaceTime. Ya, ini adalah fitur eksklusif yang diberikan Apple untuk para pengguna iDevice. Dengan kata lain, pengguna perangkat dengan sistem operasi Android, Windows, dll, tidak bisa menggunakan FaceTime.

FaceTime memungkinkan para pengguna iPhone, iPad, iPod Touch, dan Mac untuk dapat melakukan panggilan video secara gratis. Anda hanya membutuhkan koneksi internet untuk dapat melakukan FaceTime dengan lawan bicara Anda. Ya, manfaat dari FaceTime ini memang nampak sama dengan fitur video call yang tersedia di LINE maupun Skype. Bagi pengguna iDevice yang sudah memakai sistem operasi iOS 7+ juga bisa menggunakan fitur panggilan suara (tanpa video call) di dalam FaceTime.

Cara Mengaktifkan FaceTime

Cara Mengaktifkan FaceTime Cara Menggunakan FaceTime

Agar Anda bisa melakukan atau menerima panggilan FaceTime dari teman Anda, maka Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di perangkat iOS yang sedang Anda gunakan. Berikut adalah cara mengaktifkan FaceTime di iDevice:

  1. Buka FaceTime pada perangkat Anda dan masukkan ID Apple Anda
  2. Jika Anda menggunakan FaceTime pada iPhone, maka secara otomatis nomor telepon yang Anda gunakan akan terdaftar di FaceTime sehingga teman Anda bisa menghubungi Anda di FaceTime melalui nomor telepon tersebut
  3. Apabila Anda ingin mendaftarkan alamat e-mail Anda untuk FaceTime, silakan masuk ke Pengaturan > FaceTime > Gunakan ID Apple > Masuk ke FaceTime

Cara Menggunakan FaceTime Di iPhone

Cara Menggunakan FaceTime Di iPhone

Beberapa orang mungkin memilih untuk memanfaatkan fitur video call pada aplikasi lain dibandingkan memakai FaceTime pada iPhone-nya. Padahal, FaceTime juga memberikan fasilitas yang sama. Belum tahu cara menggunakan FaceTime di iPhone? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Tekan tombol “Phone” dengan ikon bergambar telepon di halaman utama iPhone
  2. Klik “Contacts” untuk memilih teman yang ingin diajak melakukan panggilan FaceTime, lalu tekan kontak telepon yang Anda inginkan
  3. Klik tombol FaceTime yang terdapat di kontak telepon yang sudah Anda pilih sebelumnya
  4. Tunggu selama beberapa saat karena FaceTime mencoba untuk menghubungkan Anda kepada lawan bicara Anda
  5. Jika teman Anda menjawab panggilan FaceTime, maka Anda bisa saling terhubung dan berkomunikasi secara tatap muka dengan video call dari FaceTime

Layar utama pada iPhone akan menampilkan wajah dari lawan bicara Anda ketika sudah terhubung pada FaceTime. Sementara itu, Anda bisa melihat wajah Anda sendiri di kotak berukuran kecil yang terletak di bagian kanan atas layar.

Ada tiga pilihan tombol yang terdapat di layar iPhone ketika Anda sudah terhubung dengan FaceTime. Pertama, tombol paling kiri untuk mengubah kamera depan dan belakang. Kedua, tombol berwarna merah yang ada di tengah untuk mengakhiri panggilan FaceTime. Terakhir adalah tombol yang berada di paling kanan dan bergambar microphone yang dicoret untuk membisukan panggilan agar lawan bicara tidak mendengar suara Anda.

Cara Menggunakan FaceTime Di iPad, iPod Touch, dan Mac

Cara Menggunakan FaceTime Di iPad, iPod Touch, dan Mac

Selain di iPhone, pengguna perangkat iOS lainnya juga bisa memanfaatkan fitur FaceTime yang disediakan oleh Apple. Jadi, jika Anda memiliki iPad, iPod Touch, maupun Mac, Anda bisa menggunakan FaceTime untuk melakukan panggilan audio dan video ke pengguna perangkat iOS lainnya. Berikut adalah cara menggunakan FaceTime di iPad, iPod Touch, dan Mac:

  1. Tekan ikon FaceTime yang terdapat pada halaman utama perangkat ios Anda
  2. Tentukan jenis panggilan apa yang ingin Anda lakukan, Video atau Audio. Kemudian, masukkan nama, e-mail, atau nomor telepon teman yang ingin diajak untuk melakukan panggilan FaceTime
  3. Setelah memilih kontak yang akan menjadi lawan bicara Anda di FaceTime, tunggu beberapa saat sampai teman Anda menjawab panggilan FaceTime Anda
  4. Apabila Anda sudah terhubung dengan teman Anda, maka Anda bisa memulai percakapan di FaceTime ini

FaceTime memungkinkan pengguna iPhone untuk bisa melakukan video call dengan pengguna iPad, pun begitu pengguna iPod Touch juga bisa melakukan FaceTime dengan pengguna iPad. Dengan kata lain, fitur ini menghubungkan semua perangkat iOS melalui panggilan audio dan video.

Ketentuan Dalam Menggunakan FaceTime

advertisements

Setelah Anda belajar mengenai cara menggunakan FaceTime di berbagai perangkat iOS, Anda tentu ingin mengetahui ketentuan penting saat menggunakan aplikasi ini. Ya, FaceTime adalah sebuah fitur panggilan video dan audio yang mengandalkan koneksi internet. Anda bisa menggunakan Wi-Fi atau paket data seluler untuk bisa melakukan panggilan dengan FaceTime.

advertisements

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua perangkat iOS mendukung FaceTime dengan menggunakan Wi-Fi. Berikut adalah ketentuan dari perangkat iOS yang bisa melakukan FaceTime melalui koneksi internet dari Wi-Fi:

  • iPhone 4 ke atas
  • iPad 2 ke atas
  • iPad Mini untuk semua seri
  • iPod Touch generasi ke-4 atau versi yang lebih baru (hanya iPod Touch generasi ke-5 saja yang juga mendukung panggilan audio di FaceTime, iPod Touch lain hanya bisa menggunakan FaceTime untuk video call)

Untuk pengguna iPhone 4s ke atas dan iPad generasi ke-3 ke atas, bisa menggunakan FaceTime dengan koneksi internet dari paket data seluler. Di samping itu, FaceTime tidak tersedia untuk semua jenis iDevice yang dibeli atau dipakai di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Pakistan.

Tips Menggunakan FaceTime

Tips Menggunakan FaceTime

FaceTime adalah aplikasi yang memudahkan pengguna perangkat iOS untuk dapat berkomunikasi satu sama lain. Ada beberapa tips dalam menggunakan FaceTime agar aplikasi ini menjadi lebih efisien dan menguntungkan penggunanya:

  • Apabila ingin mengobrol melalui FaceTime dalam jangka waktu yang panjang, tempatkan perangkat di depan rak atau beri penyangga khusus agar Anda tidak perlu memegang perangkat terus menerus.
  • Usahakan untuk memanfaatkan Wi-Fi saat melakukan FaceTime karena aplikasi ini dapat menguras paket data selular Anda.
  • Agar aktivitas panggilan video di FaceTime lancar, pastikan perangkat Anda menggunakan konektivitas 4G dibanding 3G.

Nah, itulah cara menggunakan FaceTime berserta dengan beberapa pembahasan lain mengenai fitur eksklusif yang disediakan oleh Apple. Jika Anda memiliki perangkat iOS dan belum pernah mencoba FaceTime, inilah saatnya untuk menjajal aplikasi video call khusus pengguna iDevice ini.

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan Sumber Gambar: