advertisements
advertisements

Beberapa teman atau keluarga mungkin kerap kali meminjam smartphone kita hanya untuk sekedar melihat-lihat. Namun, hal itu akan sangat meresahkan jika di dalam smartphone tersebut terdapat foto atau video yang menjadi privasi Anda.

Lantas, apa yang Anda lakukan? Apakah Anda tidak akan meminjamkan smartphone tersebut? Tentu saja Anda harus tetap meminjamkannya, namun foto-foto atau file privasi tersebut harus disembunyikan terlebih dahulu agar tidak ada yang melihat.

advertisements
advertisements

Untuk menjaga foto atau video yang tidak ingin dilihat oleh orang lain, Anda bisa melakukan cara menyembunyikan file Android dengan beberapa aplikasi berikut ini. Berbagai aplikasi ini Anda Anda download secara gratis melalui Google Play Store.

Hide Pictures in Vaulty

Aplikasi ini sudah 4 tahun melindungi foto dan video di smartphone Android. Interface yang ditawarkan oleh Vaulty sangat sederhana. Di samping itu, aplikasi yang dikembangkan oleh Squid Tooth LLC memiliki fitur-fitur yang cukup canggih.

Untuk menggunakannya, Anda hanya tinggal menyimpan foto dan video yang ingin dilindungi di galeri Vaulty. Tidak ada yang bisa membuka galeri tersebut selain Anda, karena galeri itu diproteksi dengan password yang hanya diketahui oleh Anda.

cara menyembunyikan file di android Hide Pictures in Vaulty

Ketika seseorang mencoba untuk mengakses password tersebut, Vaulty akan memberikan laporannya kepada Anda. Bahkan, laporan tersebut disertai dengan foto stalker yang telah mencoba mengakses password Vaulty Anda. Selain itu, Anda bisa melakukan back up foto dan video secara online melalui Vaulty.

Vault-Hide SMS, Pics & Video

Tak hanya menyembunyikan foto dan video saja, tetapi aplikasi ini juga mampu menyembunyikan SMS, kontak, dan aplikasi lainnya. Masukkan semua data yang ingin Anda sembunyikan ke dalam ‘lemari besi’ Vault-Hide dan set sandi untuk memproteksinya.

Vault-Hide juga mempunyai beberapa fitur menarik, salah satunya adalah Vault Palsu. Dengan Vault Palsu ini Anda bisa menipu para stalker dengan membuat mereka menyangka bahwa telah berhasil mengakses file-file Anda. Padahal, isi dari Vault Palsu tersebut adalah file-file buatan dari aplikasi ini.

Vault-Hide SMS, Pics Videos

Aplikasi yang bisa didownload secara gratis ini merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin melindungi semua aplikasi dan data Anda dari orang-orang yang usil. Silahkan download aplikasi ini melalui Google Play Store di link ini.

Hide Pictures Keepsafe Vault

Jika Anda ingin mencari aplikasi untuk melindungi gambar atau foto di smartphone dengan interface yang sederhana, Hide Pictures Keepsafe Vault adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, gambar dan foto akan dihilangkan dari galeri Anda dan dikunci dengan sandi yang hanya diketahui oleh Anda.

Bila Anda mengunduh versi premium dari aplikasi ini, maka Anda bisa menggunakan fitur khusus, seperti pin palsu. Fitur ini akan menyediakan sandi kedua yang mungkin bisa ditebak oleh si stalker. Namun, ketika stalker berhasil membuka pin tersebut, maka ia hanya dapat melihat gambar dan foto yang tidak Anda proteksi.

Hide Pictures Hide It Pro

advertisements

Cara menyembunyikan file di Android berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Hide Pictures Hide It Pro. Nah, aplikasi ini mampu menyembunyikan gambar, video, aplikasi, dan kontak hanya dengan beberapa ‘tap’ saja. Tidak perlu berlangganan versi premium, karena aplikasi ini dapat menjamin keamanan data Anda secara tidak terbatas.

advertisements

Hide It Pro juga menyediakan pilihan kustomisasi dan navigasi. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan zoom in/out, sortir, dan slideshow pada gambar, serta memutar video. Di samping itu, Hide It Pro juga menawarkan sejumlah plugin, seperti private message, private browsing, dan penguncian aplikasi.

Safe Gallery Free

Ini merupakan media berupa aplikasi yang bermanfaat untuk menyembunyikan file Anda di Galeri. Ada 3 jenis proteksi yang diberikan aplikasi ini, yakni PIN, password, dan pola tertentu. Dengan aplikasi yang canggih ini, Anda juga bisa melakukan back up data untuk berjaga-jaga bilamana data utama Anda hilang atau terhapus.

Safe Gallery Free

Safe Gallery juga memisahkan gambar yang berasal dari Galeri smartphone dengan gambar-gambar dari web, tetapi kedua jenis gambar tersebut tetap memperoleh jenis proteksi yang sama. Sesuai dengan namanya, Safe Gallery Free ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Private Photo Vault

Private Photo Vault

Private Photo Vault adalah aplikasi penyembunyi foto dan video yang dilengkapi dengan pilihan kustomisasi yang cukup beragam. Aplikasi pintar ini memampukan Anda untuk menambahkan password dan pin di setiap aplikasi atau album foto dari galeri smartphone Anda. Gunakanlah 2 password untuk melindungi data yang menjadi privasi Anda tersebut.

Aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai gambar orang yang mencoba membuka file yang sudah diproteksi beserta dengan koordinat GPS. Sama seperti beberapa aplikasi lainnya, Private Photo Fault juga memiliki fitur password dan foto palsu untuk membodohi para stalker.

Fotox

Fotox

Back up sekaligus memproteksi foto dari tangan-tangan jahil, kenapa tidak? Semua bisa dilakukan jika Anda menggunakan Fotox. Aplikasi ini menawarkan 4 jenis proteksi, seperti PIN, password, pola, dan pendeteksi wajah. Maka dari itu, simpanlah semua foto pribadi Anda di dalam Fotox.

Di samping itu, aplikasi ini akan menyembunyikan aplikasi Anda tanpa bisa dideteksi oleh sistem atau aplikasi lainnya. Proses uninstall aplikasi ini juga diproteksi secara khusus, sehingga tidak ada orang yang dapat menghapus aplikasi ini kecuali diri Anda sendiri.

Photo Locker

Photo Locker diklaim sebagai aplikasi terbaik yang menjamin keamanan dari data privasi Anda. Semua data yang ada di dalam Photo Locker akan dienkripsi untuk memastikan bahwa tidak ada yang dapat melihat selain pemilik smartphone tersebut.

Tak perlu khawatir jika Anda lupa mengunci aplikasi ini, karena Photo Locker dilengkapi dengan fitur kunci otomatis. Semua gambar juga dapat dikembalikan ke Galeri secara mudah. Pemulihan password juga cukup mudah karena hanya memerlukan email Anda.

Dengan cara menyembunyikan file di Android ini Anda tidak perlu khawatir lagi dengan para stalker yang sering ‘kepo’ terhadap file atau data di smartphone Anda. Selain menggunakan berbagai aplikasi di atas, Anda juga dapat mencoba aplikasi keamanan lainnya yang pernah kami ulas di artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: