advertisements
advertisements

Setiap file yang disimpan di PC maupun smartphone memiliki format tersendiri. Kita bisa memindahkan file tersebut untuk dibuka di perangkat lain. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua perangkat mendukung banyak format file. Misalnya, mungkin Anda tidak bisa membuka file audio dengan format .WMA di smartphone, tetapi Anda bisa membukanya di PC. Untuk itu Anda perlu melakukan konversi pada file ke format yang didukung oleh smartphone, misalnya file .WMA dikonversi menjadi .MP3.

Bagaimana cara mengkonversi file dalam format yang berbeda? Anda membutuhkan software khusus yang mendukung untuk konversi file dalam berbagai format. Nah, salah satu software yang dapat mengkonversi file dengan beragam format adalah Format Factory. Apa itu Format Factory? Bagaimana cara menggunakan Format Factory? Mari cari tahu jawaban selengkapnya di sini!

Tentang Format Factory

advertisements
advertisements

Sebelum kita membahas tentang cara menggunakan Format Factory, Carisinyal ingin mengajak Anda untuk mengenal software ini terlebih dahulu. Format Factory merupakan perangkat lunak populer untuk konversi media. Keberadaan software ini tentu saja sangat membantu banyak orang yang ingin mengkonversi file dalam berbagai format.

Lantas, format apa sajakah yang didukung oleh Format Factory? Software ini dapat mengubah video dengan format WMV, 3GP, MKV, MPG, AVI, MP4, FLV, MOV, SWF, GIF, dan RVMB. Sementara itu, aplikasi ini juga bisa mengubah berbagai macam format untuk file berjenis audio, mulai dari MP3, M4A, AMR, WAV,WMV, M4R, AMR, MMF, AAC, MP2, OGG, dan, WavPack. Untuk file berbentuk gambar, Format Factory juga mendukung untuk format JPG, GIF, PNG, BMP, ICO, TIF, TGA, dan PCX.

Keunggulan Format Factory

Keunggulan Format Factory

Sejak beberapa tahun silam Format Factory telah menjadi satu-satunya software yang dipercaya oleh banyak orang untuk mengkonversi file. Pasalnya, Format Factory menyediakan beberapa keunggulan yang tidak ditawarkan oleh software sejenis lainnya. Selain itu, cara menggunakan Format Factory juga terbilang mudah. Berikut adalah beberapa keunggulan dari Format Factory:

  • Mendukung Konversi Segala Jenis Format File

Beberapa aplikasi sejenis lain mungkin hanya mendukung beberapa format saja. Ada pula aplikasi yang hanya khusus untuk konversi audio atau video. Namun, Format Factory hadir untuk memberikan kemudahan dalam konversi segala jenis file, yakni audio, video, dan gambar. Selain itu, software ini juga mendukung berbagai format audio, video, maupun gambar seperti yang sudah Carisinyal sebutkan sebelumnya.

  • Memperbaiki Kerusakan File Video atau Audio

File video atau audio Anda rusak sehingga tidak dibuka? Padahal, Anda membutuhkan file tersebut. Nah, Format Factory memiliki keunggulan untuk dapat memperbaiki file yang rusak. Software ini akan membuat file tersebut bisa dibuka kembali meskipun dengan format yang berbeda dari yang sebelumnya.

  • Mengecilkan Ukuran File Multimedia

Ukuran file Anda terlalu besar sehingga menghabiskan memori perangkat Anda? Tak perlu khawatir karena selain bisa mengkonversi file, Format Factory juga bisa mengompres ukuran file agar menjadi lebih minimalis. Jadi, Anda tak perlu mencari cara mengecilkan ukuran foto, musik, atau video melalui aplikasi lain.

  • Dukungan Format File Multimedia iPhone dan iPod

Tidak semua software mendukung format file untuk perangkat iOS, seperti iPhone atau iPod. Akan tetapi, Format Factory bisa mendukung format file multimedia pada iDevice.

  • Konversi, Zoom, dan Rotasi Semua File Gambar

Setelah Anda mengkonversi file gambar ke dalam format tertentu, Anda juga bisa memperbesar (zoom) gambar atau memutar (rotasi) gambar sesuai dengan keinginan Anda. Ini juga merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Format Factory.

  • Fitur DVD Ripper

Ingin mengubah DVD menjadi file video? Mudah saja karena Anda bisa melakukannya dengan bantuan Format Factory. Selain itu, Anda juga bisa ripping CD menjadi file audio. Dengan Format Factory, Anda dapat mengubah DVD/CD menjadi ISO/CSO atau mengubah ISO ke CSO maupun sebaliknya.

Alasan lain mengapa Anda harus memilih Format Factory dibanding aplikasi sejenis lainnya adalah ketersediaan 56 bahasa dalam software ini. Bahkan, ada Bahasa Indonesia di dalam aplikasi ini, sehingga Anda lebih mudah dalam mengoperasikan software ini.

Cara Menggunakan Format Factory untuk Konversi File

advertisements

 

advertisements

Inilah saat yang pasti Anda tunggu-tunggu, di mana Carisinyal akan memberikan panduan mengenai cara menggunakan Format Factory. Jika ini adalah kali pertama Anda mengkonversi file dengan memanfaatkan software Format Factory, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Format Factory

Saat Anda membuka software Format Factory, secara otomatis kategori video akan menjadi default di halaman utama software tersebut. Misalnya, jika Anda ingin mengkonversi file audio AMR ke MP3, maka Anda bisa mengikuti langkah berikutnya.

  1. Pilih Jenis Media yang Ingin Dikonversi

Sebagai contoh, ketika Anda ingin mengkonversi file audio, maka pilih “Audio” di menu yang ada di sebelah kiri layar, lalu pilih “All to MP3”

  1. Klik Tombol “Add File”

Setelah mengatur format yang ingin dikonversi, kini Anda harus memasukkan file yang akan dikonversi. Caranya, klik tombol “Add File” yang ada di dalam menu “All to MP3”

Cara Menggunakan Format Factory untuk Konversi File

  1. Pilih File yang Akan Dikonversi

Sesuai dengan contoh, kini Anda harus memilih file dengan format AMR yang akan dikonversi ke dalam format MP3. Klik file yang dipilih, lalu lanjutkan dengan klik tombol “Open”

  1. Klik Tombol “OK” dan “Start”

Ketika Anda sudah memilih file yang akan dikonversi, lanjutkan dengan menekan tombol “OK”, lalu klik kembali tombol “Start” untuk memulai proses konversi

  1. Tunggu Hingga 100%

File Anda akan terkonversi jika prosesnya sudah mencapai 100%. Lama atau tidaknya proses konversi file tergantung pada ukuran file. Semakin besar file yang dikonversi, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan

Untuk melihat hasil file yang sudah dikonversi, Anda bisa menuju ke menu Output File. Pastikan perangkat yang Anda gunakan sudah mendukung file dengan format terbaru tersebut bila Anda ingin membukanya.

Cara Mengunduh dan Menginstall Format Factory

Cara Mengunduh dan Menginstall Format Factory Cara Menggunakan Format Factory

Belum memiliki aplikasi Format Factory? Anda bisa mengunduh Format Factory di sini. Anda bisa menjalankan aplikasi ini di PC dengan sistem operasi Windows. Lantas, bagaimana cara menginstall Format Factory? Sama seperti ketika Anda memasang software lain di PC, cukup buka file download Format Factory, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menginstall software ini.

Format Factory adalah software yang bisa Anda peroleh secara gratis. Jadi, Anda tidak perlu membayar apapun ketika hendak mengunduh dan menginstall aplikasi ini. Di samping itu, ini adalah software konversi file yang mendukung berbagai format yang lengkap, sehingga Anda tak perlu ragu menggunakan software ini.

Nah, itulah cara menggunakan Format Factory dan keunggulan dari software ini. Hampir semua format file media bisa diatasi oleh software yang serbaguna ini. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh Format Factory secara gratis. Jadi, tunggu apalagi? Segera install aplikasi ini di PC Anda.

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan Sumber Gambar: