advertisements

Twitter baru-baru ini merilis sebuah aplikasi baru untuk perangkat Android dan iOS yang bernama Periscope. Aplikasi ini menghadirkan fitur live streaming untuk sosial media. Secara sekilas Periscope seperti aplikasi Meerkat yang cukup populer di kawasan Eropa dan Amerika.

Aplikasi Periscope memungkinkan para penggunanya untuk menonton atau membuat video live streaming. Artinya, video yang sedang kita rekam dapat disaksikan oleh pengguna lain secara langsung, persis seperti siaran langsung yang ada di televisi.

advertisements

Kita juga dapat melakukan interaksi dengan pengguna lainnya ketika proses live streaming sedang berlangsung. Para penonton bisa memberikan komentar dan simbol hati atau heart untuk video yang sedang ditontonnya. Semakin banyak heart yang didapatkan, maka video tersebut akan semakin populer di kalangan pengguna.

Jika proses live streaming telah selesai, maka video yang kita buat tersebut akan disimpan di dalam server Periscope selama 24 jam sebelum dihapus secara otomatis. Kita juga dapat menyimpan video tersebut di dalam memori smartphone jika ingin menontonnya lagi di kemudian hari.

Download dan Instal Periscope

Untuk menggunakan aplikasi Periscope ini, silahkan download terlebih dahulu aplikasinya secara gratis melalui App Store ataupun Play Store. Untuk perangkat iOS silahkan download aplikasinya di sini dan perangkat Android di sini.

cara menggunakan periscope

Aplikasi ini akan meminta izin untuk mengakses beberapa fitur dan komponen di dalam perangkat Anda seperti kamera, mikrofon, dan lokasi. Silahkan setujui permintaan izin tersebut untuk langsung mengunduh dan menginstal aplikasi Periscope ini.

Membuat Akun Periscope

Setelah terpasang, kini Anda dapat langsung membukanya dan membuat akun untuk aplikasi Periscope ini. Karena aplikasi ini buatan Twitter, maka secara otomatis Anda harus memiliki akun Twitter terlebih dahulu agar dapat menggunakannya.

Silahkan klik tombol “Sign in with Twitter” jika Anda sudah memiliki akun Twitter. Jika belum memilikinya, Anda juga dapat mengklik “Sign in with phone number” untuk masuk dengan menggunakan nomor handphone Anda.

aplikasi periscope android

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukan username dan password Twitter untuk melakukan autorisasi. Kemudian silahkan masukan nama lengkap sekaligus username yang akan Anda gunakan untuk akun Periscope. Jika sudah, silahkan klik tombol “Create account”.

Pada layar selanjutnya Periscope akan menampilkan daftar pengguna yang mungkin ingin Anda follow. Daftar tersebut diambil dari Twitter sehingga teman-teman yang Anda follow di Twitter akan tampil di sana. Jika tidak ingin melakukan langkah ini sekarang, silahkan klik tombol “Skip”.

Jika Anda menggunakan perangkat Android, maka Periscope juga menawarkan fitur multiaccount bagi Anda. Artinya, Anda dapat menggunakan beberapa akun Twitter secara sekaligus di dalamnya. Fitur ini sangat cocok bagi Anda yang juga mengelola akun Twitter untuk keperluan bisnis dan lainnya.

Cara Menggunakan Periscope

advertisements

Setelah proses registrasi selesai, kita bisa langsung mulai menggunakannya. Cara menggunakan Periscope ini sangatlah mudah karena tampilan antarmukanya sangat sederhana. Layar utamanya mirip seperti feed tumblr, di mana Anda dapat melakukan scrolling dari atas ke bawah untuk melihat berbagai koleksi video dari pengguna lain.

Terdapat berbagai macam video yang akan Anda temukan di sana, mulai dari video seseorang sedang bernyanyi, hingga video jalan-jalan di museum. Silahkan klik salah satu video tersebut untuk melihat tayangan live streaming yang disajikannya.

Di sebelah kiri bawah dari video tersebut Anda akan melihat berbagai komentar dari penonton yang lainnya. Anda juga dapat ikut memberikan komentar atau memberikan arahan dengan menuliskannya pada kolom yang sudah disediakan.

Sedangkan di sebelah kanan bawah Anda akan melihat animasi simbol hati bermunculan. Simbol hati tersebut akan muncul apabila ada penonton yang menyentuh layar sebagai tanda suka. Tidak seperti Facebook yang hanya mengizinkan sekali like, Anda dapat memberikan tanda suka tersebut sebanyak-banyaknya di Periscope.

Melakukan klik berkali-kali pada layar juga sering diartikan sebagai applause dari para penonton untuk tayangan yang menarik. Semakin banyak simbol hati yang didapatkan, maka semakin menarik pula video yang ditayangkan tersebut.

Untuk kembali ke halaman utama Anda hanya tinggal mengklik tombol silang di pojok kanan atas. Halaman utama tersebut dilambangkan dengan simbol bumi. Terdapat dua ikon lainnya di samping simbol tersebut, yakni ikon TV dan ikan orang.

menonton video periscope

Dengan mengklik ikon TV Anda akan dibawa ke daftar video yang sedang disiarkan oleh teman Anda. Sedangkan pada ikon orang Anda akan menemukan daftar pengguna Periscope yang populer di dunia dan mungkin ingin Anda follow.

Di pojok kanan layar Anda akan menemukan ikon yang akan membawa Anda ke halaman profil. Di sana Anda akan melihat profil Anda sendiri, jumlah orang yang Anda follow, dan jumlah follower yang Anda miliki. Di bawahnya terdapat menu Settings untuk melakukan berbagai pengaturan.

Dalam menu pengaturan tersebut Anda dapat mengaktifkan fitur Autosave Broadcast. Dengan begitu, video yang telah Anda rekam akan tetap tersimpan dalam camera roll meskipun server Periscope telah menghapusnya dalam waktu 24 jam.

Cara Membuat Siaran Video Streaming

Untuk membuat siaran video streaming sendiri, Anda hanya tinggal mengklik ikon kamera berwarna merah yang ada di pojok kanan bawah. Namun ingat, proses video streaming ini akan banyak memakan data internet sehingga pastikan Anda memiliki cukup kuota dan juga koneksi internet yang stabil.

merekam video periscope

Sebelum mulai merekam Anda harus memberikan judul terlebih dahulu untuk video tersebut. Setelah itu silahkan pilih apakah videonya akan bersifat public atau private. Jika memilih private maka video tersebut hanya akan ditampilkan kepada pengguna yang Anda pilih saja.

Di bawah judul tersebut terdapat tiga ikon yang dapat Anda aktifkan. Yang pertama untuk menampilkan informasi lokasi, yang kedua untuk membatasi hanya follower Anda saja yang dapat memberikan komentar, dan yang ketiga untuk membagikan informasi video tersebut di Twitter.

Jika semuanya sudah diatur, silahkan klik tombol “Start Broadcast” untuk merekam sekaligus menyiarkan video. Secara default Periscope akan menggunakan kamera belakang untuk merekam, namun Anda juga dapat memindahkannya ke kamera depan dengan mengklik dua kali di layar.

Untuk membalas berbagai komentar yang masuk, silahkan sapukan layar dari bawah ke atas untuk memunculkan jendela chat. Sedangkan untuk mengakhiri siaran video yang Anda buat, silahkan sapukan layar dari atas ke bawah lalu klik tombol “Stop Broadcast”.

Setelah selesai merekam, Periscope akan menampilkan berbagai informasi mengenai video tersebut seperti durasi, jumlah penonton, dan retention rate. Video tersebut juga masih akan tersedia di server Periscope selama 24 jam ke depan.

Di pojok kanan bawah terdapat ikon titik tiga yang berisi opsi untuk menghapus replay agar tidak ada orang yang menontonnya lagi, menghapus video tersebut dari server, dan menyembunyikan komentar orang lain dari video tersebut.

Nah, itulah langkah-langkah cara menggunakan Periscope yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Silahkan gunakan aplikasi ini untuk membagikan informasi bermanfaat dan jangan disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak benar. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: