advertisements

Semenjak kehadiran handphone dengan layar sentuh, goresan pada layar mulai jadi masalah serius. Adanya goresan akan membuat penampilan handphone tersebut tidak cantik lagi, terlebih apabila goresan tersebut tersebar di mana-mana.

Untuk menghilangkan goresan tersebut, biasanya kita langsung mencari solusinya di internet. Sayangnya tidak semua artikel di internet memberikan solusi yang tepat untuk masalah ini. Beberapa di antaranya bahkan cenderung menyesatkan. Nah maka dari itu berikut Carsinyal akan mengulas berbagai cara menghilangkan goresan pada layar HP yang salah tersebut.

Menggunakan Turtle Wax

advertisements

Anda tahu penghilang goresan pada bodi mobil semacam Turtle Wax dan lainnya? Ya, ternyata ada yang merekomendasikan kita untuk membersihkan goresan pada layar smartphone dengan krim tersebut. Rekomendasi ini lebih tepatnya ditujukan untuk layar yang memiliki oleophobic coating.

Oleophobic coating merupakan salah satu lapisan terluar di layar yang berfungsi untuk menyamarkan noda akibat minyak dan kotoran lain yang berasal dari jari tangan. Nah, berbagai goresan juga bisanya terdapat pada lapisan oleophobic coating ini.

Mungkin orang menganggap jika Turtle Wax akan menghilangkan goresan pada oleophobic coating ini seperti halnya pada bodi mobil. Sayangnya, hal tersebut hanyalah teori karena pada kenyataannya Turtle Wax hanya bisa digunakan pada pada permukaan besi dan alumunium saja.

Lantas apa yang terjadi jika kita mencobanya di layar smartphone? Tentu saja lapisan oleophobic coating di layar akan terkelupas dan rusak. Hasilnya, layar tidak akan bisa lagi mencegah kotoran dari jari sehingga akan tampak sangat kotor dan berminyak.

Menggunakan Amplas

cara menghilangkan goresan pada layar hp amplas

Anda tahu kegunaan dari amplas? Ya, amplas digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Jika kita mengamplas furnitur atau material kayu lain yang memiliki goresan, maka permukaan kayu tersebut akan dipangkas habis hingga rata dengan dasar goresan. Hasilnya kayu tersebut menjadi rata dan tidak ada goresan lagi di atasnya.

Jika melihat teori di atas, mungkin sedikit masuk akan jika mencobanya untuk menghilangkan goresan di layar HP.  Namun sayangnya hal tersebut akan menjadi sia-sia jika Anda lakukan. Pasalnya amplas hanya akan memperburuk keadaan dengan menambah goresan di mana-mana. Alih-alih menjadi mulus kembali, layar Anda justru akan hancur dibuatnya.

Pasta Gigi

pasta gigi

Pernah mendengar tips membersihkan CD dengan pasta gigi? Ya, informasi tersebut memang tidak salah karena pasta gigi memang dapat digunakan untuk membersihkan permukaan CD (compact disc) dari berbagai macam goresan.

Banyak yang menganggap jika teknik tersebut juga dapat digunakan pada layar smartphone. Sayangnya Anda hanya akan membuang-buang waktu saja jika mencobanya karen pasta gigi tidak akan memberikan efek apapun pada layar smartphone Anda.

Baking Soda

Cara menghilangkan goresan pada layar HP lainnya yang banyak direkomendasikan adalah dengan mencampurkan baking soda dan air, kemudian mengoleskannya ke layar HP. Tindakan tersebut jelas sangat berbahaya. Pasalnya baking soda memiliki sifat abrasif yang malah akan merusak permukaan layar tersebut.

Minyak Goreng

minyak goreng

Tips menggunakan minyak goreng ini tampaknya sangat konyol. Ada artikel yang menyarankan untuk mengoleskan sedikit minyak goreng pada layar agar goresan di atasnya bisa tersamarkan. Hasilnya, minyak tersebut memang menutupi goresan sehingga tidak terlalu nampak jelas.

advertisements

Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika kita ingin menggunakan smartphone tersebut? Apakah kita harus mengelapnya terlebih dahulu atau menggunakannya langsung sehingga jari kita belepotan dengan minyak? Sungguh pekerjaan yang membuang-buang waktu.

Ataukah kita bisa menggunakan tips ini jika ingin menjual smartphone agar tampak mulus tanpa goresan? Terdengar sebagai ide bagus memang, akan tetapi bagaimana jika si pembeli mencoba smartphone tersebut kemudian tangannya belepotan dengan minyak? Hmmmm…

Lantas, Bagaimana Cara yang Benar?

Sulit untuk menemukan cara yang benar-benar efektif untuk menghilangkan goresan yang ada di layar smartphone. Tidak ada satupun cara di atas yang bisa memberikan solusinya. Mungkin salah satu solusi terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mengganti layar sentuh tersebut dengan yang baru.

Untuk mencegah agar goresan tersebut tidak timbul, sangat disarankan untuk menggunakan lapisan anti gores. Namun apabila smartphone Anda memiliki layar yang sudah dilapisi dengan Gorilla Glass, Dragontrail Glass, dan semacamnya, maka anti gores sudah tidak diperlukan lagi.

Pasalnya, berbagai pelindung tersebut sudah mampu melindungi lebih dari sekedar goresan. Bahkan, terdapat lapisan pelindung yang mampu menahan beban hingga 60 kg. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai material pelindung layar smartphone, silahkan simak artikel ini.

Apakah Anda memiliki cara menghilangkan goresan pada layar HP yang terbukti efektif? Ataukah ada cara konyol lain yang banyak dilakukan saat ini? Silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: