advertisements

Ingin menjual iPhone Anda? Atau iPhone terkunci dan Anda lupa password untuk membuka iPhone tersebut? Entah Anda ingin menjual iPhone dan bermaksud menghapus data-data Anda yang ada di dalamnya atau Anda tidak bisa membuka iPhone yang terkunci karena lupa password-nya, keduanya dapat diselesaikan dengan cara mereset iPhone.

iPhone yang direset akan kembali ke pengaturan awal dan nampak seperti baru. Otomatis, semua data Anda dalam iPhone tersebut akan terhapus. Jika ingin menggunakan data-data di iPhone lama Anda, maka back up semua data terlebih dahulu sebelum mereset iPhone. Karena data yang sudah terhapus tidak akan dapat dikembalikan lagi.

advertisements

Ada 2 jenis reset iPhone, yakni soft reset dan hard reset. Nah, untuk masalah penghapusan data atau membuka iPhone yang terkunci, Anda harus melakukan hard reset. Berikut ini adalah perbedaan dan cara dari kedua jenis reset iPhone berikut ini:

Cara Soft Reset iPhone

Soft reset tidak akan menghapus semua data yang ada di iPhone. Pasalnya, soft reset adalah kata lain dari restart atau reboot iPhone. Ini dilakukan untuk memulihkan iPhone yang sedang hang atau berhenti dan tidak dapat berjalan pada suatu aplikasi. Untuk melakukan soft reset ini Anda tidak memerlukan iTunes atau iCloud. Berikut adalah cara melakukan soft reset iPhone secara tepat:

cara reboot iphone

  1. Tekan tombol Home dan Sleep di iPhone secara bersamaan. Ketika menekan kedua tombol, tahan selama kurang lebih 10 detik
  2. Layar iPhone Anda akan berwarna hitam selama beberapa saat. Lepas tangan ada dari kedua tombol bila layar sudah berwarna hitam
  3. Setelah beberapa saat, logo Apple akan tampil di layar iPhone. Ini merupakan proses restart dari sebuah iPhone. Biarkan sampai proses restart selesai. Apabila proses restart sudah selesai, silakan menyentuh layar iPhone untuk mencobanya

Sering kali ketika sedang membuka aplikasi tertentu, iPhone kita tiba-tiba hang dan tidak dapat dioperasikan. Sebaiknya, jangan lepas baterai iPhone terlebih dahulu karena tindakan tersebut dapat merusak ponsel. Cobalah cara soft reset di atas untuk mengembalikan iPhone yang beku akibat hang atau error. Jika tombolnya tidak berfungsi, silahkan coba cara restart lainnya yang pernah kami ulas di sini.

Cara Hard Reset iPhone

cara mereset iphone

Cara mereset iPhone berikutnya adalah hard reset, yakni mereset iPhone secara keseluruhan. Cara ini akan menghilangkan data-data di iPhone Anda, karena ini merupakan cara untuk membuat tampilan dan pengaturan iPhone kembali ke seperti pertama kali Anda membelinya.

Pada umumnya, hard reset dilakukan jika Anda ingin menjual iPhone lama ke orang lain. Hard reset atau factory reset ini sangat penting jika Anda tidak ingin orang baru yang memiliki ponsel Anda tersebut mengetahui data-data lama Anda.

Di samping itu, hard reset dilakukan jika Anda tidak bisa membuka iPhone yang terkunci. Hal ini cukup sering dialami oleh sebagian besar orang, karena lupa password merupakan hal yang wajar. Namun, bila Anda ingin menggunakan cara ini untuk memulihkan iPhone yang terkunci, maka Anda harus siap dengan risiko kehilangan data yang ada di iPhone tersebut.

Saat proses back up, Anda bisa memilah data yang sekiranya tidak digunakan lagi. Hapus data tersebut untuk memberikan ruang lebih di kapasitas penyimpanan iPhone Anda nantinya. Pastikan Anda menggunakan cara back up dengan iCloud dan iTunes, karena proses back up data iPhone terbaik hanya dapat mengandalkan dua piranti lunak tersebut.

Hal ini tentu berbeda dengan perangkat Android yang bisa di back up hanya dengan melakukan copy paste saja. Di iPhone, Anda harus menggunakan iCloud dan iTunes yang memang khusus dikembangkan sendiri oleh Apple.

Nah, apabila Anda sudah memastikan bahwa semua data sudah tersimpan di iTunes atau iCloud, segera lakukan hard reset pada iPhone Anda. Berikut adalah langkah-langkah cara mereset iPhone ke pengaturan awal:

  1. Masuk ke ‘Settings’ yang ada di iPhone Anda
  2. Pilih menu ‘General’
  3. Klik menu ‘Reset’
  4. Pilih tulisan ‘Erase All Content and Settings’
  5. Layar Anda akan menampilkan kotak peringatan mengenai seluruh data yang akan terhapus jika Anda mereset iPhone
  6. Lanjutkan dengan memasukkan Apple ID Anda untuk mengkonfirmasi tindakan reset
  7. Tunggu beberapa saat maka semua data dan pengaturan pada iPhone akan terhapus
advertisements

Karena semua data dan pengaturan iPhone akan terhapus, pastikan terlebih dahulu untuk berpikir ulang dan melakukan back up data jika Anda ingin menggunakan semua data lama yang ada di iPhone tersebut. Pasalnya, data tersebut akan hilang secara permanen jika tidak di-backup terlebih dahulu. Silakan simak tutorial cara backup iPhone di sini.

Bila data dapat dikembalikan dengan restorasi melalui iCloud atau iTunes, tetapi semua pengaturan pada iPhone Anda tidak dapat dikembalikan. Anda harus mengatur ulang lagi jika ingin kembali ke pengaturan lama iPhone Anda.

iPhone adalah smartphone high end yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi. Oleh karena itu, jika Anda lupa password dan tidak bisa membuka iPhone yang terkunci, maka cara mereset iPhone di atas adalah satu-satunya solusi untuk membuka kembali iPhone Anda tersebut.

Nah, kalau Anda adalah orang yang pelupa, Anda bisa mengunci iPhone dengan fitur finger print yang ada di iPhone 5s ke atas. Fitur pengamanan dengan sidik jari ini cukup kuat dan menjamin keamanan dari data Anda tanpa khawatir lupa password.

Sekedar informasi, fitur finger print pada iPhone ini akan mengunci ponsel Anda tanpa memerlukan password. Anda dapat membuka iPhone hanya dengan meletakkan jari Anda di tombol ‘Home’ iPhone. Ponsel Anda tidak akan terbuka jika tidak menggunakan sidik jari Anda. Cara ini cukup efektif bagi Anda yang kerap kali mengalami peristiwa lupa password.

Artikel Menarik Lainnya: