advertisements
advertisements

Di era teknologi yang berkembang pesat ini siapa pun pasti sudah akrab dengan yang namanya koneksi WiFi. Bahkan, hotspot WiFi gratis yang banyak ditemukan di tempat-tempat umum selalu menjadi incaran bagi para pengguna gadget. Beberapa cafe maupun restoran sengaja menambahkan koneksi hotspot WiFi agar pengunjungnya semakin betah untuk berlama-lama di sana.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam menggunakan koneksi WiFi di mana saja, kini hadir WiFi Master Key. Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mendengar nama aplikasi ini tapi masih belum tahu cara menggunakan WiFi Master Key ini. Pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan berbagi sedikit informasi berserta cara untuk memakai aplikasi WiFi Master Key.

Tentang WiFi Master Key

advertisements
advertisements

Meskipun WiFi Master Key telah menjadi aplikasi nomor wahid di berbagai negara, tetapi sebagian dari Anda mungkin belum mengenal lebih jelas tentang aplikasi ini. Nah, biarkan Carisinyal menjelaskan secara singkat mengenai aplikasi WiFi Master Key yang kabarnya sangat bermanfaat ini.

WiFi Master Key adalah aplikasi berbagi koneksi WiFi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Bahkan, ketika Anda berada di suatu tempat yang konektivitas WiFi-nya diproteksi dengan password, Anda bisa tetap terhubung dengan WiFi yang sudah dibagikan oleh pengguna WiFi Master Key lainnya. Aplikasi yang berasal dari Shanghai ini diluncurkan pada tahun 2012. Setelah perilisannya, WiFi Master Key langsung menjadi aplikasi populer di beberapa negara yang ada di Asia, seperti Malaysia, Vietnam, dan Singapura.

Fungsi dan Cara Kerja WiFi Master Key

Fungsi dan Cara Kerja WiFi Master Key Cara Menggunakan WiFi Master Key

Sebelum membahas tentang cara menggunakan WiFi Master Key, Anda mungkin merasa penasaran atau masih bingung dengan cara kerja WiFi Master Key. Begini simulasi singkat tentang cara kerja aplikasi ini.

Pertama, A memiliki smartphone yang sudah terhubung dengan salah satu hotspot WiFi yang diproteksi dengan password. Sementara itu, B juga memiliki smartphone tetapi tidak mengetahui password hotspot WiFi tersebut. Nah, A dan B sama-sama memiliki aplikasi WiFi Master Key di ponselnya, ketika A membagikan koneksi WiFi yang tersambung ke smartphone-nya, B juga bisa terhubung ke koneksi WiFi tersebut meskipun tidak mengetahui passwordnya.

Fungsi dari aplikasi WiFi Master Key sudah jelas, yakni untuk berbagi koneksi WiFi kepada pengguna WiFi Master Key lainnya. Aplikasi crowdsourcing hotspot WiFi ini menebarkan tren positif untuk berbagi pada sesama pengguna gadget.

Tutorial Cara Menggunakan WiFi Master Key

Ini adalah bagian yang pastinya sudah Anda tunggu-tunggu. Ya, apalagi jika bukan tutorial cara menggunakan WiFi Master Key. Cara menggunakan aplikasi ini sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download dan instal aplikasi WiFi Master Key yang tersedia di App Store atau Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut dan slide layar sampai menemukan menu “Launch WiFi Master Key” lalu tekan menu tersebut
  3. Ubah pengaturan “Enable WiFi” dari Off menjadi On
  4. Tekan menu “WiFi Key Search” agar aplikasi ini mencari koneksi WiFi terdekat dengan Anda
  5. Setelah beberapa saat layar akan menampilkan hasil pencarian koneksi hotspot WiFi terdekat dengan Anda, tekan koneksi WiFi yang di sebelah kanannya terdapat ikon bergambar kunci warna biru
  6. Klik “Auto Connect” maka tunggu beberapa saat, maka smartphone Anda akan terkoneksi pada WiFi tersebut

Perlu Anda ketahui bahwa Anda tidak perlu memasukkan password apapun jika Anda memilih hotspot WiFi dengan ikon bergambar kunci warna biru. Karena itu adalah koneksi WiFi yang sudah dibagikan oleh pengguna WiFi Master Key lainnya. Namun, untuk terhubung dengan hotspot WiFi yang tidak terdapat ikon bergambar kunci warna biru tersebut, Anda harus mengetahui password dari hotspot WiFi itu.

Bisakah Membobol Password WiFi dengan Aplikasi Ini?

Bisakah Membobol Password WiFi dengan Aplikasi Ini

Setelah mengetahui cara menggunakan WiFi Master Key, beberapa orang mungkin akan bertanya “Apakah itu artinya kita bisa membobol password WiFi dengan aplikasi ini?” Jawabannya adalah tidak karena aplikasi ini hanya diciptakan untuk berbagi hotspot WiFi yang memang “dibagikan” oleh pengguna WiFi Master Key yang sudah mengetahui password-nya. Namun, password tidak akan ditampilkan ke pengguna WiFi lainnya.

advertisements

Pengembang aplikasi ini menuturkan bahwa WiFi Master Key dibuat dengan sistem sharing economy. Artinya, kita bisa berbagi koneksi WiFi gratis kepada orang lain yang membutuhkan. Pemilik hotspot WiFi tidak perlu khawatir karena aplikasi ini tidak bisa membobol atau membaca password WiFi.

advertisements

Ketentuan Menggunakan WiFi Master Key

Walaupun ini merupakan aplikasi yang memberikan fasilitas untuk membagikan dan memperoleh konektivitas hotspot WiFi, tetapi Anda tetap memerlukan mobile data internet untuk menggunakan menu “WiFi Key Search”. Setelah Anda menemukan hotspot WiFi dan memasukkan password-nya, Anda bisa langsung mematikan mobile data dan menggunakan WiFi yang sudah terhubung ke perangkat.

Setelah itu, Anda hanya perlu menekan tombol “Hotspot Share” untuk membagikan konektivitas hotspot WiFi yang sudah terhubung ke perangkat Anda kepada pengguna WiFi Master Key lainnya. Pemilik perangkat lain yang tidak mempunyai aplikasi ini tidak akan bisa menggunakan hotspot yang sudah Anda bagikan. Di aplikasi ini, Anda juga diperkenankan untuk berhenti berbagi hotspot kapan pun yang Anda inginkan.

Solusi Mengatasi Koneksi Gagal pada WiFi Master Key

Saat ingin menggunakan aplikasi ini mungkin Anda akan menemukan beberapa permasalahan. Berikut adalah solusi dari beberapa masalah umum pada WiFi Master Key:

  • Tidak Menemukan Daftar Hotspot

Hal ini disebabkan karena di sekitar Anda memang tidak ada hotspot WiFi. Namun, bila Anda sudah memastikan bahwa di dekat Anda terdapat hotspot WiFi silakan uninstall WiFi Master Key, lalu install ulang dan klik “WiFi Key Search”

  • Tidak Bisa Terkoneksi dengan Hotspot yang Disertai dengan Ikon Kunci Biru

Ada beberapa penyebab mengapa Anda gagal terkoneksi pada hotspot yang sudah dibagikan oleh pengguna WiFi Master Key lainnya, yaitu password telah diperbarui oleh pemilik hotspot, terlalu banyak perangkat yang terhubung dengan hotspot tersebut, dan sinyal lemah atau tidak stabil. Solusinya, cari hotspot lain yang dibagikan oleh pengguna aplikasi ini dengan sinyal yang lebih kuat.

  • Diperlukan Otentikasi Setelah Terhubung

Hotspot WiFi tertentu mengharuskan penggunanya untuk masuk ke halaman web otentikasi sebelum Anda melakukan browsing di internet. Ikuti saja instruksinya dan selesaikan otentikasi yang diminta.

  • Tidak Bisa Browsing Setelah Terhubung

Hal ini disebabkan karena router WiFi sedang offline atau sedang down. Selain itu, sinyal WiFi yang terlalu lemah juga membuat Anda tidak bisa melakukan browsing. Carilah hotspot WiFi lain yang sinyalnya lebih kuat.

Nah, itulah cara menggunakan WiFi Master Key berserta dengan tutorial dan penjelasan cara kerja aplikasi ini. Anda bisa merasakan indahnya berbagi dengan orang lain saat Anda menggunakan aplikasi ini.

Artikel Menarik Lainnya: