advertisements

Keberadaan USB Flash Drive memang memudahkan semua orang melakukan transfer data antar perangkat PC maupun laptop. Jika sebelumnya, orang-orang menggunakan disket atau CD untuk menyimpan data yang akan dipindahkan ke PC lain, kini Anda sudah bisa menggunakan USB Flash Drive. Kapasitas yang ditawarkan oleh USB Flash Drive juga lebih besar dibanding pendahulunya, yakni disket atau CD-R.

Seiring berkembangnya teknologi, kini USB tidak hanya bisa dipakai di PC atau laptop saja. Anda bisa menyambungkan USB ini ke smartphone atau tablet dengan menggunakan USB On-The-Go (OTG). USB OTG adalah spesifikasi standar untuk koneksi USB yang memungkinkan perangkat, seperti smartphone atau tablet, untuk membaca data dari koneksi USB tanpa memerlukan PC atau laptop.

advertisements

Bagaimana cara menggunakan USB OTG? Mengapa teknologi yang satu ini begitu diminati oleh sebagian orang? Temukan jawabannya di tulisan Carisinyal berikut ini.

Cara Mengetahui Perangkat Android Sudah Support USB OTG

usb otg

Perlu Anda ingat bahwa tidak semua smartphone atau tablet Android sudah kompatibel terhadap USB OTG. Sebelum mencari tahu cara menggunakan USB OTG, akan lebih baik jika Anda mencari tahu apakah perangkat Android yang Anda miliki sudah mendukung USB OTG atau tidak. Anda bisa melihat di kotak handset Anda atau spesifikasi yang ada di website produsen.

Apabila di kotak handset atau spesifikasi yang terdapat di website brand smartphone atau tablet Anda terdapat logo seperti di bawah ini, maka bisa dipastikan bahwa perangkat tersebut sudah mendukung USB OTG. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keterangan melalui situs yang menyediakan spesifikasi gadget seperti GSMArena dan temukan kata-kata “USB Host”, yang artinya perangkat Anda sudah mendukung USB OTG.

Ingin cara yang lebih mudah untuk mengecek handset Anda sudah mendukung USB OTG atau belum? Install USB OTG Checker di Play Store untuk mendapatkan jawaban cepat mengenai dukungan USB OTG pada smartphone atau tablet Anda.

Apa yang Dibutuhkan untuk Menggunakan USB OTG?

Kabel USB OTG Cara Menggunakan USB OTG

Ketika Anda sudah memastikan bahwa smartphone atau tablet Anda telah mendukung USB OTG, maka Anda dapat membeli kabel USB OTG di pasaran. Kisaran harga kabel USB OTG ini sekitar 50 ribu rupiah.

Usahakan Anda membawa ponsel atau tablet Anda ketika membeli kabel USB OTG. Hal tersebut agar Anda bisa mencoba langsung colokan kabel USB OTG tersebut ke port yang tersedia di perangkat Anda. Ingat, bentuk port setiap perangkat Android berbeda-beda. Untuk berjaga-jaga bawa saja perangkat Anda agar bisa dicoba langsung di tempat.

Cara Menggunakan USB OTG pada Smartphone dan Tablet Android

Cara Menggunakan USB OTG pada Smartphone dan Tablet Android

Apabila Anda sudah memperoleh kabel USB OTG, kini saatnya Anda mencoba untuk menghubungkan kabel tersebut ke perangkat Anda. Siapkan terlebih dahulu USB yang berisi data (bisa berupa foto, lagu, atau video). Kemudian ikuti langkah-langkah cara menggunakan USB OTG berikut ini:

  1. Hubungkan USB Flash Drive ke kabel USB OTG yang sudah terkoneksi ke perangkat Anda
  2. Buka aplikasi File Manager yang biasanya tersedia di perangkat-perangkat Android. Jika tidak ada aplikasi File Manager bawaan dari perangkat Anda, sebaiknya install terlebih dahulu di Play Store, ketik keyword File Manager dan pilih salah satu aplikasi untuk dipasang di perangkat Anda
  3. Cari nama file USB Flash Drive Anda di File Manager. Nama USB bisa berbeda-beda tergantung jenis perangkat yang digunakan. Sebagai contoh, pada ponsel ASUS umumnya file USB memiliki nama Removable/USBdisk1
  4. Cobalah untuk membuka atau menyalin file yang ada di USB tersebut ke smartphone atau tablet Anda
  5. Setelah selesai menggunakan USB OTG, jangan cabut USB begitu saja karena hal tersebut dapat merusak USB dan perangkat. Masuk ke Settings > Storage > Klik Unmount External Storage di bagian USB Storage > Tunggu sampai proses selesai, lalu cabut USB

Manfaat USB OTG

Jika Anda berpikir bahwa USB OTG hanya bisa dipakai untuk membaca dan membuka data dari USB Flash Drive saja, maka Anda perlu mengetahui beberapa manfaat lain dari USB OTG ini.

  • Memainkan Game dengan Controller
advertisements

Xbox 360 Controller dapat bekerja dengan sangat baik pada tablet atau smartphone Android yang sudah dibekali dengan USB OTG. Cara menggunakan USB OTG untuk bermain game dengan controller Xbox 360 ini sangat mudah.

Bermain game seperti Asphalt 8: Airbone atau Modern Combat 5 di perangkat Anda dengan controller ini memang menjadi lebih seru dan menyenangkan. Selain bisa menghubungkan Xbox 360 Controller ke perangkat Anda, kegunaan USB OTG yang lainnya adalah untuk menghubungkan PlayStation 3 Controller ke smartphone atau tablet Android Anda.

  • Print Dokumen dari Perangkat Android

Pernahkah Anda menerima dan membuka email berisi file yang harus dicetak segera, tetapi Anda tidak memiliki PC atau laptop untuk mencetak dokumen tersebut melalui printer? Dengan adanya USB OTG, Anda bisa langsung mencetak dokumen atau gambar langsung dari smartphone atau tablet Android Anda.

Caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu menghubungkan perangkat Android tersebut ke printer dengan menggunakan USB OTG. Mencetak dokumen tidak akan semudah ini sebelum ada USB OTG.

  • Menghubungkan Keyboard ke Perangkat Android

Menghubungkan Keyboard ke Perangkat Android USB OTG

Meskipun di semua perangkat Android sudah tersedia Microsoft Office, tetapi Carisinyal berani bertaruh bahwa Anda sangat jarang atau hampir tidak pernah menggunakan software tersebut untuk mengetik dalam jumlah banyak layaknya di PC atau laptop.

Ya, hal tersebut disebabkan karena mengetik di layar sentuh memang terasa kurang nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan USB OTG untuk menghubungkan keyboard ke perangkat Anda. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan Microsoft Office yang ada di smartphone atau tablet Anda untuk mengetik dokumen. Namun, hindari membeli keyboard atau mouse yang mengharuskan Anda untuk menginstall software khusus ke perangkat Anda, seperti mouse Logitech T400.

  • Mengontrol Kamera DSLR

Para fotografer tentu akan sangat menyukai fungsi USB OTG yang satu ini. Ya, dengan menghubungkan kamera DSLR ke smartphone atau tablet Android dengan USB OTG, maka hasil foto bisa dilihat secara lebih jelas tanpa menggunakan laptop.

Smartphone atau tablet Android Anda bisa menjadi live screen raksasa untuk menampilkan hasil-hasil foto dari kamera DSLR. Namun, perlu Anda ketahui beberapa merk kamera membutuhkan aplikasi tambahan yang harus diinstall di perangkat Anda untuk dapat melihat hasil foto dari kamera DSLR.

Nah, inilah cara menggunakan USB OTG dengan beberapa fungsi lain dari USB OTG selain membaca USB Flash Drive. Apakah Anda berminat untuk mencoba teknologi yang satu ini? Pastikan jika perangkat Anda sudah support terhadap teknologi ini. Jika perangkat Anda belum mendukung USB OTG, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli perangkat Android baru yang sudah mendukung USB OTG.

Artikel Menarik Lainnya: