advertisements

Kehadiran Instagram di dalam media sosial memang disambut baik oleh para pengguna smartphone. Melalui Instagram kita bisa berbagi foto maupun video terhadap sesama pengguna. Dengan Instagram pun kita bisa mencari inspirasi tempat makan, belanja, liburan, dan segala macam hal. Bahkan, tak jarang saat sedang menyelami Instagram kita akan menemukan foto atau video bagus yang ingin kita simpan.

Namun, sayangnya sampai saat ini Instagram belum menyediakan fitur untuk menyimpan gambar dan video. Padahal, Twitter sudah menyediakan fasilitas untuk menyimpan gambar. Oleh karena itu, jika Anda ingin menyimpan gambar maupun video Anda harus mengandalkan bantuan dari aplikasi ketiga, seperti InstaSave. Bagaimana cara menggunakan InstaSave? Yuk, Carisinyal akan membahas semua tentang InstaSave di sini!

Tentang InstaSave

advertisements

Ada begitu banyak aplikasi untuk menyimpan gambar dan video dari Instagram, tetapi InstaSave adalah salah satu aplikasi yang terlaris dan paling banyak diinstall oleh pengguna iPhone dan Android. Sejatinya, Instagram tidak memperbolehkan penggunanya untuk menyimpan gambar dan video karena mereka menganggap bahwa setiap gambar dan video memiliki hak cipta.

Akan tetapi InstaSave hadir untuk memungkinkan Anda dan pengguna Instagram lain dalam menyimpan gambar dan video dari akun Instagram milik orang lain, selama akun tersebut tidak diprivat. Mengapa hanya bisa menyimpan gambar dan video dari akun yang tidak diprivat? Pasalnya, untuk menyimpan melalui InstaSave Anda membutuhkan URL dari file tersebut. Sementara itu, gambar dan video dari akun yang diprivat tidak akan menyediakan URL.

Aplikasi besutan Dstudio ini sudah dinstall sebanyak 10 juta kali oleh pengguna Android. InstaSave juga memiliki rating 4,3 di Google Play Store. Bahkan, banyak pengguna Android yang menulis review di Play Store bahwa mereka puas dengan aplikasi yang kompatibel terhadap ponsel Android berbasis Android v4.0.3 ke atas ini.

Cara Download dan Install InstaSave

Cara Download dan Install InstaSave Cara Menggunakan Instasave

Mengingat perkembangan zaman sudah semakin modern, kini Anda bisa mengunduh sebuah aplikasi langsung dari toko resmi yang disediakan oleh sistem operasi dari perangkat yang Anda gunakan. Sebelum kita membahas tentang cara menggunakan InstaSave, Carisinyal akan memberikan informasi mengenai cara download dan install InstaSave:

  1. Bagi pengguna iPhone masuk ke App Store, sedangkan pengguna Android bisa membuka Google Play Store dari perangkatnya
  2. Ketik “InstaSave” di kolom pencarian, lalu tekan OK atau ikon bergambar lup
  3. Pilih aplikasi InstaSave yang dikembangkan oleh Dstudio
  4. Tekan tombol “Install”, pastikan perangkat Anda memperoleh koneksi internet agar aplikasi ini bisa terpasang di perangkat Anda
  5. Tunggu beberapa saat maka InstaSave akan terinstall secara otomatis di perangkat Anda

Cara Menggunakan InstaSave Di iPhone dan Android

Cara Menggunakan InstaSave Di iPhone dan Android

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan dalam cara menggunakan InstaSave di iPhone maupun Android. Cara penggunaan di kedua smartphone ini sama-sama mudah dan tidak menyulitkan. Berikut adalah panduan untuk menggunakan InstaSave di iPhone dan Android:

  1. Pertama, buka aplikasi InstaSave yang sudah diinstal di ponsel Anda
  2. Buka Instagram, lalu cari foto atau video yang ingin Anda simpan
  3. Setelah itu tekan ikon tiga titik di bagian kanan atas foto atau video, lalu tekan “Copy Share URL”
  4. Kembali ke dalam InstaSave, lalu paste URL yang sudah Anda copy tersebut untuk dapat menyimpan foto atau video yang sudah Anda pilih

Dengan menyimpan foto atau video dari InstaSave, Anda bisa me-repost foto dan video tersebut tanpa khawatir dengan adanya watermark. Pasalnya, InstaSave tidak meninggalkan watermark pada segala file yang Anda unduh, sehingga tidak ada yang mengetahui bahwa Anda mengambil properti dari akun Instagram orang lain dengan memanfaatkan InstaSave.

Keunggulan InstaSave

Keunggulan InstaSave

Setelah mempelajari cara menggunakan InstaSave, tentu saja Anda harus mengetahui keunggulan aplikasi InstaSave yang ada di dalam ponsel Anda. Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa Anda peroleh dari InstaSave:

  • Menyimpan Gambar/Video dengan Sangat Cepat

InstaSave memungkinkan Anda untuk menyimpan gambar dan video dengan sangat cepat. Ya, Anda hanya perlu mengcopy URL dari gambar atau video yang Anda inginkan. Kemudian, Anda bisa langsung menempelkan URL tersebut ke kolom yang disediakan InstaSave, maka gambar atau video akan tersimpan dengan sendirinya. Semua proses ini tidak lebih dari 1 menit.

  • Tidak Meninggalkan Watermark pada Gambar/Video
advertisements

Alasan mengapa banyak orang tidak mau menggunakan aplikasi repost foto atau video otomatis adalah umumnya aplikasi tersebut akan menyertakan watermark pada foto atau video yang disimpan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan InstaSave karena aplikasi ini tidak akan meninggalkan watermark di file Anda.

Aplikasi Sejenis Selain InstaSave

Kurang tertarik untuk mengunduh aplikasi InstaSave di dalam smartphone Anda? Tak masalah karena Anda bisa memilih aplikasi sejenis lainnya. Ada banyak cara untuk download foto maupun video dari Instagram, salah satunya dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut:

  • InstaDownloader

Ini adalah aplikasi penyimpan foto dan video di Instagram favorit dari Carisinyal. Pasalnya, aplikasi ini memberikan fasilitas untuk langsung menyimpan aplikasi dari Instagram tanpa perlu membuka tutup kedua aplikasi. InstaDownloader akan langsung membaca akun Instagram yang ada di ponsel Anda sehingga ketika Anda membuka InstaDownloader Anda akan berada di halaman terakhir ketika Anda membuka Instagram. Cara menggunakan InstaDownloader sama dengan InstaSave, yakni hanya dengan URL foto/video saja.

  • Instaport

Aplikasi Sejenis Selain InstaSave Instagarabbr

Jika ingin menyimpan foto di Instagram langsung dari PC, Anda dapat memanfaatkan Instaport. Cukup browsing ke halaman instaport.me, lalu silakan log in dengan username dan password Instagram Anda. Selanjutnya, Anda bisa langsung menyimpan foto yang Anda pilih. Foto akan tersimpan otomatis di dalam PC yang Anda gunakan.

  • Instagrabbr

Tidak punya akun Instagram tetapi ingin mengunduh beberapa foto yang ada di Instagram? Tak masalah karena Anda bisa langsung browsing ke instagrabbr.com dari PC atau laptop. Setelah itu, Anda hanya perlu memasukkan username dari pemilik akun yang fotonya ingin Anda simpan. Klik salah satu foto yang diinginkan, setelah foto diperbesar langsung klik kanan pada foto dan pilih “Save Image As..” Anda bisa bebas menyimpan foto di Instagram dari Instagrabbr selama Anda memasukkan username akun Instagram yang tidak diprivat.

Keberadaan aplikasi-aplikasi yang menyediakan layanan untuk menyimpan file di Instagram dengan mudah ini tentu mendapat sambutan baik dari pengguna Instagram. Akan tetapi, ada pula yang keberatan karena mengambil foto atau video milik orang lain dan mempostingnya adalah suatu bentuk pelanggaran hak cinta.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin foto maupun videonya diambil orang lain melalui cara menggunakan InstaSave atau aplikasi sejenis lainnya, Anda dapat memberi watermark username Anda di setiap foto dan video yang Anda posting. Watermark tersebut memberi tanda bahwa postingan di Instagram Anda adalah milik Anda.

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan Sumber Gambar: