advertisements

Kehadiran BBM memang sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi jarak jauh. Aplikasi pengirim pesan real-time ini sudah menarik minat sebagian besar orang sejak pertama kemunculannya di perangkat BlackBerry hingga kini tersedia di Android, iOS, dan Windows Phone.

Akan tetapi, seiring berkembangnya jaman, kini kita bisa menemukan aplikasi serupa, seperti WhatsApp, Line, dan kik. Dengan adanya aplikasi kompetitor yang menawarkan sejumlah fitur menarik ini, otomatis popularitas BBM menjadi menurun.

advertisements

Pernahkah Anda merasa terganggu dengan BBM yang masuk atau broadcast dari toko online yang ada di kontak BBM Anda? Jika demikian, matikan saja BBM Anda secara sementara. Kali ini, Carisinyal akan membagikan beberapa cara menonaktifkan BBM agar Anda tidak merasa terganggu.

Cara Menonaktifkan BBM dengan Aplikasi

Pertama, kita akan mencari tahu bagaimana menonaktifkan BBM dengan bantuan aplikasi. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu mematikan koneksi internet, seperti Wi-Fi atau paket data. Jadi, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi lainnya, seperti Instagram, Path, dan Facebook meskipun BBM Anda sedang dinonaktifkan.

Ketika Anda memasang aplikasi ini, maka Anda tidak akan menerima notifkasi BBM dalam bentuk apa pun. Sementara itu, teman yang mengirim pesan ke kontak BBM Anda akan pending dan hanya ditandai dengan simbol centang saja.

Sebelum mengunduh aplikasi ini, sebaiknya root terlebih dahulu smartphone Android Anda. Pasalnya, aplikasi ini hanya bisa dipasang pada perangkat Android yang sudah diroot. Setelah proses root selesai, ikuti langkah-langkah berikut ini:

disable service

  1. Unduh aplikasi Disable Service melalui Google Play Store
  2. Setelah aplikasi sudah terinstall, segera buka aplikasi tersebut
  3. Pilih BBM yang ada di dalam Disable Service
  4. Tekan pada menu ‘BBMAccountService’ agar tidak tercentang dan tulisannya berubah menjadi warna merah

Nah, dengan cara ini BBM Anda akan dinonaktifkan sementara tanpa mematikan data seluler. Cara ini cukup ampuh bila Anda ingin menghindari seseorang yang “annoying” di BBM Anda sehingga status pesannya tetap pending di server BBM.

Pasang Status Di BBM

cara menonaktifkan bbm

Jika Anda merasa tidak perlu menggunakan cara menonaktifkan BBM di atas, tetapi Anda tidak ingin diganggu oleh chat BBM untuk sementara waktu, pasanglah status ‘Busy’ atau ‘Unavailable’ di profil BBM Anda. Tambahkan personal message di profil bila Anda merasa itu diperlukan.

Anda bisa menuliskan keterangan, seperti “I’m away from this phone, please chat me later” yang artinya adalah “Saya sedang berada jauh dari ponsel ini, mohon chat saya nanti”. Dengan begitu, orang-orang tidak akan menghubungi Anda kecuali untuk sesuatu yang benar-benar penting.

Menghilangkan Ikon Connected

Ternyata untuk menonaktifkan BBM, Anda bisa melakukannya tanpa bantuan aplikasi. BBM untuk iOS dan Android memiliki ikon connected untuk memastikan bahwa BBM aktif dan tersambung dengan koneksi internet.

Nah, bila ikon ini dihilangkan, maka otomatis BBM Anda akan menjadi tidak aktif. Teman yang ingin mengirim pesan ke BBM Anda akan mendapati bahwa chat-nya pending. Lantas, bagaimana cara mematikan BBM dengan menghilangkan ikon connected? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke aplikasi BBM di smartphone Anda
  2. Buka ‘Menu’ dengan ikon tiga garis yang ada di sebelah tulisan BBM Chats
  3. Pilih ‘Settings’
  4. Pada menu ‘Notifications’ pilihlah ‘BBM Connected Icon’
  5. Tekan tanda centang yang ada di sebelahnya untuk menghilangkan ikon connected tersebut
  6. Keluar dari aplikasi BBM
advertisements

Dengan cara ini, BBM Anda akan mati untuk sementara waktu dan seluruh pesan yang masuk akan menjadi pending. Jika Anda ingin mengaktifkan kembali BBM Anda, lakukan cara yang sama seperti hendak menghilangkan ikon connected BBM.

Cara Menonaktifkan BBM dengan Clear Data

Cara yang satu ini akan menonaktifkan sekaligus merestart ulang BBM Anda. Kontak Anda tidak hilang, tetapi BBM Chats Anda akan hilang. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak membutuhkan chats yang ada di BBM sebelum melakukan cara ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan BBM dengan membersihkan data:

  1. Masuk ke menu ‘Settings’ pada smartphone Android Anda
  2. Pilih menu ‘More’
  3. Lanjutkan dengan memilih menu ‘Application Manager’ yang ada di bagian System Manager
  4. Kemudian, pilih aplikasi BBM
  5. Tekan menu ‘Clear Data’

BBM Anda akan dinonaktifkan dalam waktu selama yang Anda inginkan. Akan tetapi, ketika Anda akan hendak mengaktifkan kembali BBM, Anda harus mengisi email dan password BlackBerry ID. Anda akan dibawa ke tampilan seperti pada awal Anda menggunakan BBM. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kontak BBM Anda masih lengkap tanpa perlu melakukan invite ulang.

Matikan Koneksi Internet

mematikan internet android

Terkadang kita juga membutuhkan ketenangan, bukan? Mungkin Anda tidak ingin diganggu oleh hal apa pun sama sedang quality time dengan orang terdekat. Matikan segala bentuk koneksi internet di smartphone Anda, entah itu paket data maupun Wi-Fi.

Melalui cara ini, Anda tak hanya menonaktifkan BBM saja, tetapi juga semua aplikasi yang mengandalkan koneksi internet. Anda akan memperoleh notifikasi lagi setelah Anda mengaktifkan kembali koneksi internet di smartphone Anda.

Uninstall Aplikasi BBM

Ingin menghilang untuk sementara waktu dari BBM? Uninstall saja aplikasinya. Langkah-langkahnya sama dengan ketika Anda ingin menonaktifkan BBM dengan menghapus data. Hanya saja, pada poin kelima Anda tidak perlu memilih ‘Clear Data’, tetapi pilihlah tombol ‘Uninstall’.

Dengan menghapus aplikasi BBM ini, Anda juga akan menghemat penggunaan memori internal di perangkat Android Anda sehingga performanya menjadi lebih cepat. Apabila ingin menggunakan BBM Anda kembali, silahkan download dan log in lagi dengan BlackBerry ID Anda.

Nah, itu tadi berbagai macam cara menonaktifkan BBM. Cara ini cukup efektif jika Anda ingin menghilang sementara waktu dari BBM. Jika ingin menghapus data atau uninstall BBM, pastikan terlebih dahulu Anda mengingat email dan password BlackBerry ID Anda. Karena jika tidak, Anda harus sign up kembali dengan akun BBID baru dan tidak bisa memiliki kontak BBM lama Anda.

Artikel Menarik Lainnya: