advertisements

Selain GrabBike, Grab juga menewarkan layanan GrabCar. Nah, sebelum Carisinyal membahas tentang cara pesan GrabCar dan seluk-beluk mengenai aplikasi ini, mari kita bahas terlebih dahulu definisi mengenai GrabCar. GrabCar adalah sebuah aplikasi penyedia taksi online. Taksi yang terhubung dengan jaringan GrabCar berupa mobil roda empat milik pribadi dengan plat hitam. Jadi, saat menumpang GrabCar kita akan merasa seperti sedang naik mobil pribadi.

Tak perlu khawatir dengan kendaraan yang digunakan oleh GrabCar. Karena GrabCar juga memberi syarat mengenai kendaraan yang bisa lolos seleksi. Rata-rata kendaraan yang dipakai oleh GrabCar adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Kijang Innova, Nissan Grand Livina, dan berbagai merk mobil kelas menengah lainnya. Pemilihan mobil-mobil dengan tahun tertentu ini tentu saja untuk mengutamakan kenyamanan penumpang GrabCar.

Tentang GrabCar

advertisements

GrabCar adalah layanan transportasi online yang baru saja launch pada menjelang pertengahan tahun 2016. Jadi, sepak terjang GrabCar masih dianggap belum mampu mengungguli kompetitor terbesarnya, yakni Uber.

Namun, seiring berjalannya waktu banyak yang percaya bahwa keberadaan GrabCar dapat menjadi kompetitor yang kuat bagi Uber. GrabCar tersedia selama 24 jam setiap hari, tergantung ketersediaan armada GrabCar yang berada di lokasi penjemputan. Saat ini, GrabCar baru saja beroperasi di Jakarta, Denpasar, dan Surabaya. Namun, pihak Grab memang berencana untuk memperluas area jangkauan GrabCar.

Cara Menggunakan GrabCar

Tentang GrabCar

GrabCar bisa Anda temukan dalam aplikasi Grab yang tersedia di App Store dan Google Play Store. Sama seperti GrabBike, layanan GrabCar ini juga ada dalam satu aplikasi yang sama dengan GrabTaxi. Sebelum membahas seputar cara pesan GrabCar, mari kita bahas mengenai cara menginstall aplikasinya terlebih dahulu.

  1. Buka App Store atau Google Play Store dari smartphone Anda
  2. Cari aplikasi yang bernama “Grab”
  3. Download aplikasi tersebut dan tunggu sampai Grab terinstall secara otomatis di smartphone Anda
  4. Sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda harus memiliki akun Grab terlebih dahulu. Caranya, Anda bisa mendaftar melalui akun Facebook atau dengan menggunakan email dan nomor telepon
  5. Tunggu beberapa saat karena Grab akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang Anda daftarkan
  6. Masukkan kode verifikasi tersebut ke aplikasi “Grab”, lalu aplikasi ini sudah siap untuk dipakai

Cara Pesan GrabCar

Cara Pesan GrabCar Cara Menggunakan GrabCar

Tak banyak orang yang tahu bagaimana cara pesan GrabCar. Maklum saja, karena aplikasi ini memang baru saja diperkenalkan pada menjelang pertengahan tahun 2016. Namun, apabila Anda sudah pernah menggunakan GrabBike, maka Anda pun pasti sudah mengetahui bagaimana cara memesan GrabCar. Berikut adalah panduan untuk memesan GrabCar bagi pemula:

  1. Buka aplikasi “Grab” yang sudah terinstall di smartphone Anda
  2. Pilih jenis layanan GrabCar dengan ikon bergambar mobil pribadi
  3. Masukkan lokasi penjemputan Anda di kolom Pick-Up, pastikan Anda memasukkan lokasi yang tepat
  4. Setelah itu, segera masukkan lokasi tujuan Anda di kolom Drop-Off
  5. Grab akan menginformasikan biaya yang harus Anda bayar untuk sampai ke tempat tujuan tersebut
  6. Pilih jenis trip Anda, Personal atau Business (untuk pemula sebaiknya pilih Personal)
  7. Pilih jenis pembayaran di bagian Cash, Anda juga bisa menambahkan pembayaran melalui kartu debit atau kartu kredit
  8. Bila Anda adalah pengguna pertama aplikasi Grab, maka masukkan kode promo yang Anda peroleh dari teman yang sudah pernah menggunakan Grab sebelumnya. Kode promo ini akan memberikan voucher yang bisa langsung dipakai untuk meringankan biaya perjalanan Anda
  9. Masukkan catatan tertentu untuk pengemudi di kolom Notes to Driver. Anda bisa menginformasikan alamat lengkap Anda di kolom ini
  10. Jika sudah selesai dan Anda menyetujui tarif yang ditawarkan oleh Grab, klik Book
  11. Grab akan mencari pengemudi dan armada GrabCar terdekat dari lokasi penjemputan yang Anda masukkan, setelah Grab berhasil menemukan pengemudi, aplikasi ini akan segera menginformasikannya kepada Anda
  12. Hubungi pengemudi Anda untuk memastikan order Anda sudah dimengeri oleh si pengemudi

Ya, cara menggunakan GrabCari memang sangat mudah. Dengan aplikasi Grab, Anda juga bisa memantau posisi pengemudi Grab yang akan menuju ke tempat Anda. Selain itu, sebelum memesan Anda juga bisa memastikan ketersediaan armada GrabCar yang berada di sekitar lokasi penjemputan yang Anda tuju.

Jika tidak ada pengemudi GrabCar di sekitar lokasi Anda, maka akan butuh waktu yang sedikit lama untuk mencarikan Anda pengemudi yang paling dekat dan bersedia menerima order Anda.

Perbedaan GrabCar dan GrabTaxi

Perbedaan GrabCar dan GrabTaxi Cara Pesan GrabCar

Walaupun berada dalam satu aplikasi yang sama, GrabCar dan GrabTaxi adalah jenis layanan yang berbeda. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, GrabCar adalah taksi online yang menggunakan mobil pribadi berplat hitam. Sementara itu, GrabTaxi adalah layanan yang berafiliasi dengan jaringan taksi konvensional.

Jadi, ketika Anda memesan GrabTaxi, maka order Anda akan diteruskan oleh Grab ke pengemudi taksi konvensional berplat kuning yang berada terdekat dengan lokasi penjemputan. Namun, cara pesan GrabCar dan GrabTaxi bisa dibilang sama.

advertisements

Perbedaan GrabCar dan GrabTaxi juga terletak pada tarif. Tarif yang ditawarkan oleh GrabCar cenderung lebih murah, karena kabarnya layanan GrabCar tidak dikenakan pajak seperti layaknya transportasi umum lainnya. Sementara itu, GrabTaxi dikenakan tarif yang lebih mahal karena armadanya adalah taksi konvensional. Bisa dibilang bahwa tarif GrabTaxi memang sama dengan tarif taksi konvensional pada umumnya.

Selain tarif yang lebih murah, banyak masyarakat yang lebih memilih GrabCar karena armadanya lebih nyaman. Selain itu, gengsi juga akan meningkat ketika menumpang GrabCar, karena armadanya memang serupa dengan mobil pribadi.

Tarif GrabCar

Berbicara soal biaya, ada sedikit perbedaan perhitungan tarif dari Uber maupun GrabCar. Uber hanya memberikan tarif estimasi, dengan catatan tarif tersebut bisa berubah jika Anda mengalami kemacetan dan mengambil rute lain yang lebih jauh. Sementara itu, GrabCar menjamin bahwa tarif yang ditampilkan di aplikasi pada saat Anda memesan GrabCar, itu adalah tarif murni yang harus Anda bayarkan ketika turun dari mobil. Tarif ini tidak akan mengalami pembengkakan meskipun Anda terjebak kemacetan.

Nah, karena tarif GrabCar ini sudah sesuai dengan aplikasi, maka Anda tidak diperkenankan untuk memiliki dua tempat tujuan yang berbeda, Anda hanya bisa memilih satu tempat tujuan dengan rute dari pengemudi. Berbeda dengan Uber yang menerapkan biaya pembatalan, GrabCar tidak mengenakan biaya pembatalan sepeser pun.

Namun, demi rasa kemanusiaan, sebaiknya Anda segera menghubungi pengemudi jika ingin membatalkan order. Tujuannya untuk mencegah pengemudi berjalan ke tempat Anda.

Dewasa ini, semakin banyak masyarakat di kota besar yang tertarik untuk menggunakan layanan GrabCar. Selain cara pesan GrabCar yang terbilang modern dan mudah, tarif yang ditawarkan GrabCar pun lebih murah dibanding alat transportasi umum yang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: