advertisements

Di era bisnis online sekarang ini, jasa pengiriman barang merupakan sebuah elemen penting yang tidak bisa dilepaskan. Istilah-istilah semacam kurir paket hingga tracking resi JNE juga pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita yang sering melakukan jual beli secara online.

Jika pada jaman dahulu hanya PT Pos Indonesia saja yang cukup terkenal dalam bisnis titipan kilat ini, saat ini terdapat puluhan bahkan mungkin ratusan jasa pengiriman yang ada. Sebut saja nama-nama besar seperti JNE, Tiki, FedEx, DHL, hingga nama-nama yang masih agak asing seperti Wahana, Rosalia Express, Pandu Logistic, dan Rahayu mulai banyak bermunculan.

advertisements

Kita mungkin tidak peduli dengan semakin banyaknya penyedia jasa tersebut karena bagi konsumen semakin banyak perusahaan maka semakin banyak pula pilihannya. Yang menjadi tantangan bagi kita sekarang ini adalah memilih perusahaan mana yang mampu menyediakan jasa dengan baik.

Salah satu barometer untuk menentukan kualitas tersebut adalah dengan tersedianya fasilitas untuk melacak barang yang dikirimkan atau istilah populernya adalah tracking. Hanya dengan memasukkan nomor resi pengiriman, maka kita dapat mengetahui sampai di mana barang yang kita kirim atau akan kita terima sedang berada.

Untuk melakukan tracking tersebut, kita biasanya harus mengunjungi situs resmi dari penyedia jasa tersebut. Namun kini terdapat berbagai macam cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk melakukannya, di antaranya adalah dengan menggunakan aplikasi Android dan layanan web.

Terdapat banyak aplikasi Android yang dibuat resmi oleh penyedia jasa pengiriman tersebut ataupun dibuat oleh pengembang pihak ketiga. Selain itu tersedia pula layanan tracking secara online melalui web yang dibuat oleh pihak ketiga dan bukan oleh penyedia layanan itu sendiri. apa sajakah itu? Berikut Carisinyal akan mengulasnya.

Istilah Dalam Tracking Paket

Sebelum kita membahas aplikasi Android dan layanan web tersebut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu istilah-istilah yang digunakan oleh penyedia jasa pengiriman paket tersebut. Hal ini sangat penting agar kita tidak keliru dalam menerjemahkannya sehingga kita bisa melakukan komplain dengan benar apabila paket kita hilang atau tidak sampai tujuan.

Tracking Resi JNE

Contoh status tracking JNE

Berikut adalah beberapa istilah yang digunakan oleh JNE seperti dikutip dari indometalgoth.com. Beberapa istilah ini mungkin ada yang berbeda dengan yang digunakan oleh penyedia jasa ekpedisi lain, namun secara umum maknanya tidak akan jauh berbeda.

  • Manifested: paket berada di agen dan menunggu untuk dikirim ke kota penerima.
  • Received on destination: paket sudah sampai di kota tujuan, namun belum diantar ke alamat penerima.
  • Delivered: paket sudah sampai/diterima di tempat tujuan.
  • On transit: paket yang dikirim sedang transit di kota tertentu sebelum menuju kota tujuan. Contohnya paket dari Batam akan transit terlebih dahulu di Jakarta sebelum dikirim ke Bandung.
  • AU/Redelivery: antar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya.
  • BA (Bad address): alamat yang tertera kurang lengkap, seperti kurang RT/RW, kelurahan, nomer rumah, nama jalan, dan lainnya.
  • MR: miss route, artinya paket nyasar alias salah tujuan yang seharusnya dikirim ke kota A malah dikirim ke kota B.
  • CC (criscross): paket tertukar
  • Closed Once Delivery Attempt/NTH: kurir telah datang ke alamat penerima, akan tetapi di rumah tersebut tidak ada orang.

Cara Tracking JNE

Yang pertama kita bahas adalah cara tracking pada jasa ekspedisi JNE. Yang paling mudah tentunya adalah dengan mengunjungi situs resminya secara langsung di http://www.jne.co.id/. Di sana Anda akan diminta untuk memasukkan resi khusus JNE dengan nama “JNE Airwaybill Number” kemudian klik tombol “search”. Anda bisa memasukkan hingga 20 nomor resi secara sekaligus.

Selain melalui web resminya, Anda juga melakukan tracking resi melalui situs cekresi.com. Menariknya di situs ini Anda tidak hanya bisa mengecek resi saja, namun juga bisa mengirimkan status resi tersebut ke pengirim atau penerima paket melalui email.

Selain tracking resi JNE, situs ini juga bisa melakukan tracking resi untuk berbagai penyedia jasa pengiriman paket lainnya seperti TIKI, EMS, Pos Indonesia, Pandu Logistics, Wahana, Citoxpress, REX Indonesia, Rosalia Express, First Logistics, dan RPX Holding.

Jika seandainya layanan tracking resi melalui dua web di atas sedang error atau mengalami masalah, maka Anda kini juga dapat melakukan tracking lewat hp yang bersistem operasi Android. Berikut adalah beberapa aplikasi Android untuk melacak resi dari JNE:

situs jne

  • JNE-Express Across Nations, aplikasi Android resmi dari JNE yang menyediakan fasilitas tracking, cek tarif, lokasi agen JNE terdekat, dan juga jasa pickup paket kiriman JNE REG, YES, OKE, dll.
  • Check Resi JNE, aplikasi resmi dari penyedia layanan web cekresi.com. Sama seperti layanan webnya, aplikasi ini juga dapat melacak resi dari berbagai macam jasa ekspedisi secara sekaligus.
  • Lacak Paket, aplikasi ini dapat digunakan untuk melacak paket dari JNE, Tiki, Pos, dan juga Wahana. Tidak hanya dengan memasukkan nomor resinya, Anda juga bisa langsung melakukan scanning barcode yang tertera di kertas resinya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengecek ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi tersebut.
  • JNEQ, aplikasi ini menyediakan fitur untuk melacak resi JNE dengan cara menuliskan AWB ataupun dengan scan barcode. Anda juga dapat menyimpan hasil tracking hingga 10 resi dan memberikan keterangan gambar pada hasil tracking tersebut. Selain itu Anda juga bisa mengecek tarif pengiriman secara offline.

Cara Tracking Pos Indonesia

Sebagai pelopor jasa pengiriman paket, PT POS Indonesia tentunya harus menyediakan platform terbaik untuk menunjang kepuasan para pelanggannya. Untuk mengecek status paket kiriman yang menggunakan jasa Pos Indonesia, Anda bisa mengeceknya di situs resminya di http://www.posindonesia.co.id/.

situs pos indonesia

Di sana Anda dapat mengecek status dari pengiriman surat, paket, hingga keuangan. Untuk melakukannya Anda juga hanya tinggal memasukkan nomor kiriman (resi) atau NTP. Sedangkan untuk melacak secara mobile, Anda dapat menggunakan aplikasi Android berikut ini:

  • Kantor Pos, aplikasi Android resmi dari PT. Pos Indonesia ini menyediakan berbagai macam fitur penting di dalamnya seperti melacak kiriman dan mengecek tarif surat dan paket. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan daftar kode pos seluruh daerah di Indonesia.
  • Menggunakan aplikasi multi tracking yang sudah diulas di atas seperti aplikasi Check Resi JNE dan juga aplikasi Lacak Paket.

Cara Tracking Tiki, Wahana, Rosalia Express, dan Pandu Logistic

advertisements

Selain dua jasa ekspedisi di atas, saat ini belum terdapat penyedia jasa lain yang sudah memiliki aplikasi Android resmi. Dengan begitu Anda hanya bisa mengandalkan aplikasi pihak ketiga seperti Check Resi JNE dan Lacak Paket untuk melakukan tracking dari smartphone Android.

Sedangkan untuk mengecek status kiriman melalui website, Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi situs resmi Tiki di sini, situs resmi Wahana di sini, situs resmi Rosalia Express di sini, dan situs resmi Pandu Logistic di sini.  Anda juga bisa mengecek semua resi dari layanan tersebut di situs cekresi.com.

Itulah berbagai macam cara tracking resi JNE, Tiki, Pos Indonesia dan yang lainnya secara mudah melalui web ataupun aplikasi Android. Apakah terdapat jasa ekspedisi atau aplikasi Android lainnya yang belum tercantum di sini? Jika ada silahkan informasikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: