advertisements

Semakin hari ukuran dari aplikasi Android semakin bertambah besar sehingga dengan cepat akan menghabiskan kapasitas memori. Hal tersebut tentu sangat merugikan terutama bagi kita yang memiliki Android dengan memori yang kecil. Untungnya, hal tersebut bisa diatas dengan cara menggunakan Link2SD.

Cara menambah memori internal dengan Link2SD sendiri tidaklah terlalu sulit asalkan perangkat Android kita sudah di-root. Dengan aplikasi Link2SD ini kita bisa memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD card. Dengan begitu, ruang di memori internal akan bertambah dan kita menginstal aplikasi lainnya.

advertisements

Namun sebelum menggunakan aplikasi Link2SD tersebut, kita harus membagi partisi SD card terlebih dahulu. Selain itu usahakan micro SD card yang digunakan memiliki class 10 atau yang lebih cepat lagi. Hal tersebut dimaksudkan agar performa aplikasi yang dipindahkan tidak menurun.

Partisi SD Card

Untuk membagi partisi SD card ini, Anda bisa menggunakan PC ataupun langsung dari Android. Dalam pembahasan kali ini saya akan mengulas cara partisi dengan PC karena langkah-langkahnya lebih mudah. Software yang digunakan untuk membagi partisi ini adalah Minitool Partition Wizard.

  • Download Minitool

Jika Anda belum memiliki program Minitool di PC ataupun laptop Anda, silahkan download terlebih dahulu program-nya di sini. Program Minitool ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Setelah selesai diunduh, silahkan install langsung di komputer Anda.

  • Masukkan SD Card

Setelah program Minitool berhasil dipasang, kini hubungkanlah micro SD card ke komputer. Silahkan hubungkan dengan menggunakan card reader, adaptor, ataupun langsung dari Android. Pastikan Anda sudah membackup terlebih dahulu semua data di dalamnya agar tidak terhapus ketika proses pembagian partisi.

  • Mulai Proses Pembagian

cara partisi SD card minitool

Jika semuanya telah siap, jalankan program Minitool lalu pilih opsi Minitool Partition Wizard. Setelah itu, pilih micro SD yang ingin Anda partisi lalu klik Move/Resize. Di sana Anda dapat menentukan berapa ukuran dari partisi baru yang ingin Anda buat tersebut. Setelah selesai klik OK.

Kini akan tampak satu partisi baru dengan label ‘unallocated’ dan satu partisi lama dengan format FAT32. Jika ingin menmbah partisi lagi, silahkan ulangi langkah sebelumnya. Anda dapat membagi kembali partisi berformat FAT32 ataupun partisi baru yang masih berlabel ‘unallocated’.

  • Format Partisi

cara partisi SD card dengan pc

Setelah membuat partisi baru tersebut, kini saatnya kita memformat partisi yang masih berlabel ‘unallocated’ tersebut. Caranya, klik kanan di partisi unallocated tersebut, kemudian pilih opsi ‘Create’. Di sana Anda akan disuguhkan dengan berbagai opsi seperti partition label, drive letter, cluster size, dan lainnya.

Karena kita ingin membuat partisi untuk Link2SD, maka pada bagian Create As pilih sebagai ‘Primary’. Selanjutnya pada opsi File System, pilihlah Ext2, Ext3, atau Ext4. Biarkan opsi lainnya dalam keadaan default. Tekan OK untuk melanjutkan prosesnya.

  • Selesai

Untuk menyelsaikan proses pembagian partisi ini, silahkan tekan tombol Apply di bagian kiri atas. Proses partisi ini akan memakan waktu beberapa saat hingga selesai. Jika Anda ingin membagi partisi dengan cara yang lainnya selain dengan Minitool, silahkan simak tutorialnya di artikel sebelumnya.

Cara Memindahkan Aplikasi Dengan Link2SD

cara menggunakan Link2SD

Setelah berhasil membuat partisi berformat Ext, kini saatnya kita memindahkan aplikasi dari memori internal dengan cara menggunakan Link2SD. Pertama-tama, silahkan download terlebih dahulu aplikasi Link2SD secara gratis di sini lalu install. Setelah diinstal, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Link2SD
  • Ketika diminta jenis partisi yang akan digunakan, pilihlah partisi Ext yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Restart Android.
  • Buka kembali aplikasi Link2SD, klik pada aplikasi yang ingin dipindahkan, kemudian pilih opsi ‘create link’.
  • Setelah itu akan muncul empat opsi pilihan untuk membuat link. Ceklis opsi pertama hingga ketiga lalu tekan OK.
  • Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.
advertisements

Jika proses pemindahan telah selesai dan berhasil, Anda akan melihat pesan “Application files linked and moved to SD card”. Untuk memindahkan aplikasi yang lainnya, silahkan ulangi langkah-langkah di atas.

Memindahkan Beberapa Aplikasi Secara Sekaligus

Cara di atas dapat digunakan jika Anda ingin memindahkan satu atau dua aplikasi saja. Namun jika aplikasi yang ingin dipindahkan cukup banyak, maka cara di atas tentu cukup merepotkan. Nah, Link2SD juga menyediakan fitur untuk memindahkan banyak aplikasi secara sekaligus. Berikut caranya:

  • Buka jendela daftar aplikasi.
  • Klik tombol menu kemudian pilih opsi ‘multi select’.
  • Pilih aplikasi-aplikasi yang ingin dipindahkan.
  • Klik tombol ‘create link’ lalu ceklis berbagai opsinya seperti langkah-langkah di atas.
  • Klik OK lalu tunggu hingga prosesnya selesai.

Selain memindahkan aplikasi secara manual, Anda juga bisa memindahkan berbagai macam aplikasi yang baru diinstal secara langsung ke SD card. Caranya, buka menu Settings kemudian ceklis pada pilihan ‘Auto link’. Dengan mengaktifkan fitur ini maka Anda tidak perlu lagi repot memindahkan aplikasi baru setelah menginstalnya.

Itulah beberapa langkah mudah menambah memori internal dengan cara menggunakan Link2SD. Untuk semakin meningkatkan kinerjanya, silahkan baca ulasan kami mengenai cara mengoptimalkan memori internal di artikel ini. selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: