advertisements
advertisements

SD Card merupakan memori penyimpanan yang paling banyak digunakan saat ini. Micro SD adalah jenis SD Card yang paling populer karena bentuknya kecil dan kapasitasnya besar. Karena kapasitasnya yang besar tersebut, kita dapat membaginya ke dalam beberapa partisi. Cara partisi SD Card sendiri sangatlah mudah karena bisa dilakukan dengan atau tanpa bantuan PC.

Tujuan dari partisi SD Card sendiri sangat beragam. Kebanyakan pengguna Android melakukannya untuk mendukung aplikasi Link2SD. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang melakukannya hanya untuk membagi SD Card tersebut ke dalam beberapa bagian drive.

advertisements
advertisements

Nah kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa cara mudah untuk mempartisi SD Card. Cara-cara ini ini bisa dilakukan dengan PC ataupun langsung melalui perangkat Android. Namun ingat, sebelum melakukan partisi Anda harus memback-up terlebih dahulu data di dalamnya karena akan terhapus ketika proses pembagian partisi berlangsung.

Cara Partisi SD Card dengan Minitool di PC

Cara paling mudah untuk mempartisi Micro SD Card adalah dengan menggunakan program bernama Minitool Partition Wizard. Program tersebut dapat mempartisi berbagai jenis format disk, mulai dari NTFS, FAT, exFAT, dan lainnya. Tidak hanya mempartisi, program tersebut juga dapat mengembalikan file yang terhapus. Berikut langkah-langkahnya:

cara partisi SD card cwm

  • Download dan Install Minitool

Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja mengunduh program Minitool ini. Program ini dapat diunduh secara gratis di sini. Setelah diunduh, Anda dapat langsung menginstalnya di PC ataupun laptop Anda.

  • Hubungkan SD Card

Selanjutnya hubungkan micro SD Card ke komputer. Anda dapat menghubungkannya menggunakan card reader USB, card reader bawaan laptop dengan adaptor, ataupun langsung hubungkan dari perangkat Android jika Android Anda mendukungnya.

Anda dapat menggunakan micro SD card dengan berbagai kapasitas, mulai dari 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, dan seterusnya. Berbagai kecepatan atau class dari micro SD card tersebut juga sudah didukung oleh aplikasi ini, mulai dari class 4 hingga class 10 dan yang di atasnya.

  • Bagi Partisi

cara partisi SD card minitool

Setelah terhubung, jalankan program Minitool tersebut. Kini Anda dapat mulai membagi partisi micro SD card tersebut ke dalam 2 bagian. Caranya, pilih drive micro SD card Anda lalu klik opsi Move/Resize. Setelah itu tentukanlah berapa ukuran dari masing-masing partisi tersebut.

Setelah ditentukan ukurannya, maka kini Anda dapat melihat satu partisi berjenis FAT32, dan satunya lagi berjenis ‘unallocated’ karena belum kita tentukan formatnya. Jika Anda ingin menambah partisi lagi, silahkan gunakan kembali tombol Move/Resize untuk membaginya.

  • Tentukan Format Partisi

cara partisi SD card dengan pc

Langkah selanjutnya adalah menentukan format dari partisi yang berlabel ‘unallocated’ tersebut. Caranya, klik kanan pada drive ‘unallocated’ tersebut pilih Create. Di sana Anda kan melihat berbagai macam opsi seperti patition label, drive letter, cluster size dan lainnya.

advertisements

Jika Anda ingin menjadikan partisi tersebut untuk kebutuhan Link2SD, maka jadikan opsi Create As sebagai ‘Primary’ dan opsi File System sebagai ‘Ext2’. Sedangkan untuk menjadikannya sebagai drive tambahan, maka jadikan opsi Create As sebagai ‘Primary’ dan opsi File System sebagai ‘FAT32’. Untuk opsi lainnya abaikan saja dan biarkan seperti default. Tekan OK setelah selesai.

advertisements
  • Selesaikan Proses

Setelah semuanya diatur dengan baik, kini langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol ‘Apply’ di sebelah kiri atas. Minitool akan langsung melakukan proses partisi sesuai dengan dengan yang Anda inginkan. Tunggulan beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Cara Partisi SD Card Tanpa PC Dengan Aparted

Selain menggunakan PC atau laptop, proses partisi juga dapat dilakukan langsung dari smartphone atau tablet Android. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Aparted. Namun sebelum menggunakannya, terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu yakni:

  • Perangkat Android Anda sudah di-root.
  • Sudah memasang aplikasi Busybox.
  • Micro SD card dalam keadaan ‘unmounted’. Caranya, buka Settings – Storage, lalu pilih unmount SD card.

Jika ketiga syarat tersebut telah Anda penuhi, kini Anda dapat mulai melakukan proses partisi dengan Aparted. Pertama-tama, unduh aplikasi Aparted secara gratis di Play Store kemudian install dan jalankan. Klik ‘allow’ jika ada permintaan untuk mengakses root.

Klik tombol “+” untuk menambah partisi baru. Isilah ukuran serta format partisinya sesuai dengan yang Anda inginkan. Lakukan kembali langkah tersebut jika ingin menambah partisi baru. Seperti disinggung di atas, pilih format FAT32 untuk menyimpan data dan pilih format ext2/ext3/ext4 untuk keperluan Link2SD.

cara partisi SD card aparted

Setelah semuanya diatur, klik menu dan pilih ‘Apply Changes’ untuk memulai proses partisi. Tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai. Selamat, kini Anda sudah memiliki partisi baru tanpa memerlukan bantuan PC.

Cara Partisi SD Card Dengan CWM

Jika perangkat Android Anda sudah di-root dan sudah memasang CWM Recovery, maka Anda dapat langsung melakukan partisi tanpa perlu bantuan dua aplikasi di atas. Namun, cara partisi dengan CWM Recovery ini hanya bisa untuk membuat format ext dan bukan FAT32. Artinya cara ini sangat cocok untuk keperluan Link2SD. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Restart Android lalu masuk ke menu CWM Recovery sesuai dengan perangkatnya masing-masing.
  • Pilih menu ‘Advanced’ yang ada di menu paling bawah.
  • Pilih opsi ‘Partition SD Card’.
  • Tentukan ukuran dari partisi Ext yang ingin Anda buat. Disarankan untuk tidak membuat kapasitasnya lebih dari separuh kapasitas SD Card.
  • Kosongkan opsi ‘Swap Size’.
  • Proses partisi akan segera dimulai dan memakan waktu beberapa saat. Setelah selesai, reboot perangkat Android Anda.

Itulah cara partisi SD card dengan menggunakan aplikasi Minitool, Aparted, serta CWM Recovery. Satu hal yang wajib Anda ingat, selalu lakukan backup sebelum melakukan partisi agar data yang Anda miliki tidak terhapus. Untuk cara menambah memori internal dengan aplikasi Link2SD, silahkan simak tutorialnya di artikel selanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya: